Makan malam Hari Pengucapan Syukur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Makan malam Thanksgiving

Hidangan utama pada makan malam Hari Pengucapan Syukur di Amerika Serikat dan Kanada adalah kalkun panggang. Secara tradisi, hidangan Hari Pengucapan Syukur sebagian besar dibuat dari bahan makanan asli Amerika Utara yang dulunya pernah diterima kaum Pilgrim dari suku Indian Amerika.

Hidangan yang hampir serupa juga dijadikan hidangan Natal.

Kalkun[sunting | sunting sumber]

Kalkun adalah hidangan yang paling umum untuk makan malam Hari Pengucapan Syukur. Sebab itu, Hari Pengucapan Syukur dikenal secara tidak resmi di Amerika sebagai "Hari Kalkun" (Turkey Day). Pada tahun 2003, Departemen Pertanian Amerika Serikat memperkirakan total kalkun yang diternakkan di Amerika sebanyak 269 juta ekor, dan seperenam darinya dimasak menjadi hidangan Thanksgiving.

Perut ayam kalkun diisi dengan tepung panir kasar, dicampur rempah berbau harum yang disebut sage, beserta bawang bombay dan seledri yang dicincang halus. Ada lagi hidangan yang disebut Turducken, kalkun yang sudah dibuang tulang diisi dengan bebek yang di dalamnya masih diisi lagi dengan ayam lalu dipanggang. Hidangan Turducken asalnya dari masakan Cajun di Louisiana. Kalkun goreng juga mulai populer, walaupun untuk menggorengnya perlu panci besar yang disebut turkey fryer. Tidak jarang orang yang tidak hati-hati sewaktu menggoreng kalkun sampai mengalami luka bakar.

Sejarah makan kalkun sewaktu Hari Pengucapan Syukur sudah dimulai sejak Presiden Lincoln menetapkan Hari Pengucapan Syukur sebagai hari libur nasional pada tahun 1863. Kalkun juga lebih besar dari ayam, sehingga bisa membuat kenyang lebih banyak orang.

Pengganti kalkun[sunting | sunting sumber]

Selain kalkun, makan malam Hari Pengucapan Syukur juga sering menampilkan hidangan dari bebek atau angsa yang secara tradisional merupakan hidangan Natal di Eropa. Hidangan vegetarian sering menampilkan daging tiruan dari tahu yang disebut tofurkey.

Hidangan pelengkap[sunting | sunting sumber]

Begitu banyak makanan lain yang dihidangkan menemani kalkun, sehingga hidangan Hari Pengucapan Syukur biasanya dimakan di siang atau sore hari supaya hidangan bisa dinikmati semua. Masak-memasak biasanya dimulai pada dini hari atau di hari sebelumnya.

Kalkun panggang biasanya "harus" dilengkapi dengan saus kranberi, stuffing (bahan pengisi untuk kalkun), dan gravy. Makanan lain yang dihidangkan misalnya: ubi yang dilumatkan, puree kentang, jagung dengan bongkolnya, kacang polong atau kaserol kacang polong, wortel, roti, dan selada Waldorf. Sebagai makanan penutup dihidangkan berbagai jenis pai seperti pai labu, pai apel, dan dua hidangan yang sangat Amerika: pai ubi manis dan pai pecan. Makanan lain yang dihidangkan di meja bergantung pada latar belakang budaya orang yang memasak dan orang yang diundang untuk makan.

Di beberapa daerah juga ada perbedaan dalam isi kalkun yang disebut stuffing atau dressing. Orang dari daerah selatan Amerika senang mengisi kalkun dengan roti dari tepung jagung yang disebut cornbread, sedangkan di daerah-daerah lain cukup dengan roti biasa. Selain itu, bahan-bahan yang biasa dimasukkan ke dalam perut kalkun misalnya tiram, apel, berangan, kismis, seledri atau sayuran lain, sosis atau isi perut kalkun (hati, ampela, jantung). Orang Kanada senang mengisikan kalkun dengan roti yang dipotong-potong ukuran dadu atau beras.

Minuman[sunting | sunting sumber]

Apple cider sering menyertai makan malam Hari Pengucapan Syukur, dihidangkan hangat atau dingin. Selain itu, minuman anggur dan koktail kadang-kadang disuguhkan sebelum hidangan utama. Minuman bersoda dan sari buah anggur merupakan minuman yang disediakan untuk anak-anak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]