Adrenoleukodistrofi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Adrenoleukodistrofi
Adrenoleukodystrophy.jpg
Sumsum otak, dengan pengurangan volume dan peningkatan intensitas sinyal. Sumsum otak depan (anterior) menyusut. Struktur terkait dengan penyakit Adrenoleukodistrofi terkait-X.
Pelafalan
SpesialisasiEndokrinologi

Adrenoleukodistrofi, disingkat dengan ALD, adalah penyakit genetik sangat langka yang berhubungan dengan kromosom X. Penyakit ini disebabkan oleh hasil dari penumpukan asam lemak dengan enzim yang tidak berfungsi dengan baik, yang kemudian menyebabkan kerusakan pada selubung saraf mielin, yang mengakibatkan kejang dan hiperaktif. Gejala lain termasuk kesulitan berbicara, mendengarkan, dan memahami instruksi secara verbal.

Secara lebih rinci, penyakit ini adalah kelainan oksidasi beta asam lemak peroksisomal yang menghasilkan akumulasi asam lemak rantai yang sangat panjang dalam jaringan di seluruh tubuh. Jaringan yang paling parah terkena adalah mielin di sistem saraf pusat, korteks adrenal, dan sel Leydig di testis. Secara klinis, ALD adalah kelainan heterogen, muncul dengan beberapa fenotipe yang berbeda, dan tidak ada pola korelasi genotipe-fenotipe yang jelas. Sebagai gangguan terkait-X, ALD hampir selalu terjadi pada pria, namun sekitar 50% wanita heterozigot menunjukkan beberapa gejala di kemudian hari. Sekitar dua pertiga dari pasien ALD muncul dengan bentuk penyakit otak masa kanak-kanak, yang merupakan bentuk paling parah. Hal ini ditandai dengan perkembangan normal pada anak usia dini, diikuti oleh degenerasi yang cepat menjadi keadaan vegetatif. Bentuk lain dari ALD bervariasi dalam hal onset dan keparahan secara klinis, mulai dari insufisiensi adrenal hingga paraparesis progresif pada awal masa dewasa (bentuk penyakit ini biasanya dikenal sebagai adrenomieloneuropati).

ALD disebabkan oleh mutasi pada ABCD1, gen yang terletak pada kromosom X yang mengkode ALD, protein transporter membran peroxisomal. Mekanisme pasti patogenesis berbagai bentuk ALD tidak diketahui. Secara biokimia, individu dengan ALD menunjukkan tingkat asam lemak rantai panjang yang tidak bercabang, jenuh, sangat panjang, terutama asam serotik (26:0). Tingkat asam cerotik dalam plasma tidak berkorelasi dengan presentasi klinis. Pilihan pengobatan untuk ALD terbatas. Perawatan diet dilakukan dengan minyak Lorenzo . Untuk bentuk otak kanak-kanak, transplantasi sel induk dan terapi gen adalah pilihan jika penyakit terdeteksi awal dalam perjalanan klinis. Insufisiensi adrenal pada pasien ALD dapat berhasil diobati. ALD adalah kesalahan metabolisme bawaan peroksisomal yang paling umum, dengan kasus diperkirakan antara 1: 18.000 dan 1: 50.000.

Tanda dan gejala[sunting | sunting sumber]

ALD dapat muncul dengan berbagai gejala. Presentasi yang berbeda dipersulit oleh pola pewarisan resesif terkait-X . Ada tujuh fenotipe yang dijelaskan pada pria dengan mutasi ABCD1 dan lima pada wanita.[1] Gejala awal pada anak laki-laki yang terkena bentuk ALD otak masa kanak-kanak termasuk ketidakstabilan emosional, hiperaktif dan perilaku mengganggu di sekolah. Pasien yang lebih tua yang terkena bentuk otak akan mengalami gejala yang serupa. Tidak diobati, ALD serebral ditandai dengan demielinasi progresif yang mengarah ke keadaan vegetatif dan kematian.[2] Laki-laki dewasa dengan presentasi adrenomieloneuropati biasanya hadir pada awalnya dengan kekakuan otot, paraparesis dan disfungsi seksual. Semua pasien dengan fenotip ALD yang diakui secara klinis berisiko mengalami insufisiensi adrenal. Tidak ada cara yang dapat diandalkan untuk memprediksi bentuk penyakit yang akan diderita individu yang menderita, dengan beberapa fenotipe diperlihatkan dalam keluarga.[3] Terjadinya insufisiensi adrenal sering merupakan gejala pertama, muncul paling dini di sekitar usia dua tahun.[4]

Epidemiologi[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, kejadian laki-laki yang terkena dampak diperkirakan 1:21.000. Kasus keseluruhan laki-laki hemizigot dan perempuan pembawa penyakit genetik diperkirakan 1:16.800.[4] Kasus yang dilaporkan di Prancis diperkirakan 1:22.000.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Moser, Hugo W.; Smith, Kirby D.; Watkins, Paul A.; Powers, James; Moser, Ann (2001). "131. X-Linked Adrenoleukodystrophy". Dalam Scriver, C.W.; Beaudet, A.L.; Sly, W.S.; Valle, D.; Childs, B.; Kinzler, K.W.; Vogelstein, B. Metabolic and Molecular Bases of Inherited Disease. 2 (edisi ke-8th). New York: McGraw Hill. ISBN 978-0-07-136320-4. 
  2. ^ Berger, Johannes; Gärtner, Jutta (December 2006). "X-linked adrenoleukodystrophy: Clinical, biochemical and pathogenetic aspects". Biochimica et Biophysica Acta (BBA) - Molecular Cell Research. 1763 (12): 1721–1732. doi:10.1016/j.bbamcr.2006.07.010. PMID 16949688. 
  3. ^ "#300100 - Adrenoleukodystrophy". Johns Hopkins University. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 2012-06-27. 
  4. ^ a b Raymond, GV; Moser, AB; Fatemi, A; Adam, MP; Ardinger, HH; Pagon, RA; Wallace, SE; Bean, LJH; Stephens, K (1993). "X-Linked Adrenoleukodystrophy". PMID 20301491. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi
Sumber luar