A Walk to Remember

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
A Walk to Remember
A Walk To Remember Poster.jpg
Poster rilis teatrikal
Sutradara Adam Shankman
Produser Denise Di Novi
Hunt Lowry
Penulis Nicholas Sparks (Novel)
Karen Janszen
Pemeran Shane West
Mandy Moore
Musik Mervyn Warren
Sinematografi Julio Macat
Penyunting Emma E. Hickox
Studio Gaylord Films
Di Novi Pictures
Pandora Cinema
Distributor Warner Bros.
Tanggal rilis
Durasi 102 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $11.8 juta
Pendapatan kotor $47,494,916


A Walk to Remember adalah sebuah film roman remaja Amerika Serikat tahun 2002 yang diadaptasi dari novel tahun 1999 karya Nicholas Sparks. Film ini dibintangi oleh Shane West dan Mandy Moore, sedangkan Adam Shankman bertindak sebagai sutradara serta Denise DiNovi dan Hunt Lowry memproduseri film ini untuk Warner Bros. Dalam novel yang ditulis Sparks mengambil latar waktu sekitar tahun 1950-an, sementara di film berlatar sekitar tahun 1999.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Landon Carter (Shane West) beserta teman-temannya adalah salah satu kelompok yang terkenal di sebuah SMA di kota Beaufort, Carolina Utara. Mereka selalu melakukan hal-hal yang aneh dan tidak bermoral seperti mabuk-mabukan, menjahili teman-teman satu sekolahnya dan sebagainya. Ketika sebuah lelucon yang dilakukan kelompok ini kepada teman sekolahnya, Clay Gephardt, berubah menjadi bencana, Landon yang merencanakan kejadian tersebut diancam untuk dikeluarkan dari sekolahnya. Kepala sekolahnya memutuskan Landon harus menjalani hukuman percobaan. Hukumannya, dia harus berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sesudah sekolah seperti drama musikal musim semi. Disinilah dia bertemu dengan seorang kutu buku yang taat beragama bernama Jamie Sullivan (Mandy Moore), putri tunggal Pendeta Sullivan (Peter Coyote). Landon memiliki kesulitan dalam memahami bagiannya, sehingga dia sering bertanya ke Jamie. Pada hari berikutnya, Landon terus berusaha mendekati Jamie tapi dia terus menolaknya. Pada saatnya, beberapa teman Landon memainkan lelucon jahat di depan Jamie dan Landon datang untuk menolongnya, memukul temannya yang membuat lelucon tersebut dan akhirnya menyangkal semua yang diyakini teman-teman lamanya. Jamie akhirnya menerima permintaan maafnya dengan tulus dan setuju untuk berkencan dengan izin dari ayahnya. Keduanya mulai jatuh cinta dan Landon mulai membantunya untuk mencapai segala hal yang ada dalam daftar keinginannya. Kesetiaan Jamie kepadanya telah membuat Landon percaya pada kemampuannya untuk menjadi seseorang yang lebih baik: dia sekarang ingin masuk sekolah kedokteran.

Namun, saat hubungan mereka mulai serius, Jamie mengungkapkan rahasia di balik sifat ayahnya yang protektif kepada Landon: Jamie menderita leukemia dan telah berhenti merespons terhadap pengobatan. Landon larut dalam kesedihan dan Jamie harus menjalani berbagai pengobatan. Sementara itu, Landon terus untuk memenuhi keinginan dalam daftar Jamie. Ketika Jamie keluar dari rumah sakit, Pendeta Sullivan mengatakan kepada Landon bahwa ayahnya telah membayar untuk perawatan kesehatan pribadi di rumah. Saat sedang melihat bintang dengan teleskop buatannya, Landon melamarnya agar dia dapat memenuhi keinginan nomor satu Jamie yakni menikah. Mereka menikah di gereja yang diimpikan dan semua teman mereka hadir serta ayahnya bertindak sebagai pendeta pernikahan. Mereka berdua hidup bahagia sampai Jamie akhirnya meninggal di akhir musim panas.

Empat tahun kemudian, Landon mengunjungi ayah Jamie. Pendeta Sullivan mengatakan bahwa dia beserta ibu Landon sangat bangga dengannya dapat masuk sekolah kedokteran dan dia juga yakin bahwa Jamie akan bangga juga padanya. Landon meminta maaf kepada Pendeta Sullivan - Jamie tidak pernah dapat menyaksikan mukjizatnya, tetapi Pendeta Sullivan meyakini bahwa Jamie telah mendapatkan mukjizatnya berupa Landon. Film berakhir dengan adegan Landon sedang berjalan di dermaga dan mengatakan bahwa Jamie telah menyelamatkan nyawanya dan cinta mereka ibarat angin, dia tidak bisa melihatnya namun dia bisa merasakannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Shane West sebagai Landon Lawrence Carter
  • Mandy Moore sebagai Jamie Elizabeth Sullivan
  • Peter Coyote sebagai Reverend Hegbert Sullivan
  • Daryl Hannah sebagai Cynthia Carter
  • Lauren German sebagai Belinda
  • Clayne Crawford sebagai Dean
  • Paz de la Huerta sebagai Tracie
  • Al Thompson sebagai Eric
  • Jonathan Parks Jordan sebagai Walker
  • David Lee Smith sebagai Dr. Carter
  • Matt Lutz sebagai Clay Gephardt

Latar Belakang dan produksi[sunting | sunting sumber]

A Walk to Remember terinspirasi oleh adik dari Nicholas Sparks, yakni Danielle Sparks Lewis, yang meninggal karena kanker pada tahun 2000. Dalam pidatonya setelah kematian adiknya di Berlin, penulis mengakui bahwa "Dalam banyak hal, Jamie Sullivan adalah adik saya". Alur ceritanya terinspirasi oleh kehidupan adiknya; Danielle bertemu seorang pria yang ingin menikahinya, "bahkan ketika pria tersebut tahu bahwa adiknya sakit".[1] Baik buku maupun film didedikasikan untuk Danielle Sparks Lewis. A Walk to Remember difilmkan di Wilmington, Carolina Utara.

Peluncuran[sunting | sunting sumber]

Layar lebar[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka pada nomor 3 di bioskop Amerika Serikat dengan penghasilan sebesar US $12.177.488 di akhir pekan pembukaannya, di belakang Snow Dogs dan Black Hawk Down.

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Film ini umumnya mendapat tinjauan negatif oleh para kritikus. Entertainment Weekly memberi ulang judulnya menjadi "A Walk to Forget"[2] dan mendapat nilai rata-rata dari 101 tinjauan profesional seperti yang dikumpulkan oleh Rotten Tomatoes yaitu 4,1 dari 10.[3] Namun, A Walk to Remember mendapatkan penerimaan hangat dari masyarakat umum, khususnya di komunitas Kristen karena nilai-nilai moral yang terdapat dalam film.[4] Roger Ebert memuji Mandy Moore dan Shane West untuk akting mereka "yang meyakinkan dan tenang".[5] Meskipun tidak sesukses yang diharapkan, film ini menjadi hit kecil di bioskop , meraup penghasilan sebesar $41.281.092 di Amerika Serikat saja,[6] dan menjadi hit tak terduga di Asia. Total pendapatan yang dihasilkan di seluruh dunia adalah $47.494.916.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Acara Kategori Hasil
2002 MTV Movie Awards Best Breakthrough Female Performance Menang (Mandy Moore)
2002 Teen Choice Awards Choice Breakout Performance - Actress Menang (Mandy Moore)
2002 Teen Choice Awards Choice Chemistry Menang (Moore/West)

Moore mengalahkan sesama bintang pop Britney Spears, yang membintangi film Crossroads, dengan memenangkan dua penghargaan Teen Choice Awards. Pada MTV Movie Awards, Moore memenangkan "Best Breakthrough Female Performance" untuk perannya.

Perbandingan dengan novel[sunting | sunting sumber]

Meskipun terdapat banyak kesamaan dengan novel Nicholas Sparks, banyak perubahan yang telah dibuat. Di situs pribadinya, Sparks menjelaskan keputusan di balik perbedaan tersebut. Misalnya, dia dan sutradara memutuskan untuk memperbarui latar belakang dari tahun 1950 menjadi 1990-an, mengkhawatirkan apabila setting film tahun 50-an akan gagal menarik remaja. "Untuk menarik minat mereka," tulisnya, "kami harus membuat cerita lebih kontemporer." Untuk memperbaruinya, perilaku dan lelucon Landon dibuat lebih buruk daripada di novelnya; seperti yang dikutip Sparks, "hal-hal yang dilakukan oleh remaja laki-laki pada tahun 1950-an dianggap 'agak kasar', berbeda dengan apa yang dilakukan remaja laki-laki pada 1990-an dianggap 'lebih kasar'. "

Sparks dan sutradara juga mengubah drama di mana Landon dan Jamie muncul. Dalam novel, Hegbert menulis sebuah drama Natal yang menggambarkan bagaimana dia pernah berjuang sebagai seorang ayah. Namun, karena keterbatasan waktu, sub-plot yang menunjukkan bagaimana dia mengatasi perjuangannya tidak dapat dimasukkan dalam film. Sparks khawatir bahwa "orang-orang yang belum membaca buku akan bertanya apakah Hegbert seorang ayah yang baik", menambahkan bahwa "karena dia adalah ayah yang baik dan kami tidak ingin berlama-lama dengan pertanyaan itu, maka kita ubah dramanya."[7]

Sebuah perbedaan yang signifikan adalah pada akhir novel, tidak seperti di film, tidak jelas apakah Jamie meninggal meskipun selama tahun 1950-an, kanker adalah suatu kematian. Sparks mengatakan bahwa dia telah menulis buku dan mengetahui Jamie akan meninggal, dan memilih "solusi terbaik dan tepat yang menggambarkan perasaan saya sehubungan dengan adik saya pada saat itu: yaitu saya berharap dia akan hidup ".[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sparks, Nicholas (2000). "Background information on A Walk to Remember, from a speech given in Berlin, Germany for Heyne Verlag". Diakses 2007-07-12. 
  2. ^ Kepnes, Caroline (2002-07-12). "Reviews — A Walk to Remember". Diakses 2007-07-12. 
  3. ^ "A Walk to Remember Movie Reviews, Pictures". Rotten Tomatoes. Diakses 2007-07-12. 
  4. ^ Overstreet, Jeffrey (January 23, 2002). A Walk to Remember. Christianity Today. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2008-05-03 
  5. ^ Ebert, Roger (2002-01-25). "A Walk to Remember". Chicago Sun-Times. Diakses 2007-07-12. 
  6. ^ "A Walk to Remember". Hollywood.com. Diakses 2007-07-12. 
  7. ^ Sparks, Nicholas. "Nicholas Sparks on the Movie Adaptation of A Walk to Remember". Diarsipkan dari aslinya tanggal 2008-04-17. Diakses 2007-07-12. 
  8. ^ Sparks, Nicholas. "FAQ on 'A Walk to Remember' - Did Jamie Die?". Diarsipkan dari aslinya tanggal 2008-04-16. Diakses 2007-07-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]