Valparaíso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Letak Valparaíso di Chili
Permukiman Bersejarah Kota Pelabuhan Valparaíso
Rumah-rumah di Valparaíso
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara  Chili
Tipe Budaya
Kriteria iii
Nomor identifikasi 959
Kawasan UNESCO Amerika Latin dan Karibia
Tahun pengukuhan 2003 (sesi ke-27)

Valparaíso merupakan nama kota di Chili. Letaknya di bagian tengah. Tepatnya di Region Valparaíso. Pada tahun 2005, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 275.982 jiwa. Valparaíso merupakan salah satu pelabuhan laut terpenting di Chili dan pusat budaya di Pasifik Barat Daya. Walaupun Santiago adalah ibukota resmi Chili, Valparaíso menjadi tempat kedudukan Kongres Nasional.

Valparaíso memainkan peranan geopolitik penting di paruh terakhir abad ke-19, saat kota ini menjadi persinggahan utama untuk kapal yang melaut antara Samudera Pasifik dan Atlantik dengan melintasi Selat Magellan. Selalu menjadi magnet bagi imigran Eropa, Valparaíso berkembang selama zaman kejayaannya, pada saat dikenal oleh pelayar internasional sebagai "San Francisco Kecil" dan "Permata Pasifik".

Contoh kejayaan masa lalu Valparaíso termasuk bursa saham tertua di Amerika Latin, pemadam kebakaran pertama di benua itu, perpustakaan umum pertama di Chili, dan surat kabar berbahasa Spanyol tertua yang masih beroperasi di dunia. Pembukaan Terusan Panama dan berkurangnya lalu lintas kapal membuat Valparaíso sempoyongan, meskipun kota itu sedang bangkit pada tahun-tahun sekarang.

Meskipun San Antonio telah mengambil peran pelabuhan paling komersial di seantero negeri, Valparaíso tetap menjadi pusat budaya Chili, dan Valparaíso Raya (termasuk Valparaíso, Vina del Mar, Quilpué dan Villa Alemana) memiliki konsentrasi penduduk terbesar ke-3 di Chili setelah Santiago Raya dan Concepción Raya.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]