Wilhelm Emil Fein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wilhelm Emil Fein

Wilhelm Emil Fein merupakan seorang ilmuan asal Jerman dan pendiri dari organisasi bernama Fein.[1] Fein berhasil menciptakan alat pengebor elektronik. Fein lahir pada [[16 Januari 1842]] di Ludwigsburg dan meninggal pada [[6 Oktober 1898]] di Stuttgart.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

sejak kecil Fein telah menerima pendidikan khusus mengenai elktronika dari ayahnya. Pada usiannya yang ke -15 ia mempelajari mekanika di kota Stuttgart. Setelah itu ia mengerjakan banyak hal seperti penelitian dan pembelajaran secara langsung di beberapa bengkel terbaik di Karlsruhe, Göttingen, Berlin dan di London (bersama dengan Fisikawan Ch. Wheatstone).

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1867 ia mendirikan perusahaan sendiri di Karlsruhe dan membangun mesin dinamo. Kemudian pada tahun 1875 Fein membangun alarm kebakaran listrik pertama. Setelah itu pada tahun 1885,[2] Fein berhasil menemukan telepon lapangan portabel pertama. Fein menjadi sangat tertarik dengan telepon sehingga pada tahun 1884 ia mendirikan sentral telepon pertama di Barcelona serta pada tahun 1892 operan telepon pertama disiarkan dari Hoftheater di Stuttgart. Pada awal tahun 1892, Fein juga membangun drive listrik individual untuk mesin perkakas dan tekstil untuk tujuan pameran, melihat hal ini,Fein menyadari pentingnya drive tunggal listrik jauh sebelum orang - orang di masanya.

Puncak kesuksesannya ialah ketika Fein berhasil menciptakan bor listrik pertama di dunia pada tahun 1895.Hal ini mulai berkembang menjadi alat listrik yang menjadi penolong penting bagi begitu banyak industri, kerajinan, rumah tangga, dan medis (kedokteran gigi).

Fein juga aktif dalam bidang literatur untuk bidang yang ditekuninnya.[3] Fein banyak menulis artikel di jurnal profesional,serta menggambarkan programproduksinya sendiri dalam karya masanya sebagai buku teks: "Peralatan, Mesin dan Fasilitas Listrik", 1888 (Porträt).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ LLC, Revolvy,. ""Wilhelm Emil Fein" on Revolvy.com". www.revolvy.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-05. 
  2. ^ Schörle, Eckart.2012.Berühmte Schwaben.München: Sutton Verlag GmbH .halaman 87
  3. ^ Biographie, Deutsche. "Fein, Emil - Deutsche Biographie". www.deutsche-biographie.de (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 2017-11-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

https://www.deutsche-biographie.de/sfz15719.html#ndbcontent

https://www.revolvy.com/main/index.php?s=Wilhelm%20Emil%20Fein&item_type=topic