Adèle dari Champagne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Adèle dari Champagne
Adela Champagne.jpg
Permaisuri Prancis
Periode1164–1180
Penobatan1164
Lahirskt. tahun 1140
Wafat4 Juni 1206
WangsaWangsa Kapetia
AyahThibaut II dari Champagne
IbuMathilde dari Kärnten
PasanganLouis VII dari Prancis
AnakPhilippe II dari Prancis
Agnes, Maharani Kekaisaran Romawi Timur

Adèle dari Champagne (skt. 1140 – 4 Juni 1206), juga dikenal sebagai Adelaide dan Alix, merupakan istri ketiga Louis VII dari Prancis (mereka menikah pada bulan November 1160, hanya lima minggu setelah istri sebelumnya Constanza dari Kastilia meninggal sewaktu melahirkan) dan ibu dari ahli waris tunggalnya, calon Philippe II. Ia adalah putri Thibaut II dari Champagne dan Mathilde dari Kärnten.

Ia aktif di dalam kehidupan politik kerajaan, bersama dengan saudara-saudaranya Henri I dari Champagne, Thibaut V dari Blois, dan Guillaume dari Champagne, Uskup Agung Reims. Henri dan Thibaut menikah dengan putri-putri Louis VII dan istri pertamanya, Aliénor dari Aquitaine. Ia dan saudara-saudaranya merasa bahwa posisi mereka terancam ketika ahli waris Artois, Isabelle dari Hainaut, menikah dengan putra Adèle Philippe. Adèle menjalin hubungan dengan Hugues III dari Bourgogne dan Comte Philippe I dari Flandria, dan bahkan mencoba untuk memikat Friedrich Barbarossa. Perang pecah pada tahun 1181, dan hubungan menjadi buruk sehingga Philippe berusaha untuk menceraikan Isabelle pada tahun 1184.

Meskipun kekuasaannya menurun setelah aksesi Philippe pada tahun 1180, ia bertindak sebagai wali kerajaan pada tahun 1190 ketika Philippe pergi ke Perang Salib Ketiga. Ia kembali menjadi bayang-bayang ketika ia kembali pada tahun 1192 namun berpartisipasi di dalam mendirikan banyak biara.

Ia meninggal pada tanggal 4 Juni 1206, dan dimakamkan di dalam gereja Biara Pontigny dekat Auxerre.

Ia memiliki dua orang anak dengan Louis VII dari Prancis:

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Gislebert dari Mons' Chronicon
  • Ancestral Roots of Certain American Colonists Who Came to America Before 1700 by Frederick Lewis Weis, Lines: 101-25, 109-28, 137-25.
Prancis
Didahului oleh:
Constanza dari Kastilia
Ratu Prancis
1164–1180
Diteruskan oleh:
Isabelle dari Hainaut