Bahasa Mesir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bahasa Mesir
r n km.t
r
Z1
n km m t
O49
Dituturkan di Mesir kuno
Punah berkembang menjadi bahasa Demotik pada tahun 600 SM, ke Koptik pada tahun 200 M, dan telah punah (tidak diucapkan sebagai bahasa sehari-hari) pada abad ke-17. Hal ini dapat bertahan sebagai bahasa liturgis Gereja Katolik Koptik.
Rumpun bahasa
Afroasiatik
  • Bahasa Mesir
Sistem penulisan Hieroglif Mesir, hieroglif kursif, hieratik, demotik dan Koptik (kemudian, kadang-kadang dalam huruf Arab terjemahan pemerintah)
Kode-kode bahasa
ISO 639-2 egy
ISO 639-3 Either:
egy – Bahasa Mesir
cop – Bahasa Koptik
Linguasphere 11-AAA-a
[[File:
Papirus Ebers merinci pengobatan asma.
|300px]]
 

Bahasa Mesir adalah bahasa Afro-Asia yang sangat erat hubungannya dengan bahasa Berber, bahasa Semit, dan bahasa Beja. Bahasa ini bertahan sampai abad ke-5 Masehi dalam bentuk bahasa Demotik dan sampai abad ke-17 Masehi dalam bentuk bahasa Koptik. Catatan tertulis dengan bahasa Mesir dari tahun 3200 SM, membuatnya menjadi bahasa tertua yang ditulis. Bahasa nasional Mesir saat ini adalah bahasa Arab, yang menggantikan bahasa Koptik secara bertahap sebagai bahasa sehari-hari selama berabad-abad setelah penaklukan Islam atas Mesir. Koptik masih digunakan sebagai bahasa liturgi oleh Gereja Ortodoks Koptik dan Gereja Katolik Koptik, serta menjadi bahasa ibu untuk sejumlah orang.

Misteri Bahasa Mesir Kuno[sunting | sunting sumber]

Bahasa Mesir Kuno baru dapat dibaca di abad modern setelah ditemukannya sebuah prasasti perjanjian yang disebut dengan Batu Rosetta. Batu ini ditulis dengan bahasa Yunani Kuno, bahasa hieroglif, dan demotik. Bahasa demotik sendiri memiliki bentuk yang lebih sederhana dari hieroglif. Setelah Kerajaan Mesir Kuno runtuh, maka tidak ada yang dapat membaca huruf-huruf hieroglif, sehingga bahasa Mesir ini merupakan suatu "teka-teki" yang sulit dipecahkan. Sejak adanya batu Rosetta, sekarang bahasa Mesir kuno dapat dianalisa.

Periodisasi[sunting | sunting sumber]

Para ahli membagi bahasa Mesir ke dalam enam tahap:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]