Hari Pengucapan Syukur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Thanksgiving)
Langsung ke: navigasi, cari
Hari Pengucapan Syukur
Hari Pengucapan Syukur
Perayaan Hari Pengucapan Syukur yang pertama
Dirayakan  Amerika Serikat
 Kanada
 Liberia
 Puerto Riko
 Pulau Norfolk
Jenis Nasional, Kultural
Tanggal Senin ke-2 di bulan Oktober (Kanada)
Kamis ke-1 pada bulan November (Liberia)
Rabu lalu pada bulan November (Pulau Norfolk)
Kamis ke-4 pada bulan November (USA)
Tahun 2014 14 Oktober 2013 (Kanada)
7 November 2013 (Liberia)
27 November 2013 (Pulau Norkfolk)
28 November 2013 (Amerika Serikat)
Tahun 2015 13 Oktober 2014 (Kanada)
6 November 2014 (Liberia)
26 November 2014 (Pulau Norkfolk)
27 November 2014 (Amerika Serikat, Puerto Rico)

Hari Pengucapan Syukur (bahasa Inggris: Thanksgiving Day) adalah hari libur di Amerika Utara untuk mengucapkan terima kasih dan rasa bersyukur di akhir musim panen. Hari Pengucapan Syukur adalah hari libur resmi di Amerika Serikat yang jatuh pada Kamis keempat di bulan November. Di Kanada, Thanksgiving jatuh pada hari Senin kedua di bulan Oktober.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Kalkun panggang hidangan Thanksgiving

Pengucapan Syukur yang pertama[sunting | sunting sumber]

Pesta Hari Pengucapan Syukur yang pertama diadakan tahun 1619 di Koloni Inggris yang sekarang disebut Perkebunan Berkeley di Virginia, dan di Plymouth, Massachusetts pada tahun 1621.

Akhir pekan yang panjang[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, hari libur Thanksgiving yang selalu jatuh pada hari Kamis menjadi hari pertama dari akhir pekan yang lamanya 4 hari. Bagi sebagian pegawai (78% pada tahun 2007), hari Thanksgiving dan hari Jumat sesudahnya dijadikan hari libur yang digaji. Selain dari itu, pegawai dengan sistem cuti yang bisa diambil sewaktu-waktu dapat meminta cuti di hari sesudah Thanksgiving.[1]

Sehari sesudah Thanksgiving adalah hari Jumat, yang disebut Jumat Hitam yang menandai dimulainya musim belanja Natal. Sebagian besar toko sudah buka sejak pagi hari (biasanya sejak jam 05.00 pagi), dan menjual barang dengan sistem obral rugi / cuci gudang agar pembeli mau datang. Disebut Jumat Hitam karena pada hari itu biasanya neraca pembukuan mereka berubah dari warna merah (merugi) menjadi hitam (untung). Toko-toko besar seperti toko-toko elektronik, supermal, dan semacamnya biasanya penuh dengan orang yang mengantri untuk membeli barang sejak Kamis sore. Beberapa toko elektronik sudah terbentuk antrian sepanjang 100-200 orang untuk membeli barang yang diobral. Toko-toko biasanya buka pada hari Jumat pukul 5 pagi, namun antrian kadang-kadang sudah dimulai sejak hari Kamis pukul 5 sore. Supermal kadang-kadang buka pukul 12 tengah malamnya dan toko-toko di dalamnya menjual barang-barang obral. Pada hari istimewa ini tidak jarang pengunjung supermal pada tengah malam tersebut membeludak menjadi ratusan bahkan ribuan orang.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Thanksgiving di Amerika Utara juga merupakan kesempatan berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara. Hari Rabu sebelum hari Thanksgiving dan hari Minggu yang merupakan hari terakhir libur Thanksgiving merupakan hari-hari tersibuk bagi transportasi udara, kereta api, bus antarkota, dan jalan-jalan raya.

Tradisi perayaan[sunting | sunting sumber]

Pawai Hari Thanksgiving Macy's

Di Amerika Serikat terdapat tradisi menikmati makan malam Thanksgiving bersama keluarga, teman, dan kerabat. Kalkun merupakan hidangan utama, sehingga Thanksgiving juga dikenal sebagai "Hari Kalkun". Kalkun biasanya dimakan bersama saus kranberi dan hidangan lain seperti kentang puree, jagung rebus, pai labu (sisa perayaan Halloween), dan berbagai macam sayur-sayuran musim gugur yang lain. Sewaktu menikmati makanan Thanksgiving, orang biasanya saling bercerita mengenai hal-hal baik yang telah mereka alami.

Liburan Thanksgiving dimulai sebagai hari libur nasional Amerika Serikat untuk berterima kasih dan memuji Tuhan.[2] Warisan nilai-nilai keagamaan terus berlanjut dalam bentuk tradisi mengucapkan doa sebelum menikmati hidangan Thanksgiving.[3][4][5]

Perayaan Thanksgiving (hari Kamisnya) adalah perayaan yang tidak begitu bersifat komersial. Walaupun terdapat kartu ucapan Thanksgiving yang dijual di toko, orang tidak banyak yang suka membelinya. Selain makanan dan minuman untuk dinikmati bersama, orang juga biasanya tidak mengharapkan diberi hadiah, dan memang tidak ada tradisi tukar menukar hadiah. Hiasan yang dibuat anak-anak biasanya dijadikan dekorasi Thanksgiving di rumah. Namun saat ini hari Jumat setelah Thanksgiving merupakan tanda dimulainya musim berbelanja yang berakhir hingga Tahun Baru di mana orang-orang mulai belanja secara besar-besaran

Di New York City, Pawai Hari Thanksgiving Macy's diadakan sekali setahun setiap hari Thanksgiving di pusat kota Manhattan. Pawai menampilkan kendaraan berhias dengan tema-tema yang menarik, kendaraan berhias yang menampilkan selebritas televisi, adegan dari musikal Broadway, karakter kartun berbentuk balon besar, dan marching band sekolah menengah umum. Pawai biasanya diakhiri dengan kendaraan berhias yang ditumpangi sinterklas. Maksudnya untuk mengingatkan orang bahwa musim belanja Natal sudah tiba.

Pawai Thanksgiving juga diselenggarakan di berbagai kota lain, seperti di Plymouth, Houston, Philadelphia (konon merupakan pawai Thanksgiving yang tertua), dan Detroit yang merupakan pawai terbesar sepanjang tahun. Di kawasan metropolitan New York, kota Stamford, Connecticut menyelenggarakan saingan pawai Macy's dengan menggunakan karakter balon besar yang berbeda.

Musim belanja Natal menurut tradisi Amerika Serikat dimulai sehari setelah Thanksgiving. Tradisi belanja sehari setelah Thanksgiving sudah dimulai sejak tahun 1930-an. Orang Amerika beramai-ramai mencari barang-barang obral dengan potongan harga musim Natal. Bagi pusat perbelanjaan di Amerika, sehari setelah Thanksgiving merupakan hari yang paling ramai dengan pengunjung, walaupun volume penjualan yang tertinggi baru terjadi pada hari Sabtu sebelum hari Natal, atau tanggal 23 Desember. Toko-toko dan pusat perbelanjaan sudah mulai mengumpulkan stok barang sejak jauh-jauh hari. Pengumuman penjualan obral juga sudah dimulai sehari setelah Halloween.

Sepak bola Amerika dan sepak bola Kanada merupakan olahraga yang tidak terpisahkan dengan perayaan Thanksgiving. Di Amerika Serikat dan Kanada, pertandingan liga profesional selalu diadakan di hari Thanksgiving. Di AS, pertandingan sepak bola Amerika pada hari Thanksgiving merupakan satu-satunya pertandingan yang ada selama seminggu, selain pertandingan di hari Minggu dan Senin malam. Selain itu, pertandingan sepak bola Amerika antarperguruan tinggi dan sekolah menengah juga banyak dimainkan di akhir pekan Thanksgiving.

Sejarah Hari Pengucapan Syukur di Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Kaum pilgrim[sunting | sunting sumber]

Makan malam tradisional Thanksgiving

Tradisi merayakan Thanksgiving dengan makan bersama dimulai di Amerika pada tahun 1621. Kaum pilgrim yang bermukim di Plymouth, Massachusetts mengadakan pesta makan bersama penduduk asli Amerika suku Wampanoag. Tradisi pesta makan Thanksgiving berlanjut hingga sekarang dan disebut "makan malam Thanksgiving" dengan menu utama berupa kalkun. Sebagian dari cerita asal usul Thanksgiving di Amerika adalah mitos yang berkembang sekitar tahun 1890-an dan awal 1900-an. Thanksgiving dimaksudkan sebagai bagian dari usaha menciptakan identitas nasional setelah Perang Saudara, dan bagian dari kesadaran melting pot bagi imigran baru.

Pada tahun 1621, kaum pilgrim menetapkan satu hari untuk berpesta merayakan hasil panen pertama milik koloni di Plymouth, New England. Pada waktu itu, pesta diadakan bukan untuk merayakan Thanksgiving, tapi sekadar pesta panen yang merupakan tradisi orang Inggris dan orang Indian suku Wampanoag. Beberapa orang pejabat koloni menulis catatan pribadi tentang pesta tahun 1621 di Massachusetts.

Catatan berikut dikutip dari buku Of Plymouth Plantation yang ditulis pemimpin kaum pilgrim William Bradford:

"Mereka sekarang mulai mengumpulkan panen kecil yang dihasilkan, dan mempersiapkan rumah dan tempat tinggal untuk menghadapi musim dingin, semuanya diberkahi kesehatan dan kekuatan serta semua persediaan cukup berlimpah. Sementara sebagian orang bekerja di luar rumah, sebagian lagi pergi memancing, ikan cod, ikan bass, dan ikan-ikan lain, yang semuanya disimpan dan dimiliki setiap keluarga dalam jumlah cukup. Sepanjang musim panas unggas tidak diperlukan, dan sekarang punya persediaan unggas. Musim dingin sudah menjelang, tempat ini masih berlimpah-limpah ketika mereka pertama kali datang (tapi sesudah itu berkurang sedikit demi sedikit). Selain unggas air, ada banyak persedian kalkun liar, yang diambil banyak oleh mereka, di samping daging rusa, dsb. Selain itu, mereka pernah harus menakar jatah makanan seminggu untuk setiap orang, atau sekarang sejak panen, jagung Indian sesuai takaran yang sama. Yang membuat banyak orang sesudah itu menulis dengan gembira tentang panen berlimpah kepada teman-teman mereka di Inggris, yang tidak dibuat-buat, semuanya laporan yang sesungguhnya."

Tulisan pemimpin kaum pilgrim Mayflower Edward Winslow dalam buku Mourt's Relation:

"Panen kami sudah dibawa masuk, gubernur kami mengirim empat orang berburu unggas, jadinya kami bisa merayakan bersama dalam kesempatan istimewa setelah selesai mengumpulkan hasil kerja keras. Mereka berempat dalam satu hari mendapat unggas yang sama banyaknya, dengan kelompok orang selama seminggu, itu pun dengan sedikit bantuan. Pada saat itu, di antara pengisi waktu luang yang lain, ketika kami mengadakan perayaan, banyak orang Indian datang ke tempat kami, dan di antaranya raja terbesar Massasoit, bersama sembilan puluh orang, yang kami hibur dan berpesta makan selama tiga hari, dan mereka pergi berburu dan mendapat lima ekor rusa, yang kami bawa ke perkebunan dan dipersembahkan untuk gubernur kami, kapten, dan yang lain. Dan walaupun kami tidak selalu kelimpahan seperti sebelumnya di waktu yang sama, kami selalu berada di atas yang kami inginkan, semuanya berkat kebaikan Tuhan, kami ingin juga Anda ikut menikmati kelimpahan yang kami miliki."

Catatan Winslow tentang sembilan puluh orang Indian sangat menarik perhatian. Jumlah penduduk asli yang hadir melebihi 50 orang Inggris yang selamat pada waktu itu. Dua kalimat sebelumnya hanya merekam kejadian pada waktu itu, tapi sejarawan berasumsi kedua kelompok (orang Inggris dan penduduk asli Amerika) menyelenggarakan perayaan yang belum biasa dilakukan.

Kaum pilgrim tidak menyelenggarakan Thanksgiving seperti yang dikenal sekarang hingga tahun 1623, setelah mengalami kekeringan, doa meminta hujan, dan hujan berhasil turun kemudian. Perayaan Thanksgiving dilakukan secara tidak teratur dan baru dilakukan kalau ada peristiwa yang menyenangkan, atau sehabis kekurangan makanan akibat peristiwa yang tidak menyenangkan. Pada tradisi kaum pilgrim di Plymouth, hari Thanksgiving lebih bersifat perayaan gereja dan bukan pesta makan.

Pesta Thanksgiving yang diadakan sesudah panen secara berangsur-angsur berkembang di pertengahan abad ke-17. Tapi hari menyelenggarakan Thanksgiving belum serempak, masing-masing koloni memiliki hari Thanksgiving sendiri-sendiri.

Koloni Massachusetts Bay merayakan Thanksgiving yang pertama pada tahun 1630. Sejak itu Thanksgiving terus diadakan secara teratur, sampai akhirnya sekitar tahun 1680 ditetapkan sebagai festival tahunan di koloni Massachusetts Bay. Koloni Connecticut memulai perayaan Thanksgiving sejak 1639, mengadakannya setiap tahun hingga 1647, dengan pengecualian pada tahun 1675. Orang Belanda di New Netherland menetapkan satu hari khusus untuk merayakan Thanksgiving pada tahun 1644, dan sesudah itu kadang-kadang ditetapkan kembali.

Perang Revolusi Amerika hingga pembentukan negara[sunting | sunting sumber]

Selama Perang Revolusi Amerika, Continental Congress menetapkan tanggal penyelenggaraan Thanksgiving yang bisa satu hari atau lebih, dengan perkecualian pada tahun 1777. Setiap kalinya tanggal Thanksgiving ditetapkan, Continental Congress menganjurkan pemimpin masing-masing negara bagian untuk melangsungkan Thanksgiving pada tanggal yang sudah ditentukan.

George Washington, pemimpin pasukan revolusioner pada Perang Revolusi Amerika mengumumkan Thanksgiving di bulan Desember 1777 sebagai perayaan kemenangan sesudah mengalahkan pasukan Inggris dalam Pertempuran Saratoga. Setiap tahunnya, Continental Congress sejak 1777 hingga 1783 menetapkan Thanksgiving di bulan Desember, dengan perkecualian pada tahun 1782.

Pada tahun 1789 dan 1795, George Washington sekali lagi mengumumkan Thanksgiving, tapi kali ini dalam kapasitasnya sebagai presiden.

Penetapan Thanksgiving oleh Presiden George Washington pada tahun 1789 adalah berkat rekomendasi sebuah resolusi yang ditetapkan Dewan Perwakilan dan Senat. Hari Thanksgiving ditetapkan secara nasional pada tanggal 26 November 1789. Alasan mengadakan Thanksgiving adalah "untuk menganjurkan rakyat Amerika Serikat, hari untuk berdoa dan mengucapkan syukur bagi publik, agar diperingati dengan pernyataan terima kasih dari lubuk hati yang bersyukur atas kelimpahan dan tanda-tanda kebaikan Tuhan Mahakuasa, khususnya yang telah memberikan rakyat kesempatan untuk mendirikan bentuk pemerintahan dengan damai, demi keselamatan dan kebahagiaan rakyat ..." (tertanda) G. Washington, The Massachusetts Sentinel, Rabu, 14 Oktober 1789.

Presiden John Adams mendeklarasikan Thanksgiving pada tahun 1798 dan 1799. Presiden Madison, menetapkan satu hari untuk perayaan Thanksgiving di saat hampir berakhirnya perang tahun 1812 sebagai jawaban atas resolusi Kongres. Selain itu, Presiden Madison pernah menetapkan liburan Thanksgiving sebanyak dua kali pada tahun 1815, tapi keduanya tidak dirayakan di musim gugur.

Sejak tahun 1817, setiap tahun Gubernur New York menetapkan hari Thanksgiving. Di beberapa negara-negara Selatan, hari Thanksgiving pernah ditentang dengan alasan cuma mempertahankan sisa-sisa kebudayaan puritan. Tapi pada tahun 1858, gubernur 25 negara bagian dan 2 teritori sudah menetapkan hari Thanksgiving secara bersama-sama.

Di tengah Perang Saudara Amerika Serikat, Presiden Abraham Lincoln menetapkan hari Thanksgiving nasional untuk dirayakan pada hari Kamis terakhir di bulan November 1863. Penetapan hari Thanksgiving merupakan reaksi atas serangkaian editorial yang ditulis Sarah Joseph Hale. Sejak tahun 1863, Thanksgiving dirayakan setiap tahun di Amerika Serikat secara resmi.

Masa Presiden Roosevelt hingga sekarang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1939, Presiden Franklin D. Roosevelt menetapkan Thanksgiving pada hari Kamis minggu ketiga di bulan November dan tidak lagi pada Kamis minggu keempat. Pengumuman ini dilakukan ketika ekonomi Amerika masih berada di tengah Great Depression. Presiden Roosevelt bermaksud memberi kesempatan yang lebih lama bagi para pedagang, supaya bisa menjual barang-barang sebanyak-banyaknya sebelum Natal tiba. Pemasukan pedagang dan pengeluaran rakyat yang bertambah diharapkan biasa membantu negeri dari keterpurukan ekonomi. Di masa itu, penjualan barang untuk Natal masih belum layak diiklankan hingga selesai Thanksgiving. Deklarasi Roosevelt tentang Thanksgiving hanya dipatuhi 23 negara bagian, sedangkan 22 negara bagian tidak mengindahkannya. Negara bagian seperti Texas tidak memutuskan apa-apa dan menganggap hari Kamis minggu ketiga dan keempat sebagai hari libur pemerintah. Pada tahun 1940, Presiden Roosevelt bersikeras untuk merayakan Thanksgiving seminggu lebih awal (Kamis minggu ketiga) yang dikenal dengan istilah Franksgiving. Pada tahun 1941, Kongres Amerika Serikat tampil sebagai penengah dan menetapkan hari Thanksgiving pada Kamis keempat di bulan November, yang kadang-kadang jatuh di hari Kamis minggu terakhir, dan kadang-kadang jatuh hari Kamis sebelum hari Kamis minggu terakhir. Presiden Roosevelt menetapkan rancangan undang-undang ini menjadi undang-undang pada tanggal 26 November 1941.

Presiden Truman menerima kalkun Thanksgiving di Gedung Putih dari anggota Dewan Unggas dan Telur Nasional dan wakil peternak kalkun

Sejak tahun 1947, setiap tahunnya Federasi Kalkun Nasional mempunyai tradisi memberi hadiah 2 ekor kalkun yang sudah dibersihkan dan siap dimasak dan satu ekor kalkun hidup kepada Presiden Amerika Serikat. Kalkun yang masih hidup diampuni nyawanya dan hidup damai sebagai binatang peliharaan di peternakan. Tradisi ini sudah dimulai sejak zaman Presiden Harry Truman tahun 1947, tapi di perpustakaan Truman Library tidak ditemukan bukti tentang kebiasaan ini. Pendapat lain mengatakan tradisi mengampuni kalkun dimulai Presiden Abraham Lincoln yang berjanji tidak memotong kalkun peliharaan anak laki-lakinya.[6] Kedua versi cerita sama-sama sering dikutip dalam pidato kepresidenan.

Belakangan ini, jumlah kalkun yang mendapat pengampunan menjadi dua ekor. Kalau-kalau kalkun yang satu berhalangan menerima grasi dari Presiden. Sejak tahun 2003, khalayak ramai diundang ikut serta dalam kontes memberi nama kalkun. Pada tahun 2005, nama yang terpilih adalah Marshmallow dan Yam (yang sekarang tinggal di Disneyland). Biscuit dan Gravy terpilih sebagai nama dua ekor kalkun pada tahun 2004. Pada tahun 2003, keduanya diberi nama Stars and Stripes.

Sejak tahun 1970, sekelompok orang yang berintikan Suku Indian mengadakan peringatan kontroversial Hari Berkabung Nasional (National Day of Mourning) sebagai protes perayaan Thanksgiving di Plymouth Rock, Plymouth, Massachusetts.

Kanada[sunting | sunting sumber]

Perayaan di Kanada[sunting | sunting sumber]

Thanksgiving dirayakan pada hari Senin minggu kedua di bulan Oktober. Di Amerika Serikat, hari yang sama dirayakan sebagai Hari Colombus dan merupakan hari libur resmi. Asal-usul Thanksgiving di Kanada berbeda dengan di Amerika. Orang Kanada merayakan Thanksgiving sebagai tanda terima kasih kesuksesan panen.

Thanksgiving merupakan perayaan selama 3 hari di akhir pekan. Di beberapa provinsi, perayaan bahkan sampai empat hari, dari Jumat sampai Senin. Hari Thanksgiving hanya dirayakan bersama keluarga di provinsi Kanada yang berbahasa Inggris, dan tidak begitu dirayakan penduduk Kanada keturunan Perancis. Hari menikmati makanan Thanksgiving biasanya tidak ditentukan, bisa saja dimakan pada hari Kamis, Jumat, atau Minggu asalkan masih di akhir pekan Thanksgiving. Pesta makan Thanksgiving bagi orang Kanada bisa berlangsung berkali-kali. Kalau hari ini dengan sanak saudara dari pihak suami, keesokan hari bisa dengan sanak saudara yang lain. Walaupun Thanksgiving secara turun temurun dirayakan bersama keluarga, liburan akhir pekan Thanksgiving sering dimanfaatkan pasangan anak muda untuk berjalan-jalan menikmati pemandangan daun musim gugur.

Di Kanada, Sinterklas tidak ikut berpawai di hari Thanksgiving. Satu-satunya pawai Thanksgiving terbesar di Kanada adalah pawai Oktoberfest di Kitchener-Waterloo.

Sejarah Hari Pengucapan Syukur di Kanada[sunting | sunting sumber]

Kartu ucapan Thanksgiving

Sejarah Thanksgiving di Kanada dimulai penjelajah Inggris Martin Frobisher yang berusaha menemukan jalan utara ke Asia dari benua Amerika. Ia tidak berhasil menemukan Selat Bering, tapi berhasil mendirikan permukiman penduduk di Kanada. Pada tahun 1578, Martin Frobisher mengadakan upacara peringatan di tempat yang sekarang disebut provinsi Newfoundland and Labrador. Maksudnya sebagai ucapan terima kasih sudah selamat dari perjalanan panjang. Upacara peringatan yang dipimpin Martin Frobisher merupakan Thanksgiving Kanada yang pertama, sekaligus perayaan Thanksgiving yang pertama di Amerika Utara. Pemukim lain yang banyak berdatangan ke Kanada kemudian melanjutkan tradisi ini. Martin Frobisher di kemudian hari menerima gelar satria dari Kerajaan Inggris dan namanya diabadikan untuk sebuah teluk di Kanada bagian utara yang disebut Teluk Frobisher.

Pada saat bersamaan, pemukim asal Perancis yang berhasil menyeberangi samudra di bawah pimpinan penjelajah Samuel de Champlain juga mengadakan pesta besar untuk mengucapkan syukur. Mereka bahkan membentuk perkumpulan sosial bernama Ordre de bon temps untuk meningkatkan semangat dan perbaikan gizi pemukim asal Perancis, sambil berbagi dengan tetangga yang penduduk asli Kanada.

Setelah Perang Tujuh Tahun berakhir pada tahun 1763 dengan New France jatuh ke tangan Inggris, penduduk Halifax merayakan Thanksgiving secara istimewa.

Setelah berakhirnya revolusi Amerika, pengungsi asal Amerika yang merupakan pendukung setia Kerajaan Britania Raya mengalir ke Kanada. Para pengungsi membawa serta tradisi dan kebiasaan Thanksgiving Amerika ke Kanada, walaupun perayaan Thanksgiving di Kanada nantinya tetap berkaitan dengan peribadatan dan tradisi festival panen daratan Eropa dan Inggris. Gereja dihiasi dengan cornucopia (hiasan berbentuk corong berisi sayur-sayuran dan buah-buahan), labu, jagung, ikatan gandum, dan berbagai hasil panen lainnya.

Pada akhirnya pada tahun 1879, Parlemen Kanada menetapkan tanggal 6 November sebagai hari Thanksgiving dan libur resmi di Kanada. Setelah itu, hari perayaan Thanksgiving sering berubah-ubah, tapi seringkali pada hari Senin minggu ketiga di bulan Oktober. Setelah Perang Dunia I, Armistice Day dan Thanksgiving sama-sama dirayakan di hari Senin sekitar tanggal 11 November. Sepuluh tahun kemudian pada tahun 1931, kedua perayaan dipisah dan Armistice Day dinamakan Remembrance Day.

Pada tanggal 31 Januari 1957, Parlemen Kanada menetapkan:

"Hari Thanksgiving secara umum untuk Tuhan yang Mahakuasa yang memberkahi Kanada dengan panen melimpah .. akan diperingati pada hari Senin minggu kedua bulan Oktober."[1]

Hari Thanksgiving Kanada yang pertama setelah akte Konfederasi dilangsungkan pada hari libur tanggal 5 April 1872 untuk merayakan kesembuhan Pangeran Wales (nantinya menjadi Raja Edward VII dari Britania Raya) dari sakit keras. Sejak tahun 1879, Thanksgiving selalu dirayakan setiap tahun, tapi tanggalnya baru ditetapkan pada tahun itu dan selalu berubah-ubah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Resep masakan Thanksgiving[sunting | sunting sumber]