Tom Liwafa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arizal Tom Liwafa
Informasi pribadi
Lahir
Arizal Liwafa

5 November 1990 (umur 33)
Mojokerto, Jawa Timur
KebangsaanIndonesia
Partai politikPAN
Suami/istriDelta Hesti
AnakAveryn Del Liwafa
Fella Del Liwafa
Elicia Del Liwafa
Orang tua
  • Abdul Mutholib (ayah)
  • Atipah (ibu)
Alma materInstitut Teknologi Adhi Tama Surabaya (Sarjana)
Universitas Ciputra Surabaya (Magister)
Dikenal karenaPengusaha
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Arizal Tom Liwafa (lahir di Mojokerto, 5 November 1990) adalah pengusaha berkebangsaan Indonesia asal Jawa Timur. Namanya dikenal karena kiprahnya di beberapa bidang usaha yang digelutinya seperti fashion, digital, kuliner, jasa desain ruangan, dan lain-lainya.[1]

Tom Liwafa yang saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di Universitas Airlangga, Surabaya tersebut menjalankan bisnisnya sejak belasan tahun lalu. Ia mengawali proses dari bawah dengan berjualan sticker di pinggiran jalan, Berkat keteguhan, ketekunan, dan keinginan tinggi untuk terus maju, membuat Tom Liwafa berkembang pesat menjadi pengusaha muda yang terbilang sukses.[2] Ia dipercaya untuk memimpin organisasi sebagai Wakil Ketua Umum ICCA (Indonesian Crypto Consumers Association) dan Wakil Ketua umum KADIN Jatim (Kamar Dagang Indonesia) di tahun 2022.[3]

Keputusan Tom Liwafa itu makin menguat setelah pada Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) PAN 27-28 Februari 2023 lalu, Ia secara eksplisit disebut dalam pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai contoh anak muda yang memiliki banyak pengikut di media sosial dan menginspirasi banyak pihak.[4]

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Mojokerto, Arizal Tom Liwafa menjalani sekolah di SMA Taman Siswa Mojokerto antara tahun 2005-2008. Tom Liwafa memutuskan berpindah ke Surabaya dan memulai usahanya. Tom Liwafa yang memiliki bakat bermain musik, memanfaatkan bakat tersebut dengan membentuk band metal yang bernama Razorblades Terror.[5]

Di masa itu Ia juga mulai menyelenggarakan event musik dan berakhir sukses besar. Pada event tersebut pula, Ia bertemu kekasihnya Delta Hesti yang kini menjadi istrinya. Tekad kuat dan kejelian Tom Liwafa dalam melihat peluang, membuat usahanya menjadi berkembang dalam kurun waktu singkat. Bersama dengan kekasihnya, Ia berhasil mendapatkan 1 miliar pertama pada tahun 2014.

Kesuksesan tersebut tidak membuat Tom Liwafa tidak memperhatikan studi. Ia mendapatkan gelar Sarjana Teknik di ITATS (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya) pada 2014. Kemudian pada tahun 2020 Ia mendapatkan gelar Magister Manajemen di Universitas Ciputra. Tom Liwafa terus mengembangkan keilmuannya dengan menempuh S3 di Universitas Airlangga pada 2022. Kemudian, setahun kemudian Ia kembali menempuh gelar S2 Magister Hukum lainnya di Universitas Pelita Harapan Surabaya.[6]

Akademik[sunting | sunting sumber]

Karier[sunting | sunting sumber]

Karier Tom Liwafa melewati berbagai proses yang tidak mudah hingga dapat dikenal publik sebagai pengusaha muda sukses di Jawa Timur dan Indonesia. Banyak bisnis dan usaha yang telah di bangun oleh Tom Liwafa dari tahun 2008 sampai saat ini. Tidak berhenti pada lingkup bisnis, Tom Liwafa juga memilih untuk melebarkan karier dan masuk di dunia politik.

Bisnis[sunting | sunting sumber]

Tom Liwafa menekuni beberapa bisnis di antaranya:

Pembicara[sunting | sunting sumber]

Bekal dari kesuksesan bisnis yang berkembang tersebut, Tom Liwafa menjadi salah satu tokoh masyarakat yang mampu menjadi inspirasi dan sumber motivasi generasi muda. Oleh karenanya, Tom Liwafa kerap dipercaya untuk terlibat langsung dalam event yang diselenggarakan, yakni:

Seminar Digital Marketing
Tom Liwafa Mengisi Seminar
  • Pemateri, Seminar Nasional Enterpreneur "Be a Young Entrepreneur With your Innovative Idea" UKMFT- INOVASI Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo. (2018)
  • Pemateri Seminar Nasional Kewirausahaan "Prepare Your Future with Innovation and Entrepreneurship" Universitas Negeri Surabaya. (2018)
  • Pemateri Seminar Nasional, Membangun Usaha Lokal Menjadi Skala Nasional, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. (2018)
  • Pemateri, Seminar Nasional "Start Your Business From Zero to Hero” Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA). (2019)
  • Pemateri Seminar Nasional BPC HIPMI, Gresik.(2019)
  • Narasumber, Webinar BOD TALKS Manfaat Sedekah Extreme Bagi Pengusaha. (2020)
  • Narasumber, Bincang Online Karang Taruna Kota Surabaya, Fuad Benardi. (2020)
  • Pemateri Seminar Magister Manajemen Universitas Ciputra, "Global Marketing as Strategy for Sustainability Business". (2020)
  • Pelatihan Digital Marketing, Ilmu Digital Untuk Negeri #1 (untuk Ojek Online, Ibu Rumah Tangga, Suporter Bola, dan Santri). (2021 - 2022)
  • Ajak pengusaha Surabaya tentang Ekonomi Digital bersama Ridwan Kamil, yang berlokasi di Royal Durian.[7] (2022)
  • Operasi Pasar Minyak bersama Wakil Walikota Surabaya Armuji dan Crazy Rich Surabayans Steven Ndut.[8] (2022)
  • Penggagas UMKM Festival Indonesia dengan Guest Star Artis Top Indonesia.[9] (2022)
  • D' Mentor detiknews, bersama Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan budaya, Seluk beluk peluang usaha, investasi ekonomi kreatif. (2022)
  • Pemateri dan dakwah dengan Gus Miftah Pondok Amanatul Ummah. (2022
  • AKSI HOAX, bersama Kapolda Jawa timur dan Humas Polda Jatim.[10] (2022)
  • Seminar Kewirausahaan Meet the Power Personal Branding. (2022)
  • Pemateri Workshop Personal Branding, Mangga Hybrid Expo 2022 Petrokimia Gresik.[11] (2022)
  • Pembicara IESPA Event, Developing web top-up gaming. (2022)
  • Seminar Nasional Edupreneur HMJ MPI IKHAC Mojokerto.[12] (2022)
  • Pembicara Makin Cakap Digital Kominfo bersama Wakil Gubernur Jatim dan Wakil Menteri Perdagangan Indonesia. (2022)

Tom Liwafa dipercaya untuk memimpin organisasi sebagai Wakil Ketua Umum ICCA (Indonesian Crypto Consumers Association) pada 2022. Di tahun yang sama, ia juga mengemban Wakil Ketua umum KADIN Jatim (Kamar Dagang Indonesia). Atas prestasinya tersebut, kini Tom Liwafa menjadi salah satu generasi muda yang memiliki daya pengaruh besar bagi masyarakat luas.[13]

Karya[sunting | sunting sumber]

Pada 15 Desember 2021, Tom Liwafa menerbitkan sebuah buku berjudul Personal Branding Bisa Mengubah Takdir. Buku ini menggambarkan tentang bagaimana seseorang dapat berpikir bagaimana menjalankan sebuah bisnis. Buku ini juga mengajarkan kita bagaimana cara untuk menjadi pribadi yang bermental kaya, yaitu memiliki Growth Mindset dengan cara untuk berpikir mengambil resiko dan tantangan, kita tidak boleh takut dengan tantangan yang kita hadapi kita harus maju dan berani. Dalam buku ini juga menjelaskan sebagaimana pentingnya personal branding, bagaimana cara kita membranding diri kita sendiri dengan baik dan berkesan di setiap orang yang kita temui. Buku ini di tulis dari pengalaman Tom Liwafa sendiri selama hidupnya sehingga menjadi seperti sekarang ini.[14]

Buku ini pernah dilelang untuk program kemanusiaan, yang seluruh hasilnya didonasikan kepada Gala Sky, anak mendiang Bibi Ardiansyah dan Vanessa Angel.[15]

Kiprah Politik[sunting | sunting sumber]

Tom Liwafa bergabung dengan PAN

Sukses menjadi pengusaha muda, Tom Liwafa memutuskan untuk melanjutkan kariernya dengan terjun di dunia politik. Dewasa ini, Ia resmi mencalonkan diri menjadi calon anggota legislatif DPR-RI Dapil 1 Surabaya-Sidoarjo. Tom Liwafa memutuskan bergabung dengan PAN (Partai Amanat Nasional) dan mendapat sambutan hangat dari Ketua Umum PAN Bapak Zulkifli Hasan yang juga merupakan Menteri Perdagangan RI.[16]

Motivasi Tom Liwafa untuk menjadi wakil rakyat semakin kuat ketika pada Rakernas PAN 27-28 Februari 2023 lalu setelah mendapatkan atensi dari Presiden Joko Widodo yang secara langsung menyebut nama Tom Liwafa dalam pidatonya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PROFIL Tom Liwafa Crazy Rich Surabaya, Pernah jadi Vokalis Band Metal". Tribun-medan.com. 
  2. ^ "Biodata Tom Liwafa Crazy Rich Surabaya yang Dapat Suntik Pertama Vaksin Sinovac Hari ini 14 Januari". Surya.co.id. 
  3. ^ Baihaqi, Amir. "Gabung PAN, Crazy Rich Surabaya Tom Liwafa Berencana Nyaleg DPR RI". detikjatim. Diakses tanggal 24 Maret 2023. 
  4. ^ Agency, ANTARA News. "Namanya disebut saat Presiden sambutan, Tom Liwafa semakin termotivasi terjun ke politik". ANTARA News Jawa Timur. 
  5. ^ "Profil Tom Liwafa, Crazy Rich Surabaya yang Meniti Karier dari Berjualan Stiker dan Kaos". SINDOnews.com. 
  6. ^ "√ Biodata Tom Liwafa: Agama, Keluarga, Pacar, Fakta dan Karir - lyceum.id". Lyceum. 13 Februari 2023. 
  7. ^ "Nongkrong Bareng Crazy Rich Surabaya, Ridwan Kamil Bicara Potensi Ekonomi Digital". MerahPutih. 22 Januari 2022. 
  8. ^ Media, Kompas Cyber (28 Januari 2022). "Crazy Rich Surabaya Tom Liwafa Borong Minyak Goreng, lalu Dibagikan ke Ibu-ibu Halaman all". KOMPAS.com. 
  9. ^ "Geber UMKM Festival, Crazy Rich Tom Liwafa Ajak Pengusaha Kecil Menengah Pamer Produk". liputan6.com. 10 Oktober 2022. 
  10. ^ "Tom Liwafa Jadi Pembicara bersama Polda Jatim di Acara Deklarasi Anti Hoax dan Bijak Bermedsos". rmoljatim.id. 
  11. ^ Ratya, Mega Putra. "Petrokimia Gresik Dorong UMKM Bangkit dari Pandemi". detiknews. 
  12. ^ "Bangkitkan Semangat Kreatif Generasi Muda, HMJ MPI IKHAC Adakan Seminar Nasional Edupreneur - BIDIK". BIDIK - Kritis, Informatif & Partisipatif. 
  13. ^ Nusantara, Solusi Sistem. "Crazy Rich Surabaya Nyaleg DPR RI | Politik". www.kontenpedia.com. 
  14. ^ "Crazy Rich Surabaya Tom Liwafa Lelang Private Bedah Buku Miliknya, Hasilnya Akan Diberikan untuk Gala Sky". Grid.ID. 
  15. ^ Media, Kompas Cyber (1 Desember 2021). "Tom Liwafa Lelang Buku untuk Gala Sky, Sukses Terjual Seharga Rp 398 Juta Halaman all". KOMPAS.com. 
  16. ^ Baihaqi, Amir. "Gabung PAN, Crazy Rich Surabaya Tom Liwafa Berencana Nyaleg DPR RI". detikjatim. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]