Trifon, Respisius dan Ninfa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santo Trifon
Ikon Gereja Ortodoks Serbia St. Trifon dari Kampsada.
Martir Agung, Agioi Anárgyroi
LahirKampsade, Phrygia
Meninggal250 M
Nicea
Dihormati diGereja Katolik Roma; Gereja Ortodoks
Pesta1 Februari [K.J.: 14 Februari] di kalender Katolik Roma dan Ortodoks Timur
10 November (sebelumnya di Gereja Katolik Roma);
Atributelang
Pelindungtuakng kebun dan petani anggur; Kotor, Montenegro; Moskwa; dipanggil melawan hewan pengerat dan belalang

Tryphon (juga dieja Trypho, Trifon atau Triphon, dan dikenal sebagai Tryphon dari Campsada) merupakan seorang santo Kristen pada abad ke-3. Dia dihormati oleh gereja-gereja Katolik Roma dan Ortodoks sebagai martir agung dan Agioi Anárgyroi.

Santo Trifon sebelumnya dirayakan bersama dengan santo-santo Respisius dan Ninfa pada tanggal 10 November dalam kalender liturgi Gereja Latin dari abad ke sebelas sampai kedua puluh.[1] Santo Trifon terus dirayakan (secara terpisah) pada tanggal 1 Februari1 Februari [K.J.: 14 Februari] O. S.1 Februari [K.J.: 14 Februari] di kedua kalender liturgi Ortodoks dan Kalender para santo Roma.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Santo Trifon dikatakan telah lahir di Kampsade (Campsada, Frigia, sekarang Turki,[2] dan sebagai seorang anak laki-laki pengurus angsa. Namanya berasal dari bahasa Yunani τρυφη (tryphe) yang berarti "kelembutan, kelezatan". Ia memperoleh ketenaran sebagai seorang penyembuh, terutama hewan, dan dianggap sebagai salah satu dari Agioi Anárgyroi, khususnya yang dipanggil di peternakan.[3]

Selama penganiayaan Decius dia dibawa ke Nicea pada sekitar tahun 250 dan disiksa dengan cara yang mengerikan. Dia dipenggal dengan pedang setelah dia mengubah prefek Licius yang kafir. Kisah-kisah luar biasa terjalin erat dengan hagiografinya.[4]

Venerasi[sunting | sunting sumber]

Hari rayanya jatuh pada tanggal 1 Februari 1 Februari [K.J.: 14 Februari] O. S. 1 Februari [K.J.: 14 Februari] di Gereja Ortodoks Timur[5] dan (sekarang) di Gereja Katolik Roma.[6]

Dia sangat dihormati di Gereja Ortodoks Timur, di mana dia juga merupakan santo pelindung tukang kebun dan petani anggur.[7] Di Serbia, Makedonia, dan Bulgaria, St. Trifon dirayakan oleh para petani anggur.[8] Perayaan adalah upacara kesuburan yang dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan tanaman merambat, dan juga berpikir bahwa infertilitas manusia dapat disembuhkan pada hari ini.[9]

Di Rusia, Trifon dihormati sebagai pelindung burung. Dalam ikon Rusia santo, ia sering ditampilkan memegang falkon, referensi ke mukjizat yang dikaitkan dengan syafaatnya. Doa yang dikaitkan dengannya digunakan untuk melawan infestasi hewan pengerat dan belalang; salah satu doa tersebut muncul dalam Euchologion Agung.[3] Santo Trifon sering digambarkan dengan merlin di tangan karena ia secara tradisional dihormati oleh pemburu Moskwa.

Banyak gereja didedikasikan kepadanya, dan Kaisar Timur, Leon VI yang Bijaksana († 912), menyampaikan pidato dalam kehormatan Trifon. Dia adalah santo pelindung kota Kotor di Montenegro, dan salah satu santo pelindung Moskwa. Katedral Kotor di Kotor didedikasikan untuknya.

Relikui[sunting | sunting sumber]

Relikuinya pertama kali dimakamkan di kota kelahirannya di Kampsada. Kemudian, mereka ditranslasikan ke Konstantinopel, dan kemudian ke Roma. Kepalanya disimpan di Katedral Kotor.[10]

Respisius dan Ninfa[sunting | sunting sumber]

Di Gereja Latin, tanggal 10 November sebelumnya adalah hari raya yang dikaitkan dengan Santo Trifon dan dua santo lainnya, di antaranya sedikit yang diketahui: Respisius dan Ninfa. Sementara Santo Trifon masih terdaftar di Martirologi Roma, Respisius dan Ninfa telah dihilangkan.

Pada sekitar tahun 1005, rahib Theodoric Fleury menulis, berdasarkan legenda yang ditulis sebelumnya, sebuah kisah tentang Trifon di mana Respisius muncul sebagai pendamping Trifon. Dengan relikui keduanya dilestarikan, bersama dengan dari perawan suci bernama Ninfa, di Gereja rumah sakit Roh Kudus di Sassia. Gereja rumah sakit ini adalah gelar kardinal, yang, bersama dengan relikui para santo ini, dipindahkan oleh Paus Pius V ke Gereja St. Agustinus pada tahun 1566.

Salah satu tradisi menyatakan bahwa Ninfa adalah seorang perawan martir dari Palermo yang dihukum mati karena iman pada awal abad keempat. Menurut versi legenda lainnya, ketika Goth menginvasi Sisilia, ia melarikan diri dari Palermo ke daratan Italia dan meninggal pada abad keenam di Savona. Pesta translasinya dirayakan di Palermo pada tanggal 19 Agustus. Beberapa percaya bahwa ada dua santo dari nama ini. Sebelum tahun 1624 Palermo memiliki empat santo pelindung, satu untuk masing-masing dari empat bagian utama kota. Mereka adalah Santa Àita, Santa Kristina, Santa Ninfa, dan Santa Uliva. Gambar mereka ditampilkan di Quattro Canti, di pusat Palermo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Calendarium Romanum (Libreria Editrice Vaticana, 1969), p. 145
  2. ^
  3. ^ a b Parry, Ken; David Melling, ed. (1999). The Blackwell Dictionary of Eastern Christianity. Malden, MA.: Blackwell Publishing. ISBN 0-631-23203-6. 
  4. ^ "Martyr Tryphon of Campsada Near Apamea in Syria". Orthodox Church in America. Diakses tanggal 31 July 2015. 
  5. ^ Great Synaxaristes: (Yunani) Ὁ Ἅγιος Τρύφων ὁ Μάρτυρας. 1 Φεβρουαρίου. ΜΕΓΑΣ ΣΥΝΑΞΑΡΙΣΤΗΣ.
  6. ^ Martyrologium Romanum (Libreria Editrice Vaticana, 2001 ISBN 88-209-7210-7)
  7. ^ "Plovdiv Region Welcomes Diplomats in Celebration of Day of Saint Tryphon". Guide-Bulgaria. 14 February 2008. Diakses tanggal 2008-05-14. 
  8. ^ E. V. N. (14 February 2012). "Obeleženi Sveti Trifun i Dan zaljubljenih" [Saint Tryphon and Saint Valentine celebrated] (dalam bahasa Serbian). Večernje Novosti. Diakses tanggal 31 July 2015.  CS1 maint: Unrecognized language (link)
  9. ^ Nicoloff, Assen (1975). Bulgarian Folklore, Folk Beliefs, Customs, Folksongs, Personal Names. A. Nicoloff. hlm. 22. Diakses tanggal 2008-05-14. 
  10. ^ Quarterly Review of the Michigan Alumnus. UM Libraries. 1960. hlm. 113–. UOM:39015071119427. 

 Artikel ini memuat teks dari suatu penerbitan yang sekarang berada dalam ranah publikHerbermann, Charles, ed. (1913). "Tryphon, Respicius, and Nympha". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton.