Tiket kereta api Edmondson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karcis edmonson, sebagaimana dipakai di kereta api Merak - Parungpanjang - Jakarta, 2008

Tiket kereta api Edmondson atau ringkasnya tiket Edmondson atau karcis Edmondson adalah bukti pembayaran perjalanan kereta api, berupa kartu kecil (Bld.: kaartjes) dari karton berukuran sekitar 3 cm × 5,7 cm[1]. Tiket ini telah digunakan sejak tahun 1840 setelah penemunya, yaitu Thomas Edmondson, memperkenalkan penggunaan tiket tersebut. Thomas Edmondson adalah seorang ahli pembuat lemari yang menjadi kepala stasiun di jalur kereta api antara Newcastle dan Carlisle di Perusahaan Kereta Api Manchester dan Leeds di Inggris. Sebelumnya, perusahaan kereta api menggunakan tiket yang ditulis tangan, namun hal ini merepotkan bagi petugas tiket yang harus menulis tiket untuk setiap penumpang sehingga antrean panjang sering dijumpai di stasiun-stasiun yang sibuk.[2]

Sejak itu, penggunaan tiket Edmondson meluas ke berbagai negara di Eropa, termasuk Cekoslowakia, Jerman, Belanda, dan lain-lain. Karcis Edmondson terus digunakan di Inggris sebelum pada akhirnya dihentikan di sekitar tahun 1990-an; dan di Belanda hingga tahun 1982[1]. Namun di Jepang, Korea Selatan, dan juga di Taiwan, karcis ini masih digunakan setidaknya pada beberapa jalur lokal.

Di Indonesia, karcis Edmondson digunakan pada era Hindia Belanda oleh maskapai kereta api NIS (Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij) pada tahun 1897 untuk mencetak tiket lintas Semarang - Solo - Yogyakarta; tahun 1873 untuk lintas Batavia - Buitenzorg; dan pada tahun 1878 juga digunakan oleh maskapai SS (Staats Spoorwegen) untuk lintas Surabaya - Pasuruan.

Setelah kereta api diambil alih oleh Negara Republik Indonesia, karcis Edmondson tetap digunakan hingga saat PT Kereta Api memberhentikan pencetakan tiket Edmondson pada bulan Oktober 2009. Karcis Edmondson diproduksi oleh Balai Grafika, Bandung, sebelum pabrik percetakan ini ditutup PT KAI pada tahun 2011.[1]

Tiket Edmondson di berbagai negara[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Sudarsih, A.. Pabrik karcis edmonson kini tinggal kenangan. Majalah Kereta Api 59: 22-23 (Juni 2011).
  2. ^ Farr, M (1997). "Edmondson, Thomas". Di dalam: Simmonds & Biddle (Penyunting) The Oxford Companion to British Railway History: From 1603 to the 1990s. Oxford: Oxford University Press. Hlm. 141.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]