Bahasa Mesir Pertengahan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bahasa Mesir Pertengahan merupakan bentuk khusus dari bahasa Mesir yang digunakan sejak tahun 2000 SM sampai 1300 SM (setelah bahasa Mesir Lama dan sebelum bahasa Mesir Akhir).

Walaupun telah berkembang menjadi bahasa Mesir Akhir sejak abad ke-14 SM, bahasa Mesir Pertengahan tetap digunakan sebagai bahasa baku sampai abad ke-4 M. Karena itu, bahasa ini adalah varian klasik dari bahasa Mesir yang secara historis menarik paling banyak perhatian dari Egyptologi

Kemajuan pemahaman mengenai bahasa Mesir Pertengahan merupakan hasil usaha dari Adolf Erman dan "sekolah Berlin" miliknya. Erman juga menerbitkan tata bahasa Mesir Pertengahan pada tahun 1894, dilanjutkan pada tahun 1927 oleh karya besar Alan H. Gardiner.

Sejak pertengahan abad ke-20, para Egyptologis menganggap bahwa pemahaman mereka mengenai bahasa Mesir Pertengahan telah lengkap, dan mulai berfokus pada bahasa Mesir Lama, tapi perdebatan mengenai tata bahasa Mesir Pertengahan akhirnya dihidupkan kembali oleh Hans J. Polotsky dan "teori standar"-nya sejak tahun 1944.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • A. H. Gardiner: Egyptian Grammar, Oxford, 1927, 3rd ed. 1957.