Abraham Lincoln (film 1930)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Abraham Lincoln
Sutradara D. W. Griffith
Produser D. W. Griffith
Joseph M. Schenck
Penulis Stephen Vincent Benet
John W. Considine Jr.
Gerrit J. Lloyd
Pemeran Walter Huston
Una Merkel
William L. Thorne
Musik Hugo Riesenfeld
Sinematografi Karl Struss
Penyunting John W. Considine Jr.
James Smith
Distributor United Artists
Tanggal rilis
25 Agustus 1930[1]
Durasi
97 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Abraham Lincoln

Abraham Lincoln, juga dirilis dengan judul D. W. Griffith's "Abraham Lincoln", adalah film biografi pre-code tahun 1930 yang menceritakan tentang presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln, disutradarai oleh D. W. Griffith. Film ini dibintangi Walter Huston sebagai Lincoln dan Una Merkel, dalam peran berbicara kedua, sebagai Ann Rutledge. Naskah co-ditulis oleh Stephen Vincent Benét, penulis puisi prosa Perang Saudara John Brown's Body. Abraham Lincoln merupakan pertama dari dua film suara yang dibuat oleh Griffith.

Film ini memasuki domain publik pada tahun 1958 karena kegagalan pemegang hak untuk memperbaharui hak cipta setelah 28 tahun.[2][3]

Ringkasan plot[sunting | sunting sumber]

Tindakan pertama dari film meliputi kehidupan awal Lincoln sebagai penjaga toko dan penebang kayu di New Salem dan asmara awal dengan Ann Rutledge, dan tahun-tahun awal sebagai seorang pengacara dan pacaran dan menikah dengan Mary Todd di Springfield. Mayoritas film yang berhubungan dengan kepresidenan Lincoln selama Perang Saudara Amerika Serikat dan berpuncak dengan menyerah Lee dan pembunuhan Lincoln di Teater Ford.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Semua pemeran utama sudah meninggal.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Simmon, Scott (1993). The Films of D. W. Griffith. New York: Cambridge University Press. hlm. 170. ISBN 9780521388207. 
  2. ^ Paolo Cherchi Usai (2008). The Griffith Project: Essays on D.W. Griffith (dalam bahasa Inggris). British Film Institute. hlm. 208. Diakses tanggal 25 Oktober 2016. 
  3. ^ Christley, Jaime N. (15 Desember 2012). "Abraham Lincoln" (dalam bahasa Inggris). Slant Magazine. Diakses tanggal 25 Oktober 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]