Universitas Cordova

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Cordova
Lambang Universitas Cordova
MotoMencetak Calon Pemimpin, Cendikiawan dan Wiraswastawan
Moto dalam bahasa Inggris
Fostering Future Leaders, Intellectuals and Entrepreneurs
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan1 Februari 2004; 20 tahun lalu (2004-02-01)
Lembaga induk
Yayasan Wakaf Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang, Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang
RektorDr. K.H. Lalu Zulkifli Muhadli, B.A, S.H., M.M.
Jumlah mahasiswa1.422 (2024)[1]
Lokasi,
Indonesia

Koordinat: 8°45′35″S 116°51′50″E / 8.759586°S 116.863849°E / -8.759586; 116.863849
KampusJl. Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang
WarnaHijau  
AfiliasiBAN PT[2], LLDikti Wilayah VIII[3]
Situs webwww.undova.ac.id
Logo Universitas Indonesia
Logo Universitas Cordova dan Motto

Universitas Cordova adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Sejarah[4][sunting | sunting sumber]

Universitas Cordova (UNDOVA) dideklarasikan pendiriannya oleh Pimpinan Yayasan Wakaf Pondok Pesanteren Al-Ikhlas Taliwang (sebagai Amanat Akta Notaris Yayasan Wakaf Pondok Pesantren Al-Ikhlas Nomor 12 Tahun 2000) yang didukung oleh Pemerintah Daerah, DPRD dan Perusahaan Swasta yang beroperasi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada tanggal 10 Dzulhijjah 1424 H atau bertepatan dengan tanggal 1 Februari 2004 M.

Pemerintah Daerah dan DPRD, serta beberapa Perusahaan Swasta yang beroperasi di KSB, telah menyatakan kesediaannya untuk mendukung pembangunan dan operasional UNDOVA. Selain itu, pembangunan dan operasional UNDOVA didukung pula oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia yang dijalin melalui hubungan kerjasama antar Perguruan Tinggi.  

Universitas Cordova yang berkedudukan di Taliwang KSB Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di bawah pembinaan dan pengawasan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VIII. UNDOVA beroperasi dengan Ijin Pendirian Perguruan Tinggi dan Penyelenggaraan Program-program Studi berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 78/D/O/2009, Tanggal 17 Juni 2009. Saat ini, secara institusi Universitas Cordova telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat Akreditasi Baik berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor No. 265/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2021.

Sekilas tentang Nama Cordova[4][sunting | sunting sumber]

Tahun 711 M, pada masa Dinasti Umayyah di bawah pemerintahan Walid bin Abdul Malik (Al-Walid I) dengan pusat pemerintahannya di Damskus, Gubernur Afrika Utara ketika itu (Musa bin Nusair) menurunkan komando kepada Thariq bin Ziad untuk membuka Spanyol. Thariq bin Ziad dan pasukannya berhasil mendarat di pantai selatan Spanyol. Ketika mengetahui besar dan kuatnya pasukan Spanyol, Thariq bin Ziad segera membakar kapal-kapalnya, sehingga pasukan Islam yang dipimpinnya tidak punya kesempatan untuk lari dan kembali ke Afrika Utara. Dengan penuh semangat jihad, akhirnya pasukan Islam berhasil mengalahkan pasukan Spanyol dan berhasil memasuki daerah Toledo, Seville, Malaga, dan Cordova, sehingga Spanyol menjadi negara bagian kekuasaan Islam yang beribukota di Toledo.

Ketika pada tahun 750 M terjadi pergantian pemerintahan di pusat kekuasaan Islam dari Dinasti Umayyah ke Dinasti Abbasiyah, maka Dinasti Abbasiyah memindahkan ibokotanya dari Damaskus ke Bagdad, sedang Dinasti Umayyah mempertahankan kekuasaannya di Spanyol dan memindahkan ibukotanya dari Toledo ke Cordova. Cordova mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Abdurrahman III (912-961 M) dan Al-Hakam II (961-976 M). Cordova menjadi salah satu dari dua cahaya dunia ketika itu bersama Bagdad, yang menjadi pusat kemajuan dunia di bidang IPTEK dengan lembaga pendidikan tingginya bernama Universitas Cordova.[5]

Pada masa pemerintahannya, Al-Hakam II mendirikan 27 buah sekolah swasta di Cordova, selain terdapat pula 70 perpustakaan dan banyak toko buku. Di belahan timur kota itu, terdapat 170 wanita yang berprofesi sebagai penulis kitab suci Al-Qur’an dengan huruf Kufi yang indah. Selain itu, terdapat pula 80 buah sekolah gratis yang diperuntukan bagi anak-anak fakir miskin.    

Kejayaan Cordova dengan lembaga pendidikan tingginya Universitas Cordova tersebut, diharapkan dapat menjadi sugesti dan pemompa semangat perjuangan bagi Pengelola dan semua Sivitas Akademika UNDOVA Sumbawa Barat-Indonesia dalam memberikan pelayanan jasa pendidikan tinggi kepada masyarakat. Seraya mengharapkan lindungan, rahmat dan ridho Allah SWT, Pengelola UNDOVA optimis mampu menghasilkan sumberdaya Insani yang berkualitas IPTEK tinggi dengan IMTAQ yang mantap di Kabupaten Sumbawa Barat dan Provinsi NTB, serta Indonesia dan dunia internasional umumnya.

Atribut Identitas[sunting | sunting sumber]

Lambang[sunting | sunting sumber]

UNDOVA memiliki lambang berbentuk “Bintang Delapan” dengan warna bendera merah-hijau-putih dikelilingi warna kuning keemasan. Di tengahnya bertuliskan Ahad (dalam huruf Arab). Di bagian bawah bertuliskan UNIVERSITAS CORDOVA, seperti pada Gambar di bawah ini:

Lambang Universitas Cordova

Makna dari setiap komponen yang ada pada Lambang UNDOVA tersebut sebagai berikut:

  • Bintang Delapan, mengandung makna sebagai berikut:
    • Keputusan sidang Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang merupakan organisasi negara-negara berpenduduk mayoritas muslim, menetapkan lambang utama umat Islam adalah “bintang delapan”, sedangkan lambang bulan-bintang dijadikan lambang pendamping.
    • Bintang delapan dipilih karena menyimbolkan universalitas Islam, baik ajaran maupun umatnya, dengan demikian UNDOVA merupakan bagian tak terpisahkan dari umat Islam se-dunia, selain juga menyimbolkan keseimbangan.
    • Warna kuning keemasan mengitari bintang delapan melambangkan cita-cita luhur merebut kembali kejayaan Islam di masa mendatang, dan untuk itu UNDOVA mengambil peran aktif bersama umat Islam lainnya sedunia.
  • Bendera Merah-Hijau-Putih
    • Bendera yang digunakan oleh Pondok Moderen Gontor dan seluruh Pondok Pesanteren Alumni Gontor se-Indonesia yang jumlahnya mencapai ratusan buah. Penggunaan bendera tersebut melambangkan UNDOVA berada di barisan Gontor dalam perjuangan umat Islam melalui jalur pendidikan.
  • Segitiga bertuliskan Ahad (bahasa Arab), mengandung makna sebagai berikut:
    • Logo Utama Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang, dimana Ahad (berarti satu/esa) adalah ungkapan tauhid, inti aqidah Islam yang amat tegas diungkapkan dalam surat Al-Ikhlas.
    • Segitiga menyimbolkan keterpaduan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang, yang memiliki banyak arti: iman, ilmu dan amal; iman, islam dan ihsan; ulul amri, ulul albab dan ulul amwal; kognitif, afektif dan psikomotorik; serta pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi).
  • Tulisan UNIVERSITAS CORDOVA Setengah Lingkaran Menghadap ke Bawah, mengandung makna sebagai berikut:
    • Merupakan bentuk Qubah, salah satu simbul umat Islam yang sering dikonotasikan dengan masjid yang banyak menggunakan bentuk qubah pada atap, pintu, jendela dan lain-lainnya.
    • Warna putih dari tulisan menyimbolkan keikhlasan perjuangan menuju mardhatillah.
  • Tulisan UNIVERSITAS CORDOVA, yang berwarna hitam menyimbolkan keteguhan, kemantapan, selain menunjukkan warna tanah, yaitu Indonesia sebagai tempat kelahiran dan berkembangnya UNDOVA Indonesia.

Jaket Almamater[sunting | sunting sumber]

Jaket almamater UNDOVA berwarna dasar biru dengan bergambar lambang UNDOVA yang dibuat dengan bordir dan ditempel di dada sebelah kiri. Jaket Almamater UNDOVA digunakan pada acara protokoler universitas, dan dipakai oleh para petinggi universitas.

Lagu[sunting | sunting sumber]

Dua lagu yang dijadikan lagu wajib di Universitas Cordova berjudul Hymne UNDOVA[6] dan Mars UNDOVA[7]. Lagu-lagu ini biasa dinyanyikan pada acara-acara resmi universitas, penyambutan mahasiswa baru, dan wisuda. Kedua lagu wajib ini diciptakan oleh Amir Ma'ruf Husein dan Roy Marhandra. Hymne UNDOVA mengandung syair untuk mengawali pagi dengan penuh semangat, siap bekerja dengan penuh keikhlasan, bersatu untuk menunaikan perintah Allah SWT. sebagai manusia pilihan, bercita-cita dan berkarya dalam bingkai UNDOVA, dan di bawah naungan Pondok Pesantren AliIkhlas untuk mewujudkan cita-cita mulia yaitu membangun Peradaban Fitrah. Sedangkan Mars UNDOVA, kandungan syairnya adalah semangat membangun jiwa raga disertai dengan niat tulus karena Allah SWT., serta terinspirasi dari semangat Thariq Bin Ziad, terus berjuang membangun UNDOVA dengan menjunjung tinggi kalimat Allah, al-Islam ya'lu wala yu'la alaih.

Kultur Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Dalam upaya melaksanakan dan mencapai hasil pendidikan yang komprehensif, UNDOVA mempertimbangkan kultur yang melingkupi kehidupan mahasiswa selama menjalankan pendidikan, baik berupa kultur ilmiah maupun kultur islamiyah.

Kultur Ilmiah[sunting | sunting sumber]

Kultur ilmiah yang harus diwujudkan di UNDOVA adalah memperbanyak kuantitas dan kualitas penalaran, penelitian, karya nyata dan pengabdian pada masyarakat. Ekspresi harapan dan tanggung jawab mahasiswa terhadap kemajuan wilayah dan masyarakatnya, disalurkan melalui forum-forum yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, sehingga mahasiswa tidak identik dengan unjuk rasa atau demonstrasi yang cenderung anarkhis.

Kultur Islamiyah[sunting | sunting sumber]

Mahasiswa UNDOVA harus berani menunjukkan jati dirinya sebagai generasi muda Islam yang mampu menguasai dan mengembangkan IPTEKS dengan IMTAQ yang mantap. Untuk mewujudkan kultur Islamiyah tersebut, maka ditetapkan beberapa ketentuan sebagai berikut:

  1. Jadwal perkuliahan disesuaikan dengan waktu shalat, sehingga semua mahasiswa yang tidak memiliki halangan syar’i diwajibkan mengikuti shalat berjamaah di Masjid Kampus UNDOVA.
  2. Mahasiswa diharuskan berpakaian rapi sesuai dengan tata nilai dan ajaran Islam, yaitu baju kemeja untuk pria, serta pakaian berjilbab bagi wanita. 
  3. Mahasiswa tidak diperkenankan merokok, mengkonsumsi makanan dan minuman beralkohol atau haram di lingkungan Kampus.             
  4. Kegiatan sosial dan muamalah di kampus harus berlandaskan tata nilai dan ajaran Islam.
  5. Komunikasi antara mahasiswa dengan Dosen dan antar sesama mahasiswa harus menggunakan Bahasa Indonesia, dan sangat dianjurkan untuk menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Organisasi dan Tata Kelola[sunting | sunting sumber]

Universitas Cordova adalah perguruan tinggi swasta satu-satunya di Kabupaten Sumbawa Barat berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 78/D/O/2009, Tanggal 17 Juni 2009. Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Cordova Nomor 148/U08/DT/2023 tentang Organisasi Universitas Cordova Periode 2023-2026 tanggal 12 Juni 2023 terdapat organ-organ universitas yang terdiri atas:

Konsultan Ahli/Dewan Penyantun[sunting | sunting sumber]

  1. H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D.
  2. Komjen Pol. (Purn) Dr. Drs. H. Syafruddin, M.Si.
  3. Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A.
  4. Prof. Dr. K.H. M. Din Syamsuddin, M.A.
  5. H. Romo Nitiyudo Wachjo
  6. Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA.
  7. H. Khalid Bawazier
  8. Achmad Zaky, S.T.

Pimpinan Universitas[sunting | sunting sumber]

Pimpinan Universitas atau biasa desebut Rektorat adalah bagian yang vital dan esensial bagi manajemen UNDOVA. Pimpinan Universitas terdiri atas: Rektor yang dibantu oleh 4 (empat) orang Wakil Rektor yang masing-masing menjalankan fungsinya sebagai berikut: (1) Wakil Rektor I: Bidang Akademik, Keislaman dan Kepesantrenan; (2) Wakil Rektor II (Ex Officio Ketua Komite Anggaran): Bidang Administrasi Umum, Kepegawaian dan Keuangan; (3) Wakil Rektor III (Ex Officio Ketua Komite Perencanaan): Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengabdian kepada Masyarakat; dan (4) Wakil Rektor IV: Bidang Kerjasama, Riset dan Inovasi.

Pimpinan Universitas dalam pelaksanaan tugas-tugasnya dibantu oleh Sekretaris Universitas dan Penunjang Pimpinan yang terbagi dalam 2 (dua) Komite: (1) Komite Perencanaan, diketuai oleh 1 (satu) orang yang beranggotakan 8 (delapan) orang; dan (2) Komite Anggaran yang diketuai oleh 1 (satu) yang beranggotakan 4 (empat) orang.

Pelaksana Administrasi[sunting | sunting sumber]

Pelaksana administrasi di UNDOVA terdiri atas:

PELAKSANA ADMINISTRASI
No Biro/Departemen Bagian
1 Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAAKK) Bagian Administrasi Akademik, Bagian Administrasi Kemahasiswaan, Bagian Kerjasama
2 Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK) Bagian Administrasi Keuangan, Bagian Administrasi Aset dan Bagian Administrasi Kepegawaian

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah fakultas-fakultas dan program studi yang ada di UNDOVA. Fakultas di UNDOVA merupakan pelaksana akademik. Program Studi adalah level terendah dari struktur organisasi.

Fakultas Universitas Cordova
Fakultas Tanggal Pendirian Program Studi Program
Fakultas Ekonomi dan Bisnis 17 Juni 2009 Ekonomi Pembangunan Sarjana
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 17 Juni 2009 Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris Sarjana
Fakultas Pertanian dan Perikanan 17 Juni 2009 Agribisnis, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Sarjana
Fakultas Teknik dan Komputer 17 Juni 2009 Teknik Informatika, Teknik Pertambangan, Teknik Industri, Teknik Sipil Sarjana
Fakultas Ilmu Sosial, Politik dan Hukum 17 Juni 2009 Ilmu Pemerintahan Sarjana

Penunjang Akademik[sunting | sunting sumber]

Untuk menunjang pelaksanaan akademik, UNDOVA memiliki 6 Departemen. Setiap entitas menjalankan fungsinya masing-masing yaitu sebagai unsur penunjang akademik.

Fakultas Universitas Cordova
Departemen Bagian
Departemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Penelitian, Bidang Publikasi dan Perpustakaan, Bidang Pengabdian kepada Masyarakat
Departemen Amaliyah Islam dan Kepesantrenan Pengasuhan Asrama Putra, Pengasuhan Asrama Putri
Departemen Penjaminan Mutu Bidang Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal, Bidang Audit dan Pengendalian Mutu
Departemen Pengembangan Bahasa Bidang Pengembangan Bahasa Asing, Bidang Pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia
Departemen Pengembangan Teknologi dan Informatika Bidang Riset dan Inovasi, Bidang Workshop dan Laboratorium
Departemen Pengembangan Karir, Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Sekretaris Departemen

Senat Universitas[sunting | sunting sumber]

Senat Universitas adalah senat akademik yang ada di Universitas Cordova. Lembaga ini merupakan badan normatif tertinggi di universitas dalam bidang akademik yang terdiri dari rektor, para dekan fakultas, para guru besar yang diangkat dan dipilih oleh rektor. Secara struktural, Senat Universitas terdiri atas unsur pimpinan, wakil fakultas, dan anggota ex Officio, yaitu rektor, wakil rektor dan para dekan fakultas. Ketua Senat Universitas saat ini dijabat oleh K.H. Amir Ma'ruf Husein, S.Pd.I., M.M. dan sekretaris Junaidi Efendi, S.T., M.T.

Akademik[sunting | sunting sumber]

Penerimaan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Proses penerimaan mahasiswa UNDOVA setiap tahunya dilaksanakan melalui beberapa jalur, di antaranya Jalur Prestasi, Jalur Pondok Pesantren, Jalur Reguler, Jalur Reguler Sore, Jalur Kerjasama dan Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Pendaftaran mahasiswa bisa dilakukan secara online dan juga secara offline (hybrid).[8]

Jumlah peminat pada setiap jalur penerimaan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Adapun jumlah kuota yang tersedia dalam tiap program studi cenderung tidak berbeda jauh, sehingga selektivitas menjadi cenderung lebih kompetitif dan ini terlihat dari naiknya nilai rasio pendaftar dibanding penerimaan.

Jenjang Pendidikan dan Program Studi[sunting | sunting sumber]

Program studi yang ditawarkan oleh Universitas Cordova meliputi jenjang pendidikan dengan tingkatan berdasarkan acuan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yaitu Pendidikan Akademik Jenjang Sarjana S1 (KKNI Level 6)

Program Pendidikan Sarjana[sunting | sunting sumber]

Program sarjana adalah program pendidikan lanjutan yang diarahkan pada lulusan yang memiliki kualifikasi menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang ilmu tertentu; mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang ilmunya; mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni. Dalam penjenjangan KKNI, pendidikan sarjana berada pada level 6.

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
    • Ekonomi Pembangunan
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
    • Pendidikan Bahasa Inggris
    • Pendidikan Biologi
  • Fakultas Pertanian dan Perikanan (FPP)
    • Agribisnis
    • Pemanfataan Sumberdaya Perikanan
  • Fakultas Teknik dan Komputer (FTKOM)
    • Teknik Informatika
    • Teknik Pertambangan
    • Teknik Industri
    • Teknik Sipil
  • Fakultas Ilmu Sosial, Politik dan Hukum (FISIPKUM)
    • Ilmu Pemerintahan

Akreditasi[sunting | sunting sumber]

Universitas Cordova telah mendapatkan Akreditasi Institusi Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2021 (Surat Keputusan BAN-PT Nomor 265/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2021[9][10]). Adapun status akreditasi setiap Program Studi adalah sebagai berikut:

No Program Studi Fakultas Nomor Surat Keputusan Tanggal, Tahun Berlaku Tanggal, Tahun Kadaluarsa Peringkat
1 Agribisnis Fakultas Pertanian dan Perikanan 27/SK/BAN-PT/Ak.S/S/I/2024[11] 2024 Sampai dengan diterbitkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang baru dan definitif Baik
2 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Pertanian dan Perikanan 1848/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2021[12][13] 6 April 2021 6 April 2026 Baik
3 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1124/DE/A.5/AR.10/III/2024[14][15] 28 Maret 2024 28 Maret 2029 Baik
4 Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 1147/SK/LAMDIK/Ak/S/XI/2023[16] 5 September 2023 4 September 2028 Baik Sekali
5 Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 190/SK/LAMDIK/Ak/S/III/2024[17] 20 Desember 2024 19 Desember 2028 Baik Sekali
6 Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Komputer 3895/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2022[18][19] 27 Juni 2022 27 Juni 2027 Baik
7 Teknik Pertambangan Fakultas Teknik dan Komputer 0237/SK/LAM Teknik/AS/XII/2022[20] 21 Desember 2022 20 Desember 2027 Baik
8 Teknik Industri Fakultas Teknik dan Komputer 10810/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2021[21][22] 14 September 2021 14 September 2026 Baik
9 Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Komputer 13576/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2021[23][24] 22 Desember 2021 22 Desember 2026 Baik
10 Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial, Politik dan Hukum 4820/SK/BAN-PT/Ak/S/XI/2023[25][26] 21 November 2023 21 November 2028 Baik

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Kerjasama Dalam Negeri[sunting | sunting sumber]

KERJASAMA DALAM NEGERI
No Mitra Kerjasama Tanggal Mulai Tanggal Berakhir Ruang Lingkup Jenis
1 Universitas Darussalam Gontor 4 April 2021 4 April 2026 Pembinaan dan Pengembangan Universitas Pesantren MoA (Memorandung of Agreement)
2 Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Mataram 11 Juni 2021 11 Juni 2026 Tri Dharma Perguruan Tinggi Perjanjian Kerjasama
3 Universitas Muhammadiyah Mataram 30 Maret 2022 30 Maret 2027 Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

[27]

Perjanjian Kerjasama
4 Universitas Mercu Buana 2 Mei 2022 2 Mei 2026 Program Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat MoU (Memorandum of Understanding)
5 Fakultas Pertanian Universitas Mataram 20 Mei 2022 20 Mei 2026 Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

[28]

Perjanjian Kerjasama
6 Program Studi D3 Teknik Pertambangan Fakultas Sains, Teknik dan Terapan Universitas Pendidikan Mandalika 4 Juni 2022 4 Juni 2026 Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Perjanjian Kerjasama
7 Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram 6 Desember 2022 6 Desember 2026 Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)[29] Perjanjian Kerjasama
8 Program Studi Angroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Nasional 20 Desember 2022 20 Desember 2026 Kerjasama Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyakarat dalam Rangka Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)[29] Perjanjian Kerjasama
9 Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram 20 Desember 2022 20 Desember 2026 Pengembangan Kegiatan Bersama Antar Perguruan Tinggi, Memberikan Kesempatan Kepada Mahasiswa untuk Belajar di Luar Perguruan Tinggi dalam Rangka Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)[29] Perjanjian Kerjasama
10 Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tungga Dewi 20 Desember 2022 20 Desember 2026 Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Mendukung MBKM[29] Perjanjian Kerjasama
11 Fakultas Pertanian Universitas Nahdhatul Wathan Mataram 20 Desember 2022 20 Desember 2026 Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis Green Economy[29] Perjanjian Kerjasama
12 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP HAMZAR 30 Desember 2022 30 Desember 2026 Program Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Perjanjian Kerjasama
13 Universitas Mataram 11 Mei 2023 11 Mei 2028 Tri Dharma Perguruan Tinggi[30] MoU (Memorandum of Understanding)
14 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mataram 12 Mei 2023 12 Mei 2028 Program Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Perjanjian Kerjasama
15 Pascasarajana Universitas Mataram 16 Mei 2023 16 Mei 2028 Tri Dharma Perguruan Tinggi[31] Perjanjian Kerjasama
16 Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram 16 Mei 2023 16 Mei 2028 Tri Dharma Perguruan Tinggi di Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat[31] Perjanjian Kerjasama
17 Fakultas Pertanian Universitas Mataram 16 Mei 2023 16 Mei 2028 Tri Dharma Perguruan Tinggi di Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat[31] Perjanjian Kerjasama
18 Fakultas Teknik Universitas Mataram 17 Mei 2023 17 Mei 2028 Tri Dharma Perguruan Tinggi[31] Perjanjian Kerjasama
19 Perumnas Proyek Bali Nusa Tenggara 9 November 2023 9 November 2028 Tri Dharma Perguruan Tinggi, Magang Mahasiswa[32] MoU (Memorandum of Understanding)
20 Fakultas Teknik Universitas Samawa 9 November 2023 9 November 2024 Penyelenggaraan Kelas Kerjasama Program Studi Teknik Pertambangan[32][33] Perjanjian Kerjasama
21 Fakultas Hukum Universitas Samawa 9 November 2023 9 November 2024 Penyelenggaraan Kelas Kerjasama Program Studi Ilmu Hukum[32][33] Perjanjian Kerjasama
22 SMK Negeri 1 Taliwang 13 Februari 2020 13 Februari 2025 Pelaksanaan Praktikum, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Kemitraan, Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah, Praktik Kerja Lapangan dan Kuliah Tamu[34] Perjanjian Kerjasama
23 SMK Negeri 1 Brang Ene 14 Maret 2022 14 Maret 2026 Peningkatan Sumberdaya Manusia, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat[35] Perjanjian Kerjasama
24 Direktorat Jenderal Pajak Nusa Tenggara 11 Februari 2019 11 Februari 2024 Pembentukan Tax Center Universitas Cordova[36] Perjanjian Kerjasama
25 Pemerintahan Kabupaten Sumbawa Barat, LPPM Universitas Mataram 22 Mei 2023 22 Mei 2026 Penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pelatihan Penyusunan Domuken Paten dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Lainnya[37][38][39][40][41] Perjanjian Kerjasama
26 PT Pintar Pemenang Asia 16 November 2023 16 November 2024 Tri Dharma Perguruan Tinggi[42] Nota Kesepahaman
27 Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia 31 Januari 2024 31 Januari 2029 Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Dukungan Keahlian dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Dewan perwakilan Rakyat Republik Indonesia[43][44] Nota Kesepahaman
28 Pusat Perancangan Undang-Undang Bidang Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia Badan Keahlian Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia 31 Januari 2024 31 Januari 2027 Pelaksanaan Dukungan keahlian dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Dewan perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan Tri Dharma Perguruan Tinggi[43][44] Perjanjian Kerjasama
29 PT Medco Power Indonesia Pendirian Met Mast Wind Sumbawa[45] Perjanjian Kerjasama
30 Forum Pesantren Alumni Gontor 27 Maret 2024 27 Maret 2029 Pendidikan, Kelembagaan dan Sumberdaya Manusia[46] MoU (Memorandum of Understanding)

Kerjasama Internasional[sunting | sunting sumber]

KERJASAMA INTERNASIONAL
No Mitra Kerjasama Tanggal Mulai Tanggal Berakhir Ruang Lingkup Jenis
1 Universiti Teknologi Mara 5 September 2023 5 September 2026 On Friendship and Cooperation, Promotion of Mutual Understanding, Academic, Cultural and Scientific Thought and Personal Exchange[47][48] MoU (Memorandum of Understanding)
2 Brainy Bunch International Islamic Montessori Malaysia 6 September 2023 6 September 2028 Bidang Pendidikan[49] MoA (Memorandung of Agreement)
3 The Muslim Collage London United Kingdom 22 Januari 2024 22 Januari 2029 Tri Dharma Perguruan Tinggi,[50][51] International Community Service[50] MoU (Memorandum of Understanding), IA (Implementation Arrangement)
4 Management and Science University, Malaysia 26 Februari 2024 Tri Dharma Perguruan Tinggi[52] MoU (Memorandum of Understanding)
5 PUM Netherlands 22 Mei 2023 22 Mei 2026 Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Bisnis, Modernisasi Metodologi Pembelajaran (e-Learning, Practical Learning, Dual Learning, Problem Based Learning, Student-Centered Learning dan Competence Based Learning), Peningkatan Manajemen Mutu, Seminar atau Webinar dan Training of Trainer (ToT)[53] Perjanjian Kerjasama
6 The Association of British Muslims United Kingdom 20 Januari 2024 20 Januari 2029 Pengabdian dan Pendidikan[54] MoU (Memorandum of Understanding)
7 Programma Uitzending Managers (PUM) Netherlands Senior Ezperts 5 Februari 2024 5 Februari 2024 Penyelenggaran Seminar Internasional dengan Tema "Digital Transformation: Challenges and Strategies for Digital Transformation in Various Sectors to Realize Smart Society in Sumbawa Barat Regency IA (Implementation Arrangement)
8 Agro Eco Universum Ltd 6 Februari 2024 6 Februari 2029 Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Teknologi MoU (Memorandum of Understanding)

Riset dan Inovasi[sunting | sunting sumber]

Inovasi[sunting | sunting sumber]

Penelitian yang dilaksanakan oleh staf pendidik dan mahasiswa di UNDOVA telah memberi nilai tambah dalam lingkup akademik hingga menjadi jawaban permasalahan masyarakat secara luas. Inilah beberapa hasil riset dan inovasi yang dihasilkan oleh UNDOVA:

No Judul/Nama Produk Peneliti Manfaat Penghargaan/Keunggulan Luaran Foto Produk
1 Biobriket dari Campuran Rimpang Lotus dan Eceng Gondok yang Tumbuh di Danau Lebo Taliwang A. Rahman, S.Pd., M.Sc. Sebagai bahan bakar energi alternatif Juara 1 Lomba Penelitian Umum Eksakta yang diadakan oleh BRIDA Kabupaten Sumbawa Barat Produk
2 PKMS Pendampingan Dan Pelatihan Poklahsar Sinar Pagi Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Melalui Derivatisasi Rumput Laut Di Desa Labuhan Kertasari Andi Maria Ulfa, M.Pd., Amirul Hilmi, M.Sc., Ahdi Topan Sofyan, M.M., Junaidi Efendi, S.T., M.T. Meningkatkan keterampilan mitra dalam membuat biodegradable paper dari rumput laut; Mengembangkan eduwisata pengolahan rumput laut menjadi biodegradable paper/bioplastik Presenter terbaik dalam Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Publikasi hasil pengabdian dalam seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Universitas Ahmad Dahlan Tahun 2022[55]

Riset[sunting | sunting sumber]

No Judul Tim Penulis Tahun Akreditasi Jurnal[56]
1 Analysis of Gender Based Reading Interest Index for High School Students at West Sumbawa Regency in 2021[57] RDA Saputra, E Fatmalia 2022 Sinta 2
2 Efektifitas program & jaminan sosial pariri lansia terhadap kesejahteraan lansia di Kabupaten Sumbawa Barat[58] Amir Ma'ruf, Lidiawati, LSW Negara 2022 Sinta 4
3 Hasil Validasi Modul 6M Berbasis Project Based Learning untuk Peserta Didik SMA[59] F Rahmawati, H Hamdani 2021 Sinta 4
4 Training of learning video making on the equivalency programme at SPNF SKB Boto, West Sumbawa Regency[60] Hasanuddin, Puryadi, Jayadi, H Asgar, Amrussalam, J Efendi 2022 Sinta 4
5 Analisis True Customer Needs Produk Raja Menggunakan Model Kano Dan Quality Function Deployment Pada Umkm Tiu Ramata Di Kabupaten Sumbawa[61] Rahmawati, Amrussalam 2022 Sinta 4
6 Rancang Bangun Rest API Aplikasi Weshare sebagai Upaya Mempermudah Pelayanan Donasi Kemanusiaan[62] Hasanuddin, Hari Asgar, Budi Hartono 2022 Sinta 5
7 Muslim Perception on Zakat as A Tax Deduction in Indonesia[63] Husnul Khotimah 2022 Sinta 2
8 Following the Global Rejection: The Motives of Majelis Ulama Indonesia’s Fatwas on Ahmadiyah[64] Alnizar F. 2023 Scopus Q1
9 Pelatihan Pembuatan Pakan Hay Konsentrat dan Pakan Komplit Berbasis Bahan Baku Pakan Lokal untuk Mengatasi Krisis Pakan Amrussalam , Eko Supriastuti 2022 Sinta 5
10 Corporate Green Sukuk Issuance for Sustainable Financing in Indonesia Endri E 2022 Scopus Q3

Kehidupan Kampus[sunting | sunting sumber]

Ragam Kegiatan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Lembaga mahasiswa dan berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) menjadi ruang bagi pengembangan minat dan bakat mahasiswa di bidang akademik, kreativitas, seni, dan olah raga, seperti marching band, paduan suara, Sepak Bolabasket, voli, bela diri, pecinta alam, dan masih banyak lagi. Tak hanya sekedar menyalurkan minat dan bakat, aktivitas UKM di lingkungan UNDOVA  juga terus didorong untuk mengukir prestasi. Kami sangat bangga dengan berbagai capaian prestasi mahasiswa UNDOVA di tingkat regional, nasional maupun internasional. Kemenangan gemilang di berbagai kompetisi menunjukkan kualitas dan kompetensi mahasiswa UNDOVA untuk bisa dan siap bersaing secara global.

Fasilitas Kampus[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas kampus di UNDOVA disediakan untuk mendukung mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang terbaik selama menempuh studinya di UNDOVA. Didukung dengan Kampus Terpadu seluas lebih dari 10 hektar, kampus UNDOVA dirancang untuk menyatukan orang, tempat, dan program yang mendukung tumbuhnya interaksi yang positif baik di dalam maupun di luar kelas. UNDOVA memiliki puluhan fasilitas pendukung yang memastikan seluruh sivitas akademika, para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat dari UNDOVA yang memiliki visi mencetak calon pemimpin, cendikiawan dan wiraswastawan. Fasilitas-fasilitas pendukung ini dapat diakses oleh mahasiswa, alumni, serta masyarakat umum di Sumbawa Barat.

Alumni[sunting | sunting sumber]

UNDOVA telah menghasilkan Alumni sebanyak 1.309 orang. Alumni-alumni yang dihasilkan, beberapa di antaranya telah berkiprah dan menduduki jabatan-jabatan strategis, baik di Pemerintah Daerah, Swasta, maupun sebagai pengusaha. Sejumlah alumni telah melanjutkan studi pada jenjang Pasca Sarjana, di berbagai Perguruan Tinggi baik di NTB maupun di Luar NTB, dan bahkan Luar Negeri.

Alumni UNDOVA tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Cordova (tahun 2013-2023). Sedangkan pada tahun 2024 berubah nama menjadi Forum Komunikasi Alumni (Fokal) Universitas Cordova.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pangkalan Data Pendidikan Tinggi". 
  2. ^ "Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi". 
  3. ^ "Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII". 
  4. ^ a b "Sejarah Berdirinya Universitas Cordova". Diakses tanggal 22 April 2024. 
  5. ^ Website Universitas Cordova, 20 April 2024, https://undova.ac.id/
  6. ^ "Lirik Hymne UNDOVA". Diakses tanggal 22 April 2024. 
  7. ^ "Lirik Mars UNDOVA". Diakses tanggal 22 April 2024. 
  8. ^ "Pendaftaran Mahasiswa Baru". 
  9. ^ "SK Akreditasi Institusi Universitas Cordova". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  10. ^ "Sertifikat Akreditasi Institusi Universitas Cordova". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  11. ^ "SK Akreditasi Sementara Program Studi Agribisnis". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  12. ^ "SK Akreditasi Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  13. ^ "Sertifikat Akreditasi Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  14. ^ "Sertifikat Akreditasi Program Studi Ekonomi Pembangunan". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  15. ^ "SK Akreditasi Program Studi Ekonomi Pembangunan". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  16. ^ "Sertifikat Akreditasi Program Studi Pendidikan Biologi". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  17. ^ "SK Akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  18. ^ "SK Akreditasi Program Studi Teknik Informatika". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  19. ^ "Sertifikat Akreditasi Program Studi Teknik Informatika". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  20. ^ "Sertifikat Akreditasi Program Studi Teknik Pertambangan". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  21. ^ "SK Akreditasi Program Studi Teknik Industri". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  22. ^ "Sertifikat Akreditasi Program Studi Teknik Industri". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  23. ^ "SK Akreditasi Program Studi Teknik Sipil". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  24. ^ "Sertifikat Akreditasi Program Studi Teknik Sipil". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  25. ^ "SK Akreditasi Program Studi Ilmu Pemerintahan". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  26. ^ "Sertifikat Akreditasi Program Studi Ilmu Pemerintahan". Diakses tanggal 21 April 2024. 
  27. ^ "Penandatanganan MoU UNDOVA dan UMMAT". Universitas Cordova. Diakses tanggal 31 March 2022. 
  28. ^ "FP UNDOVA Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama dengan FP UNRAM". Fakultas Pertanian dan Perikanan. Universitas Cordova. Diakses tanggal 26 May 2022. 
  29. ^ a b c d e "Perkuat Kerjasama, FP UNDOVA Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan FP Anggota APTS-IPI dan DUDI". Universitas Cordova. 23 December 2022. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  30. ^ "Jalin Kerjasama, UNDOVA Tandatangani Nota Kesepahaman dengan UNRAM". Universitas Cordova. 11 May 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  31. ^ a b c d "Tindaklanjuti MoU, UNDOVA Lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Pascasarjana dan Fakultas di UNRAM". Universitas Cordova. 22 May 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  32. ^ a b c "Gelar Wisuda ke-IX, Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Restui Undova Buka Prodi Hukum". Zona Merah News. 11 November 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  33. ^ a b "https://samawa-university.ac.id/?p=21832". Unversitas Cordova. 14 Maret 2023. Diakses tanggal 20 April 2024.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  34. ^ "Penandatangan MoU Undova Dengan SMKN 1 Taliwang Berjalan Lancar". Universitas Cordova. 18 February 2020. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  35. ^ "Fakultas Pertanian UNDOVA Tanda Tangani MoU dengan SMKN 1 Brang Ene". Universitas Cordova. 29 March 2022. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  36. ^ "Kunjungan Kerja Perwakilan Kantor Wilayah DJP Nusa Tenggara di UNDOVA, Jajaki Kerjasama Program Peningkatan Kesadaran Pajak". Universitas Cordova. 8 December 2021. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  37. ^ "Adakan KKN Kolaboratif, Universitas Cordova, LPPM Unram, dan Pemda Kabupaten Sumbawa Barat Langsungkan Perjanjian Kerjasama Tiga Pihak". Universitas Cordova. 22 May 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  38. ^ "Unram Kolaborasi dengan Universitas Cordova Selenggarakan Pengabdian di Sumbawa Barat". Universitas Mataram. 7 Agustus 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  39. ^ "UNDOVA dan UNRAM Bersinergi untuk Kampus Merdeka". Kobar KSB. 2 Juni 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  40. ^ "Press Release UNIVERSITAS MATARAM (UNRAM) DAN UNIVERSITAS CORDOVA (UNDOVA) Mengabdi Tahun 2023". LPPM Universitas Cordova. 11 Agustus 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  41. ^ "UNDOVA Kolaborasi dengan Universitas Mataram Laksanakan Kegiatan UNRAM-UNDOVA Mengabdi 2023 di Kabupaten Sumbawa Barat". Universitas Cordova. 9 Agustus 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  42. ^ "Universitas Cordova dan PT Pintar Pemenang Asia Jalin Kerja Sama". Universitas Cordova. 6 Desember 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  43. ^ a b "DPR RI dan Universitas Cordova menandatangani MoU Politik Hukum dalam Pembentukan Perundang-Undangan". Universitas Cordova. 31 Januari 2024. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  44. ^ a b "Cegah Peluang Korupsi Sejak Dini, DPR Jembatani Masukan Masyarakat dalam Pembentukan UU". DPR RI. 1 Februari 2024. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  45. ^ "Universitas Cordova dan PT Medco Power Indonesia Menjalin Kerja Sama". Universitas Cordova. 15 Desember 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  46. ^ "Universitas Cordova Hadiri Silatnas dan Workshop Perguruan Tinggi Pesantren FPAG". Universitas Cordova. 8 Maret 2024. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  47. ^ "Jalin Kerjasama Luar Negeri, UNDOVA Tandatangani MoU dengan UiTM Malaysia". Universitas Cordova. 6 September 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  48. ^ "MoU Signing Between UiTM and UNDOVA". UiTM. 7 September 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  49. ^ "Kolaborasi Internasional antara Universitas Cordova dengan Brainy Bunch International Islamic Montessori, Malaysia". Universitas Cordova. 8 September 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  50. ^ a b "Universitas Cordova Menandatangani MoU dengan The Association of British Muslim United Kingdom dan The Muslim College London". Universitas Cordova. 21 Januari 2024. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  51. ^ "Lawatan Pimpinan Pondok Pesantren Trubus Iman ke United Kingdom (UK)". Trubus Iman. 30 Januari 2024. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  52. ^ "Penandatanganan MoU and MoA antara Universitas Cordova dengan Management & Science University Malaysia". Universitas Cordova. 26 Februari 2024. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  53. ^ "Penandatanganan Partnership Declaration antara Universitas Cordova dan PUM Netherlands Senior Experts". Universitas Cordova. 23 Mei 2023. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  54. ^ "Universitas Cordova Menandatangani MoU dengan The Association of British Muslim United Kingdom dan The Muslim College London". Universitas Cordova. 21 Januari 2024. Diakses tanggal 20 April 2024. 
  55. ^ Hilmi, Amirul (26 November 2022). "Pelatihan Pembuatan Biodegradable Paper Bag Rumput Laut dan Manajemen Usaha bagi Poklahsar Sinar Pagi". Seminar UAD. Diakses tanggal 21 April 2024. 
  56. ^ "SINTA (Science and Technology Index)". 
  57. ^ RDA Saputra, E Fatmalia (2022). "Analysis of Gender Based Reading Interest Index for High School Students at West Sumbawa Regency in 2021". Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan. 8 (2442-7667). doi:10.33394/jk.v8i1.4793. 
  58. ^ Amir Ma'ruf, Lidiawati, LSW Negara (2022). "Efektifitas Program 'Jaminan Sosial Pariri Lansia' Terhadap Kesejahteraan Lansia di Kabupaten Sumbawa Barat". Jurnal Darma Agung. 30 (2654-3915). doi:10.46930/ojsuda.v30i1.1684. 
  59. ^ F Rahmawati, Hamdani (2021). "Hasil Validasi Modul 6M Berbasis Project Based Learning untuk Peserta Didik SMA". Jurnal Ilmiah Mandala Education. 7. doi:10.58258/jime.v7i4.2427. 
  60. ^ Hasanuddin, Puryadi, Jayadi, H Asgar, J Efendi, Amrussalam (2022). "Training of learning video making on the equivalency programme at SPNF SKB Boto, West Sumbawa Regency". Community Empowerment. 7. doi:10.31603/ce.6613. 
  61. ^ Rahmawati, Amrussalam (2022). "Analisis True Customer Needs Produk Raja Menggunakan Model Kano Dan Quality Function Deployment Pada Umkm Tiu Ramata Di Kabupaten Sumbawa". Jurnal Teknik Industri. 8 (2714-6235). doi:10.24014/jti.v8i2.19565. 
  62. ^ Hasanuddin, H Asgar, B Hartono (2022). "Rancang Bangun Rest API Aplikasi Weshare Sebagai Upaya Mempermudah Pelayanan Donasi Kemanusiaan". Jurnal Informatika, Teknologi dan Sains. 4. doi:10.51401/jinteks.v4i1.1474. 
  63. ^ Husnul, Khotimah (16 Desember 2022). "Muslim Perception on Zakat as A Tax Deduction in Indonesia". Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam. 11 (2549-0648). doi:10.22373/share.v11i2.15022. 
  64. ^ Fariz Alnizar, Amir Ma'ruf (2022). "Following the Global Rejection: The Motives of Majelis Ulama Indonesia's Fatwas on Ahmadiyah". Studia Islamika. 29 (2355-6145). doi:10.36712/sdi.v29i3.15349. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]