Windcharger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Windcharger (Charger di Jepang, Rapido di Kanada, Lampo di Italia, dan Camaro di Amerika Selatan) adalah salah satu nama untuk karakter robot fiksi dari serial The Transformers.

Merujuk pada spek teknis orsinil 1984 karya Bob Budiansky, nama asli Windcharger adalah Sprint.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Windcharger merupakan salah satu kru original Autobots yang berada di Bumi ketika pesawat The Ark bertabrakan empat juta tahun yang lalu. Ia merupakan Autobot yang memiliki kecepatan luar biasa dalam jarak dekat ketimbang beberapa temannya yang lain seperti Sideswipe, Suntreaker, dan Cliffjumper.

Dalam episode A Prime Problem, Oprimus Prime yang dibuat kembarannya oleh Decepticons kemudian beraksi di markas Autobots. Dua Primes ada di markas, dan Windcharger bersama Spike Witwicky kemudian mengetes mereka balapan, sampai akhirnya Spike dan Windcharger masuk ke markas Decepticons dan mengetahui bahwa salah satu di antara Primes adalah palsu.

Dalam episode Prime Target, Lord Cholmondeley menangkap jet rahasia Uni Soviet, yang menyebabkan ketakutan perang antara Timur dan Barat, Cholmondeley kemudian berambisi untuk meraih kepala Optimus Prime. Untuk mewujudkan mimpinya, ia menantang Optimus setelah sebelumnya menangkap beberapa anggota Autobots, termasuk Windcharger. Ketika Cosmos mengetahui lokasi Chormondeley, Optimus langsung pergi ke sana. Dan niat Chormondeley untuk memburu Optimus gagal setelah ia dibantu oleh Astrotrain dan Blitzwing berhasil menghajar Cholmondeley.

Dalam episode Masquerade, Windcharger merupakan satu di antara lima Autobots yang menyamar sebagai Stunticons. Setelah mengetahui rencana Megatron yang sebenarnya, pihak Autobots nyaris saja celaka ketika Stunticons yang asli datang dan berwujud sebagai Menasor. Namun dengan menggunakan kemampuan magnetic Windcharger dan ilusi dari Mirage, Autobots bias menampilkan Menasor tandingan, dan kemudian mereka ketahuan menyamar, dan Autobots akhirnya memutuskan untuk menghajar Decepticons tanpa perku menyamar lagi.

Dalam Transformers: The Movie, Windcharger termasuk salah satu anggota Autobot yang tewas dalam perang. Mayatnya kemudian ditutup oleh Arcee dan kemudian disatukan dalam sebuah makam dengan Wheeljack, yang juga sama-sama tewas.

Buku[sunting | sunting sumber]

Windcharger masuk dalam buku audio tahun 1985 berjudul Laserbeak’s Fury. Dan kemudian pada tahun 1986, ia juga tampil dalam buku cerita dan mewarnai anak-anak berjudul The Lost Treasure of Cybertron terbitan Marvel Books.

Mainan[sunting | sunting sumber]

  • Generation 1 Windcharger (1984):

Mainan original Windcharger tahun 1984, sebenarnya mainan ini sudah lebih dulu dirilis tahun 1983 di Jepang, dan kemudian hak patennya dibeli Hasbro untuk kawasan Amerika Serikat. Kemudian di Meksiko, perusahaan mainan IGA membuat versi lain Windcharger dengan warna hitam-putih-biru.

  • Camaro (1985):

Dibuat tahun 1985 oleh perusahaan mainan Brazil Estrela. Dengan warna merah-ungu, dan hitam-ungu. Sementara di Argentina menggunakan model yang sama namun dengan warna yang berbeda, yaitu kuning-hitam dan biru-hitam. Perusahaan yang membuatnya adalah Antex. Di Peru mainan ini juga tersedia, dan dibuat oleh Lynsa.

  • Windcharger Keychain (2001)
  • Alternators Windcharger
  • Cybertron Swerve