Abdallah bin Yasin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Abdallah ibn Yasin
عبد الله بن ياسين الجزولي التامنراتي
Pengganti
Sulaiman bin Haddu
Sebelum
Informasi pribadi
Meninggal7 Juli 1059
Krifla (near Rommani, present-day Morocco)
MakamMakam Moulay Abdallah di Krifla
AgamaIslam
DenominasiSunni
MazhabMaliki
PekerjaanPemimpin agama
Pemimpin militer
Pemimpin Muslim
Murid dariWaggag bin Zallu al-Lamti

Abdallah bin Yasin (Arab: عبد الله بن ياسين; meninggal 7 Juli 1059 M di Krifla dekat Rommani, sekarang Maroko)[1] adalah seorang teolog dan pemimpin spiritual dari gerakan Murabithun.

Kehidupan awal, pendidikan dan karier[sunting | sunting sumber]

Abdallah bin Yasin berasal dari kabilah Jazulah (dibaca Guezula), sebuah sub-kabilah Sanhaja dari Sous. Ibunya adalah Tin Izamarren dari suku Jazula yang tinggal di desa Tamanart.[2] Seorang teolog Maliki, ia adalah murid dari Waggag bin Zallu al-Lamti, seorang kerabatnya,[3] dan belajar di Ribat miliknya, "Dar al-Murabitin" yang terletak di desa Aglu, dekat Tiznit sekarang. Pada tahun 1046, kepala Gudala Yahya bin Ibrahim, datang ke Ribat meminta seseorang untuk menyebarkan ajaran agama Islam di antara Berber di Adrar (sekarang Mauritania), dan Waggag bin Zallu memilih untuk mengirim Abdallah bin Yasin bersamanya. Kaum Sanhaja pada tahap ini hanya diislamkan secara dangkal dan masih berpegang teguh pada banyak praktik paganisme, sehingga Ibnu Yasin mengkhotbahkan kepada mereka sebuah Sunni ortodoks.

Setelah pemberontakan Godala, ia dipaksa mundur bersama para pengikutnya. Dengan bersekutu dengan Yahya bin Umar, pemimpin suku Lamtuna, ia berhasil memadamkan pemberontakan tersebut.

Ibnu Yasin sekarang membentuk aliansi Muhabithun dari suku-suku Lamtuna, Masufa dan Godala, dengan dirinya sendiri sebagai pemimpin spiritual dan Yahya bin Umar mengambil alih komando militer. Pada tahun 1054, Sijilmasa yang dikuasai oleh Maghrawa ditaklukkan. Ibnu Yasin memperkenalkan aturan ortodoksnya - di antaranya anggur dan musik dilarang, pajak non-Islam dihapuskan dan seperlima dari harta rampasan perang dialokasikan untuk para ahli agama. Penerapan Islam yang ketat ini segera memicu pemberontakan pada tahun 1055.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Yahya bin Umar terbunuh pada tahun 1056 dalam pemberontakan baru Gudala di Sahara, yang kemudian Ibnu Yasin menunjuk saudara Yahya, Abu Bakar bin Umar (1056-1087), sebagai pemimpin militer yang baru. Abu Bakar menghancurkan Sijilmasa, tetapi tidak dapat memaksa Gudala kembali ke liga Almoravid. Dia kemudian merebut Sūs dan ibu kotanya Aghmat (dekat Marrakesh modern) pada tahun 1058.

Ibnu Yasin meninggal ketika berusaha menaklukkan Barghawata di pesisir Atlantik pada tahun 1059. Ia digantikan oleh Sulaiman bin Haddu, yang kemudian terbunuh dan tidak dapat digantikan.[4] Makamnya hampir di sebelah selatan Rabat, dekat Rommani, menghadap ke Sungai Krifla, dan ditandai di peta Michelin sebagai marabout Sidi Abdallah.[5] Sebuah masjid dan mausoleum dibangun di atas makamnya, dan situs tersebut masih utuh hingga saat ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rawd al-Qirtas p.86.
  2. ^ Hespéris: archives berbères et bulletin de l'Institut des hautes-études marocaines (dalam bahasa Prancis). Librairie Larose. 1949. hlm. 323. 
  3. ^ Chaker, Salem (1995). Linguistique berbère: études de syntaxe et de diachronie (dalam bahasa Prancis). Peeters Publishers. hlm. 161. ISBN 978-2-87723-152-7. 
  4. ^ Abdallah Laroui, L'histoire du Maghreb, 1982, p.151, ISBN 2-7071-1359-X.
  5. ^ A. Benachenchou, 1946. Sîdî 'Abdallâh Moul l-Gâra ou 'Abdallâh ibn Yâsîn. Hespéris 33, p. 406-413.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Norris, H.T. 1971. New evidence on the life of ‘Abdullah B. Yasin and the origins of the Almoravid movement. The Journal of African History, Vol. 12, No. 2 (1971), pp. 255–268.