Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal/Usulan/2020/Periode 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penjadwalan artikel pilihan periode ke-4
Periode pengusulan: 1 Februari 2020—15 Februari 2020
Periode pemungutan suara: 16 Februari 2020—1 Maret 2020
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

13 2020

23 Maret 2020 s.d. 29 Maret 2020

Batu Rosetta

Batu Rosetta adalah sebuah prasasti bertulisan Mesir Kuno yang pertama ditemukan pada zaman modern. Batu hitam besar ini pertama kali ditemukan pada 1799 dan mengandung tiga versi dari sebuah maklumat atas nama Raja Ptolemaios V. Ketiga versi ini masing-masing ditulis dalam Bahasa Mesir Kuno beraksara hieroglif, Bahasa Mesir Kuno beraksara demotik, dan bahasa Yunani Kuno. Karena redaksi maklumat ini hampir sama dalam ketiga versi bahasa dan tulisan, Batu Rosetta pun dimanfaatkan sebagai kunci penerjemahan aksara hieroglif Mesir, yang pada akhirnya meluaskan wawasan mengenai sejarah kuno Mesir. Batu ini awalnya ditemukan dekat kota Rasyid (Rosetta) oleh pasukan Napoleon yang melakukan ekspedisi militer di Mesir. Saat Prancis dikalahkan Britania, batu ini diserahkan dan dibawa ke London. Hingga kini, batu ini dipajang di British Museum dan merupakan obyek dengan pengunjung terbanyak di museum tersebut. (Selengkapnya...)

Alasan: tidak terkait tanggal manapun. Artikel sudah ditinjau akademis (en) dan diluluskan dengan sistem AP baru (id). Lumayan untuk variasi topik karena perannya untuk penerjemahan aksara hieroglif cukup unik. HaEr48 (bicara) 1 Februari 2020 22.23 (UTC)[balas]

14 2020

30 Maret 2020 s.d. 5 April 2020

Potret Diri, 1887

Vincent van Gogh adalah seorang pelukis pascaimpresionis Belanda yang menjadi salah satu tokoh paling terkenal dan berpengaruh dalam sejarah seni di Barat. Dalam waktu lebih dari satu dasawarsa, ia menciptakan kurang lebih 2.100 karya seni, termasuk sekitar 860 lukisan minyak yang kebanyakan dibuat selama dua tahun terakhir kehidupannya. Karya-karya tersebut meliputi lukisan bentang alam, alam benda, potret, dan potret diri, dan memiliki ciri khas berupa warna yang tebal dan dramatis serta goresan kuas yang impulsif dan ekspresif. Van Gogh bukanlah seorang seniman yang sukses pada masa hidupnya dan dianggap sebagai orang gila. Ia menjadi terkenal setelah ia bunuh diri, dan tampil dalam khayalan publik sebagai seorang jenius yang disalahpahami dan "tempat bertemunya kegilaan dengan kreativitas". Reputasinya mulai bertumbuh pada awal abad ke-20 karena unsur-unsur gaya lukisnya digunakan oleh seniman ekspresionis Jerman dan Fauvis. Dalam beberapa dasawarsa berikutnya, ia meraih kesuksesan dari segi popularitas, komersial, dan kritik, dan namanya diingat sebagai seorang pelukis yang penting namun berakhir tragis, dan kepribadiannya yang bermasalah melambangkan idealisme romantik akan seorang seniman yang tersiksa. (Selengkapnya...)

Alasan: Bertepatan dengan tanggal kelahirannya (30 Maret) --Glorious Engine (bicara) 1 Februari 2020 08.35 (UTC)[balas]

Poster

Srigala Item (juga dipasarkan dengan judul Belanda De Zwarte Wolf) adalah film Hindia Belanda tahun 1941 yang disutradarai Tan Tjoei Hock dan diproduseri The Teng Chun untuk Action Film. Dibintangi Hadidjah, Mohammad Mochtar, dan Tan Tjeng Bok, alur film ini (terinspirasi oleh Zorro) mengisahkan seorang pemuda yang menjadi penghakim bertopeng yang hendak balas dendam terhadap pamannya. Srigala Item sukses di pasaran yang menurut Misbach Yusa Biran disebabkan oleh alur eskapismenya. Salinan film hitam putih yang memakai musik keroncong ini disimpan dit Sinematek Indonesia. (Selengkapnya...)

Alasan: Bertepatan dengan Hari Film Nasional (30 Maret), utamakan artikel yang belum pernah tayang.  Mimihitam  1 Februari 2020 10.37 (UTC)[balas]

15 2020

6 April 2020 s.d. 12 April 2020

Tulisan karya Epifanius dari Salamis, Panarion, merupakan sumber utama mengenai Injil orang Ebionit.

Injil orang Ebionit merupakan nama konvensional yang diberikan oleh para ahli kepada sebuah naskah apokrifa Perjanjian Baru yang hanya terlestarikan dalam tujuh kutipan singkat dalam Panarion, tulisan mengenai ajaran-ajaran sesat karya Epifanius dari Salamis. Ada ahli modern yang menganggap Epifanius keliru menafsirkan naskah itu sebagai "Injil orang Ibrani", yang diyakininya sebagai versi yang disingkat dan diubah dari Injil Matius. Kutipan-kutipan itu termaktub dalam suatu polemik yang menjabarkan ketidaksesuaian ajaran dan praktik sekte Kristen Yahudi yang dikenal sebagai kaum Ebionit, jika dibandingkan dengan ajaran yang didasarkan dari Kredo Nikea. (Selengkapnya...)

Alasan: Bertepatan dengan tanggal Wafat Isa Almasih (10 April) --Glorious Engine (bicara) 1 Februari 2020 08.37 (UTC)[balas]


16 2020

13 April 2020 s.d. 19 April 2020

Surya Vergina

Makedonia adalah sebuah kerajaan kuno yang terletak di pinggiran Yunani pada masa Arkais dan Klasik, dan kemudian menjadi negara yang dominan di Yunani pada masa Helenistik. Kerajaan ini dibentuk oleh Dinasti Argeadai, tetapi dalam sejarahnya juga pernah dikuasai oleh Dinasti Antipatridai dan Antigonidai. Kerajaan tempat tinggal orang Makedonia Kuno ini mula-mula berpusat di bagian timur laut Semenanjung Yunani, yang berbatasan dengan Epiros di barat, Paionia di utara, Trakia di timur, dan Tesalia di selatan. (Selengkapnya...)