Penduduk asli Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Suku Indian)
Penduduk asli Amerika Serikat
Proporsi penduduk asli Americans di setiap county pada 50 negara bagian, Washington, D.C., dan Puerto Riko berdasarkan sensus 2020
Jumlah populasi
Penduduk asli Indian dan Alaska (sensus 2020)[1][2]
Satu ras: 3.727.135 orang terdaftar
Kombinasi dengan satu atau lebih ras lainnya yang terdaftar: 5.938.923
Total: 9.666.058 ~ 2.9% dari total populasi AS.
Daerah dengan populasi signifikan
Sebagian besar di Amerika Serikat Barat; komunitas-komunitas kecil juga terdapat di Amerika Serikat Timur
Bahasa
Inggris
Bahasa-bahasa pribumi Amerika
(termasuk Navajo, Yup'ik Alaska Tengah, Tlingit, Haida, Dakota, Seneca, Lakota, Apache Timur, Keres, Cherokee, Choctaw, Creek, Kiowa, Comanche, Osage, Zuni, Pawnee, Shawnee, Winnebago, Ojibwe, Cree, O'odham[3])
Spanyol
Pijin Pribumi (punah)
Prancis
Rusia (kebanyakan di Alaska)
Agama
Kelompok etnik terkait

Penduduk Asli Amerika atau Suku Red Indian (juga disebut Native Americans, American Indians, atau Amerindian) adalah pemukim pertama Amerika Utara yang datang dari Asia lebih dari 20.000 tahun lalu. Karena mengikuti hewan buruan, mereka mengembara melewati Selat Bering (dulu tanah genting, kini pemisah titik paling timur Benua Asia dan titik paling barat Benua Amerika). Lambat laun mereka menetap dan berkembang menjadi berbagai suku. Berabad-abad mereka membangun masyarakat teratur. Pada abad ke-16, orang Eropa tiba di Amerika Utara untuk pertama kali. Karena mengira tiba di India (Asia), mereka secara keliru menyebut penduduk asli itu "orang India". Karena itu, penduduk asli Benua Amerika tersebut dikenal dengan nama "Indian" sebagai bahasa Inggris dari kata "orang India". Karena para pendatang dari Eropa tersebut menginginkan tanah, penduduk suku Indian tersebut merasa terancam. Mereka pun bertempur melawan para pendatang Eropa tersebut. Pada abad ke-19, penduduk suku Indian melawan pemerintah Amerika Serikat yang berusaha menggusur mereka, namun akhirnya mereka kalah dan dipindahkan ke reservat, daerah khusus untuk mereka tinggali. Hingga kini masih banyak orang suku Indian yang tinggal dan hidup di sana.

Tepee[sunting | sunting sumber]

Suku Sioux dan suku lain dari daerah Great Plains hidup di tenda yang diistilahkan dengan tepee. Tepee terbuat dari kulit bison yang diregangkan pada kerangka kayu yang mudah dipasang. Di bagian atasnya ada penutup yang bisa dibuka agar asap dari api unggun bisa keluar.

Bahasa isyarat[sunting | sunting sumber]

Tiap suku Indian mempunyai bahasa sendiri. Meskipun terdiri atas berbagai suku, mereka bisa saling berkomunikasi dengan bahasa isyarat yang dipahami oleh mereka semua.

Geronimo[sunting | sunting sumber]

Kepala suku Indian terakhir yang memimpin perlawanan terhadap "orang kulit putih" adalah Geronimo (1829-1909) dari suku Chiricahua Apache. Ia memimpin serangan dari negara bagian baratdaya hingga ke Meksiko. Akhirnya ia tertangkap dan diasingkan ke Florida. Lalu ia dibebaskan dan menjadi seorang tokoh nasional yang termasyur.

Suku Indian[sunting | sunting sumber]

Penduduk asli Amerika utara terdiri atas banyak suku. Mereka umumnya hidup dari berburu, memancing dan bertani. Suku-suku terkenal di antaranya adalah Cheyenne, Comanche, don Sioux yang hidup di Great Plains; Apache, Navajo, dan Pueblo, yang hidup di daerah baratdaya; dan Iroquois, Huron, dan Cherokee, yang hidup di daerah timur, serta Miccosukee yang tinggal di wilayah Everglades (Florida).

Bulu perang[sunting | sunting sumber]

Keterampilan perang seorang prajurit tampak dari tanda bulu:

  • pernah membunuh seorang musuh,
  • pernah membunuh dan mengambil kulit kepala musuh,
  • pernah memotong leher musuh,
  • pernah mengalami cedera.

Senjata Indian[sunting | sunting sumber]

Suku Indian memakai busur dan anak panah, pisau, serta pentung, tombak, sebagai senjata. Banyak pula yang membawa tomahawk. Pada abad ke-16 mereka mendapat senapan dari pedagang di Eropa.

Kerajinan tangan[sunting | sunting sumber]

Orang Indian adalah pengrajin yang terampil. Mereka membuat pakaian dan hiasan kepala yang indah. Sepasang sepatu moccasin terbuat dari kulit yang disetik dan dihiasi dengan tali kulit serta aneka warna manik.

Reservat modern[sunting | sunting sumber]

Satu setengah juta orang Indian AS hidup di reservat yang mereka kelola sendiri. Reservat Navajo, misalnya, meliputi daerah seluas 6 juta ha di Arizona, New Mexico, dan Utah. Baru-baru ini beberapa Suku Indian pesisir barat laut Pasifik berhasil memprotes, dan memperoleh tanahnya kembali.

Wilayah Suku Indian[sunting | sunting sumber]

Sebelum orang Eropa tiba, suku Indian menduduki sebagian besar wilayah yang sekarang menjadi AS. Suku Indian dikelompokkan menjadi 6 wilayah geografis. Pemukiman Eropa secara bertahap mendesak Suku-suku Indian ke barat dan barat daya. Akhirnya pada 1890 mereka menetap di beberapa reservat yang tersebar.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Inka (orang pribumi Amerika Selatan)

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Simon Adams, dkk. Ensiklopedia Populer Anak, PT Ichtiar Van Hoeve, 1998.
  1. ^ "Overview of 2020 AIAN Redistricting Data: 2020" (PDF). Diakses tanggal 16 Januari 2022. 
  2. ^ "Race and Ethnicity in the United States: 2010 Census and 2020 Census". Diakses tanggal 16 Januari 2022. 
  3. ^ Siebens, J & T Julian. Desember 2011. Native North American Languages Spoken at Home in the United States and Puerto Rico: 2006–2010. Biro Sensus Amerika Serikat.