Chrono Trigger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chrono Trigger
Chrono Trigger.jpg
Sampul depan Chrono Trigger versi Amerika.
Pengembang Square Co., Ltd.
Penerbit JPN Square Co., Ltd. (SNES)
NA Square Soft, Inc.
JPN Square Co., Ltd. (PS1)
NA Square EA (PS1)
Perancang Kazuhiko Aoki (produser)
Takashi Tokita (sutradara)
Yoshinori Kitase (sutradara)
Akihiko Matsui (sutradara)
Akira Toriyama (desainer)
Yuuji Horii (supervisor)
Hironobu Sakaguchi (supervisor)
Yasunori Mitsuda (komposer)
Nobuo Uematsu (composer)
Seri Chrono series
Platform Super Famicom / Super Nintendo Entertainment System
PlayStation
Tanggal rilis JPN 11 Maret, 1995 (SNES)
NA 22 Agustus, 1995 (SNES)

JPN 2 November, 1999 (PS1)
NA 29 Juni, 2001 (PS1)

Genre Role-playing
Mode Single player
Rating ESRB: K-A (Kids to Adults) (SNES), T (Teen) (PS)

CERO: A (All Ages)

Media digital/distribusi 32-Mbit (4MB) (SNES)
1 CD-ROM (PS1)

Chrono TriggerKurono Torigā (クロノ・トリガー?) adalah sebuah permainan peran konsol yang diciptakan oleh Square Co. untuk Super Nintendo Entertainment System. Permainan ini dirilis di Jepang pada tanggal 11 Maret, 1995 dan di Amerika Utara pada tanggal 22 Agustus pada tahun yang sama (lihat permainan video tahun 1995. Cerita permainan ini mengikuti sebuah grup petualang muda yang secara tidak sengaja terlempar ke masa depan dan mengetahui bahwa dunia akan hancur. Bersumpah untuk mencegah kejadian itu, mereka bertualang melewati sejarah untuk mengetahui apa arti dari menyelamatkan planet.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Lucca, teman Chrono berhasil menemukan teleporter, dan akan mendemonstrasikannya saat Festival Milenium. Mesin tersebut sukses saat diuji oleh Chrono. namun saat Marle, teman baru Chrono mengujinya, ia terhisap oleh portal waktu dan menghilang. Chrono pun memutuskan untuk menyusulnya. Peristiwa ini kemudian membawanya dalam petualangan yang lebih besar, dimana selama melintasi waktu ia melihat kehancuran dunia. Mengetahui hal itu, ia memutuskan untuk mengubah sejarah dunia.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Crono[sunting | sunting sumber]

Pemuda dari desa Truce. Sosok pemuda yang lugu namun tulus dan berjiwa ksatria. usahanya melintasi waktu untuk menyelamatkan Marle membawanya ke perjuangan lebih berat untuk menyelamatkan dunia. ia bahkan sempat kehilangan nyawanya.

Marle[sunting | sunting sumber]

Teman baru Crono, sebenarnya ia adalah putri nadia dari kerajaan Guardia. Gadis tomboy yang membenci kekangan protokol, ia tidak suka dipandang berbeda karena statusnya. ia sangat mirip dengan Lenne, leluhurnya dari masa 400 tahun yang lalu.

Lucca[sunting | sunting sumber]

Gadis penemu yang sangat jenius, hampir bisa memperbaiki peralatan apapun. ia menciptakan Gate Key, peralatan untuk membuka gerbang waktu.

Frog[sunting | sunting sumber]

Nama aslinya adalah Glenn, ia dikutuk menjadi katak oleh Magus. Hanya dengan membunuh Maguslah ia bisa kembali ke wujud semula. ia merupakan pendekar terkuat di era 600 A.D.Merupakan sahabar dari Cyrus,Seorang ksatria kerajaan Guardia

Robo[sunting | sunting sumber]

Robot dengan nama lain Prometeus, ia merupakan robot yang mengalami kerusakan selama Apocalupse pada tahun 1999 A.D. Ia diperbaiki oleh Lucca. Karena membantu manusia, ia sempat dianggap penghianat oleh kaumnya.

Ayla[sunting | sunting sumber]

Leluhur Marle dari masa prasejarah 65 juta tahun silam. Sebagai ksatria terkuat, ia memipin kaum manusia dalam menghadapi kaum reptite yang lebih superior.

Magus[sunting | sunting sumber]

Pemimpin kaum mystic di era 600 A.D, ia memanfaatkan kaumnya untuk membantunya memanggil Lavos, agar ia bisa membalas dendam. Jati diri aslinya adalah Janus.

Pengembang[sunting | sunting sumber]

Chrono Trigger dikembangkan oleh grup bernama "Dream Team", yang didalamnya terdapat Hironobu Sakaguchi, produser dan pencipta seri Final Fantasy, Yuuji Horii, sutradara dari permainan Dragon Quest, Akira Toriyama, pembuat karakter untuk Dragon Quest dan Dragon Ball, produser Kazuhiko Aoki, dan Nobuo Uematsu, komposer untuk beberapa permainan di seri Final Fantasy. Tim ini dibantu oleh komposer musik yakni Yasunori Mitsuda , dan pembuat skenario Masato Kato, yang nantinya akan memegang lanjutan permainan ini.