Aku Cinta Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari ACI)

Aku Cinta Indonesia
Sampul kaset Aku Cinta Indonesia versi SMP
Negara asalIndonesia
Bahasa asliIndonesia
Produksi
Rumah produksiPustekkom Depdikbud
TVRI
Rilis asli
JaringanTVRI
Format gambar4:3
Acara terkait
  • Aku Cinta Indonesia versi SMA
  • Aku Cinta Indonesia versi Propaganda Sejarah Perjuangan Bangsa (PSPB)
  • Kau dan Aku Cinta Indonesia (versi Bioskop 2013)
  • Aku Anak Indonesia (SinemArtRCTI, 2015)

ACI atau Aku Cinta Indonesia adalah seri televisi yang ditayangkan di TVRI pada tahun 1985. Judulnya juga dapat berarti singkatan dari ketiga tokoh utamanya, Amir (Agyl Syahriar), Cici (Dyah Ekowati Utomo) dan Ito (Ario Sagantoro).

Film serial ACI dirancang dan diproduksi oleh Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (PUSTEKKOM) yang bertemakan pengembangan nilai-nilai kepribadian anak dan remaja, seperti: tanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja sama, toleransi, saling menghargai/menghormati, sikap bersaing sehat, persahabatan, dan sikap sportif.

ACI terdiri dari 3 musim. Musim pertama berlatar belakang pendidikan di bangku SMP dimana Amir, Cici, Ito, Hengky dan Wati bersekolah. Musim kedua yang berlatar belakang pendidikan di bangku SMA, hanya menyisakan Wati saja sebagai satu-satunya pemain musim pertama yang bertahan. Tak lagi berlatar belakang sekolah, ACI musim ketiga berubah format menjadi serial PSPB (Propaganda Sejarah Perjuangan Bangsa) dengan mengusung konsep FTV, cerita per episode tidak saling berhubungan, bahkan pemainnya kerap berganti-ganti setiap episodenya. Meski begitu, hanya ACI season 1 saja yang paling dikenal oleh penggemarnya.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dalam serial ini diseritakan tentang tiga sekawan: Amir, Cici dan Ito. Amir memiliki sifat kepemimpinan yang tinggi dan menjadi ketua kelas. Cici yang manis selalu pintar bergaul. Ito yang berkacamata digambarkan sebagai pelajar yang giat belajar. Mereka adalah para idola di SMP Kota Kita ( tempat asli film ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Depok, coba perhatikan opening themenya yang di bawah di menit 1:13 s/d 1:17, tertera "Para Pelajar S.M.P 3 Negeri Depok"). Dalam pergaulan mereka suka diganggu oleh Wati (diperankan oleh Tursina Andriani), seorang tokoh antagonis yang digambarkan culas dan judes. Hampir seluruh cerita di serial ini mengisahkan konflik antra trio ACI dengan Wati. Ada pula Hengki (diperankan oleh I Nyoman Aryadi), anak yang nakal dan suka iseng, seringkali membuat kesal teman-temannya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]