Xenogears

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Xenogears
Xenogears.jpg
Pengembang Square Co., Ltd.
Penerbit Square Co., Ltd., Square Electronic Arts
Platform PlayStation
Tanggal rilis Februari 11, 1998 Bendera Jepang
Oktober 20, 1998 Bendera Amerika Serikat
Genre RPG
Mode Single player
Rating ESRB: T (Teen)
Media digital/distribusi 2 CD-ROMs

Xenogears adalah Permainan RPG Jepang (JRPG) yang dikeluarkan di Sony PlayStation. Permainan ini dirilis oleh Squaresoft (sekarang bernama Square-Enix) pada Februari 1998 di Jepang dan dilanjutkan dengan perilisan di Amerika Serikat pada Oktober 1998. Xenogears tidak dirilis dengan sistem PAL. Permainan ini dipuji dan dikritik karena dalamnya sisi filosofi dan beratnya agama yang digunakan.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Cara bermain Xenogears menggabungkan inovasi dan tradisional, menggunakan sprite dua dimensi yang digabung dengan latar belakang tiga dimensi, serta menggunakan dua sistem bertarung yang berbeda, dimana yang pertama adalah menggunakan bela diri dan yang satu lagi menggunakan 'Gear'.

Cara Bertarung yang dipakai adalah variasi dari ATB2 (active time battle) yang dapat ditemukan pada Chrono Trigger dan seri permainan Final Fantasy lainnya. Saat sebuah pertarungan dimulai, layar permainan dengan cepat langsung berubah menjadi skenario bertarung. Para karakter bertarung dengan pertarungan bela diri, dan gerakan spesial yang disebut Deathblow yang dapat dipelajar dengan menggunakan kombinasi serangan lemah, sedang, dan kuat. Untuk menyerang harus menggunakan Action Points (AP) dan secara berturut-turut dari lemah sampai kuat menghabiskan AP sebesar 1,2,3. Total jumlah AP adalah 7 dimana bisa didapatkan dengan mengikuti alur permainan, dengan AP maka Deathblow berelemen dapat dipelajari. AP dapat disimpan dan digunakan sebagai AP untuk serangan kombo, yakni serangan gabungan dari beberapa Deathblows untuk menghasilkan kerusakan yang sangat besar.

Para karakter kebanyakan juga dapat menggunakan kekuatan "sihir" baik itu menyembuhkan teman ataupun melukai musuh. Kekuatan ini dibatasi dengan Ether Points (EP) yang tersedia. Tidak seperti AP, EP tidak diisi ulang di antara pertarungan yang satu dengan lainnya. Kebanyakan, kekuatan ini disebut 'Ether', walaupun ada beberapa kekuatan karakter yang mempunyai nama lain yang secara tidak langsung menandakan perbedaan asal. Sebagai Contoh, sihir Fei disebut 'Chi,' dan Citan disebut 'Arcane'. Tidak seperti karakter utama di kebanyakan RPG yang hanya mempunyai spesialisasi entah itu kekuatan fisik atau kekuatan sihir, karakter utama di Xenogears menguasai kedua area tersebut, walaupun beberapa karakter mempunya lebih dari satu atau dua sihir penyerangan langsung.

Tambahan dari skala kecil, pertarungan tangan kosong, para karakter kadang-kadang bertarung dari dalam robot petarung masing-masing yang disebut 'Gears'. Mesin petarung ini sering kali sama dengan gaya bertarung dan penampilan dari karakter yang mengendarainya. Pertarungan Gear berbeda dengan pertarungan biasa. Kombinasi serangan dikurangi dengan hanya pilihan serangan kuat, sedang atau lemah yang membangun tingkat serangan dari Gear setiap giliran sampai akhirnya dapat mengeluarkan jurus spesial yang lebih kuat. Faktor pembatas AP digantikan dengan bahan bakar dari 'Gears', dimana setiap serangan menggunakan sejumlah Bahan Bakar tergantung dari kekuatannya. Gears dapat menambah bensinnya dengan 'charging' saat mengenakan barang tertentu. Gear juga bisa menggunakan 'Booster', yang memungkinkan mereka bergerak lebih cepat tetapi memakai dua kali dari jumlah bahan bakar yang biasa dipakai.Saat Gear tidak Mempunyai Bahan Bakar Lagi, Gears tidak dapat lagi melakukan apa-apa kecuali 'charge'.Pemeran utama bisa membeli bahan bakar 'Gear', 'Parts' dan 'Upgrades' di beberapa toko.

Jalan Cerita[sunting | sunting sumber]

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Fei Fong Wong

Xenogears berawal di benua Ignas, di mana negara Aveh dan Kislev sudah berperang selama berabad-abad, bahkan mereka sendiri sudah lupa alasan peperangan tersebut. Organisasi yang dikenal sebagai Ethos, dimana organisasi itu seperti gereja yang memelihara kebudayaan dunia, yang sudah menggali robot tempur raksasa yang disebut 'Gear'. 'Gear' memiliki pengaruh besar dalam perang dan menggantikan hampir semua pertarungan tangan kosong. Pada awalnyanya Kislev yang menemukan lebih banyak Gear lebih unggul, namun kemudian pasukan misterius yang dikenal sebagai Gebler muncul dan mulai menyokong Aveh. Dengan bantuan Gebler Aveh tak hanya berhasil menutupi kelemahan mereka, bahkan perlahan mereka mulai menguasa wilayah Kislev.

Cerita dimulai di desa kecil Lahan, yang berada dekat perbatasan Aveh dengan Kislev. Kita diperkenalkan ke dengan pemeran utama bernama Fei Fong Wong, seorang pria berumur delapan belas tahun yang secara misterius dibawa kepada Lahan oleh seorang "Pria Bertopeng" tiga tahun sebelumnya. Fei tidak mempunyai kenangan masa lalunya. Meskipun begitu, Fei mempunyai kehidupan yang menyenangkan, dan tidak sabar menunggu perkawinan dua orang teman terbaiknya, Alice dan Timothy. Suatu malam, sepulang mengunjungi dokter lokal, Citan Uzuki di rumahnya di puncak gunung terdekat, Fei terkejut karena melihat sekelompok 'Gear' yang terbang ke arah Lahan. Saat Fei tiba seluruh desa terbakar akibat serangan Gear tersebut. Menemukan Gear tanpa pilot, Fei secara naluriah menggunakannya untuk melawan Gear lain. Usahanya dihambat oleh kehadiran Graft, yang mengirim sejumlah Gear yang diperkuat untuk menghadangnya.

Saat melihat temannya Timothy tewas tertembak, Fei kehilangan kontrol dan mengamuk, memusnahkan seisi desa dan sebagian penduduk yang berada di sana, termasuk Alice. Saat Fei sadar, para penduduk membencinya akibat insiden tersebut. Tak ada pilihan lain, Fei menuruti saran Citan untuk pergi ke Aveh. Di hutan Fei bertemu dengan Letnan Elhaym Van Houten (Elly), pilot gear yang ia pergunakan saat di Lahan. Pertemuan tersebut mulai membuka langkah takdirnya sebagai Contact dan hubungan masa lalunya dengan Elly, serta menentukan arah takdir manusia.

Latar Belakang dan Tambahan[sunting | sunting sumber]

Semua kisah latar dan penjelasan Xenogears tercantum dalam Perfect Works, buku berbahasa Jepang yang diterbitkan oleh DigiCube, penerbit yang sudah ditutup. Perfect Works mencakup sejarah alam semesta Xenogears dari sejarah jatuhnya Eldridge, penciptaan manusia hingga awal permainan. Bagi penggemar Xenogears, aspek penting buku ini adalah keterangan mengenai keenam episode seri Xenogears. berdasar Perfect Works, RPG Xenogears bersetting pada episode V, dengan sedikit kilasan apa yang terjadi pada episode II (jatuhnya Eldridge dan penciptaan manusia), episode III (masa Zeboim), dan episode IV (Perang Solaris-Land Dwellers).

Karakter Penting[sunting | sunting sumber]

Fei Fong Wong[sunting | sunting sumber]

Putra dari pasangan Kahn dan Karen Wong, Fei adalah reinkarnasi dari Abel, satu-satunya manusia yang selamat dari tragedi jatuhnya Eldridge 10000 tahun lalu. Kontaknya dengan zohar membuatnya dipilih Wave Existance sebagai Contact, orang yang mewarisi kekuatannya. Di kehidupan sebelumnya Fei menjalani kehidupan sebagai Abel pada masa awal penciptaan manusia, Dr. Kim Kharim pada masa Zeboim, dan Lacan pada masa perang Solaris-Land Dwellers. Selama itu pula ia trus-menerus jatuh cinta pada wanita yang sama, yakni Elly. Fei bertarung dengan menggunakan gear bernama Weltall. Weltall adalah Gear yang dibuat oleh Graft untuk menghancurkan Deus. Selama permainan Weltall berevolusi menjadi Weltall 2 yang dilengkapi sistem Id, dan pada akhirnya wujud sempurnanya adalah Xenogears. Di luar gear, Fei bertarung dengan tangan kosong.

Gears : Weltall --> Weltall 2 --> Xenogears

Dr. Citan Uzuki[sunting | sunting sumber]

Seorang Dokter yang tinggal di gunung dekat Lahan, tinggal bersama dengan Istrinya Yui dan anak perempuannya Midori, Dia sebenarnya berasal dari Solaris, dan mantan dari anggota tempur elit Solaris yang bernama ELEMENT bersama dengan Sigurd. Figur yang cerdas dimana hampir semua permasalahan dan pengembangan Gears dalam Game ini diselesaikan oleh dirinya, namun disisi lain dia juga ber'tugas' memastikan apakah keberadaan Fei dianggap membahayakan atau tidak. Nama aslinya Hyuga Ricdeau bertarung dengan tangan kosong pada awalnya sebelum kemudian mendapatkan katana dan memiliki Inner Power yang disebut Arcane.

Gears : Heimdall --> El - Fenrir

Elhaym Van Houten[sunting | sunting sumber]

Letnan di kesatuan khusus Gebler. ia merupakan penduduk kelas satu di Solaris. Di balik itu, ia merupakan reinkarnasi dari Mother Sophia, sosok dari masa perang Solaris-Land Dwellers 500 tahun lalu. Lebih jauh lagi, ia merupakan sosok 'Mother', yang bisa dikatakan ibu dari semua manusia. Elly adalah wanita yang diciptakan Wave Existance berdasar bayangan lacan akan ibunya. ia merupakan wanita yang terlahir hanya untuk Fei, dan mewakili keinginan Wave Existance untuk lepas dari kurungannya yakni Zohar.

Gear Elly adalah Vierge, yang dilengkapi Aerods sebagai senjatanya. ia juga sempat menggunakan gear bernama Regrs, omnigear yang dulunya digunakan Sophia. Di luar gearnya, Elly bertarung dengan menggunakan tongkat, juga serangan ether.

Gears : Vierge --> El - Regrs

Bartolomew Fatima[sunting | sunting sumber]

Pemimpin kelompok Bajak padang pasir di atas kapal Yggdrasil. Bart kehilangan sebelah matanya akibat kecelakaan bertahun-tahun silam. ia merupakan pewaris sah kerajaan Aveh, yang direbut melalui kudeta oleh Sakhan.

Sosok yang ceroboh dan tergesa-gesa hingga menembak jatuh Fei dan Citan sampai 2 kali hanya untuk menunjukan betapa hebatnya meriam yang dimiliki oleh kapal Yggdrasil.

Berpetualang bersama Manson dan Sigurd yang merupakan kakak tirinya.

Gear Bart adalah Brigandier, gear berwarna merah dengan senjata cambuk. Sama dengan teknik bertarung bart di luar gearnya. nantinya bart akan menggunakan omnigear yang bernama Andvari.

Gears :

Brigandier --> El - Andvari

Rico Banderas[sunting | sunting sumber]

Mutant yang tinggal di Blok Penjahat Kislev, Mantan juara dari Battle Gear di Kislev sebelum kemudian dikalahkan oleh Fei.. Sebenarnya merupakan anak dari Raja Kislev yang terpaksa meninggalkan keluarganya demi kepentingan politiknya.

Menggunakan tangan kosong dalam pertarungan dan Gear kelas berat yang bernama Stier,

Gear : Stier --> El Stier

Kahran Ramsus[sunting | sunting sumber]

Klon dari kaisar Cain, Ramsus merupakan pemimpin kelompok Elements. Ia menyimpan dendam pada sosok Fei dan Id yang selalu lebih superior darinya, menimbulkan Inferior Complex pada dirinya.

Kritikan[sunting | sunting sumber]

Saat memegang popularitas, Xenogears tetap dikritik dengan beberapa, walaupun tahun-tahun sesudah pengeluaran pertamanya. Banyak yang memuji kedalaman dari jalan cerita, dengan pendiskusian tentang filosofi, psikologi, dan agama. Juga populer adalah banyak referensi itu sampai syarat-syarat agama dan film ilmu pengetahuan fiksi yang tenar seperti Star Wars dan Soylent Green. Pengecam menegaskan cacat pada permainan termasuk berlebihan pada cutscenes, mekanika defisien dipertempuran, frekuensi pertempuran acak yang terlalu tinggi, dan linear gameplay. Kritik yang paling banyak adalah dimana saat CD kedua, penggunaan peta dunia dibatasi dan banyaknya adegan cerita bertambah.

Pada Jumpa pers dengan Square mengumumkan perilisan Xenogears di Jepang, disebutkan bahwa karena dari Agama yang yang ada dipermainan, hal ini dapat membuat kemungkinan untuk tidak dirilis di luar Jepang.Tetapi ternyata, Xenogears dilepaskan dengan diam-diam ke dalam Amerika Serikat, dengan kontroversi minimal. "Project Noah adalah - sebenarnya - nama yang hendak dipakai Squaresoft untuk memanggil Xenogears ketika mereka pertama kali memproduksi permainan ini dan mengadakan jumpa pers. Setelahnya, nama tersebut diganti dengan 'Xenogears'.[1]

Catatan pada Game[sunting | sunting sumber]

Secara grafis, Xenogears menggabungkan karakter bersprite 2D dengan lingkungan 3D. Lingkungan dan Gear semua diciptakan dengan mesin 3D, tetapi karakter diciptakan menggunakan sprite 2D dengan resolusi rendah. Disamping hal ini, Xenogears juga menggunakan animasi tradisional jepang maupun sisipan film CGI yang dibuat saat beberapa point penting - ciri yang biasa di Squaresoft RPGs saat era ini. Aspek lainnya yang mendukung Xenogears adalah soundtrack yang dramatis dan sangat kuat yang disusun dan diciptakan oleh Yasunori Mitsuda dan menampilkan Joanne Hogg di vokal untuk dua lagu. Selain dari dua soundtrack utama, dua album lain juga ada. Creid adalah album dihasilkan oleh Mitsuda dan Our Millennial Fair. Yang satunya lagi adalah album Xenogears: Light, album akustik ini dirilis oleh OneUp Studios.

Pengaruh Psikologis/Filosofis[sunting | sunting sumber]

Pemeran Xenogears didesain untuk menyinggung banyak konsep psikologis, khususnya Freudian dan Jungian psikologi. Sindiran yang paling nyata memerlukan sifat protagonis permainan, Fei Fong Wong, dimana dia Freudian ego, super-ego, dan Id dibicarakan panjang lebar di seluruh jalan permainan. Fei secara bawah sadar sudah menindas kenangannya karena masa kecilnya yang tidak menyenangkan. Tetapi, hasratnya untuk mengingat elemenn masa lalu akhirnya menyebabkannya menemukan kebenaran tentang siapa dia dan apa hubungannya dengan karakter yang dikenal sebagai 'Id'. Penindasan ini juga berhubungan dengan konsep Jungian shadow. Bagaimanapun adalah tindakan peran tertentu, seperti Ramsus, yang tindakannya didorong oleh inferiority kompleks bahwa tangkai dari tak sadar 'nodes' yang sering menyerap kelakuan bagian luar seorang individu.

Walaupun tidak dengan jelas psikologis, sindiran sampai teori filsuf Jerman, Friedrich Nietzsche, ditemukan dipermainan. Misalnya, ada konsep eternal return, yang, di Xenogears, berhubungan dengan Kontak dan Anti- Type.

Hubungan dengan Xenosaga[sunting | sunting sumber]

Saat Xenogears belum pernah mempunyai lanjutan resmi ataupun prequel, banyak yang mengira permainan yang dikembangkan oleh Monolith Soft dan dirilis oleh Namco berjudul Xenosaga di PlayStation 2, disebut prequel dari Xenogears. Tetsuya Takahashi adalah direktur dan penulis baik Xenogears maupun Xenosaga, berkata bahwa Xenosaga bukanlah prequel asli dari Xenogears karena Square Enix lah yang memegang hak-hak Xenogears'.

Ada cukup banyak perdebatan dalam Xenogears fanbase tentang bagaimana secara akurat garis waktu Xenogears di Perfect Works diikuti oleh Xenosaga, yang berisi elemen yang mirip, seperti Zohar, yang diperkenalkan di Xenogears.

Wawancara resmi agak tidak jelas atas persoalan ini, meskipun Tetsuya Takahashi sudah menyebutkan bahwa "Mungkin lebih cocok untuk mengatakan bahwa mengikuti petunjuk dan gaya Xenogears." begitu juga "Kami sekarang berada dibawah perusahaan yang berbeda, kami memutuskan sebaiknya kami memulai segalanya dari awal kembali. Meskipun ada muka yang akrab yang menjadi karakter penting di Xenosaga, orang lain lebih seperti penambah, oleh sebab itu kami benar-benar tidak ingin penggemar Xenogears bereaksi terlalu keras. Seperti film, kadang-kadang anda mempunyai direktur film atau teman aktor utama yang muncul sebagai batu permata timbul berlatar warna lain, oleh sebab itu mirip.[2] Sekarang, tetapi, secara umum dipercaya bahwa permainan sudah menyimpang jauh dengan kehilangan Soraya Saga dan anggota utama lain dari proyek, yang orang yang meraut seri dari enam permainan ke tiga.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ xgam.org's encyclopaedia. http://www.xgam.org/xenogears/encyclopaedia/index.php?topic=project_noah
  2. ^ Sato, Ike."Kami berbicara dengan direktur Xenosaga, Tetsuya Takahashi."[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]