Anak panah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Anak Panah[sunting | sunting sumber]

Anak panah dapat dibuat dari kayu, bambu maupun rotan. Sedangkan mata panah dibuat dari besi, kaca, batu, tulang maupun bahan keras lainnya. fungsi dari head arrow ini adalah untuk melindungi batang/badan anak panah dan kemampuanya dalam mengenai target.

Panjang anak panah adalah sekitar 60 cm, dengan berat 18 gram. semakin besar diameter suatu anak panah, maka tingkat kerusakan yang dihasilkan semakin besar, tetapi melayang lebih lambat di bandingkan dengan anak panah berdiameter lebih kecil. diameter anak panah yang kecil akan membuat anak panah mampu meluncur dengan lebih cepat tetapi kerusakan yang dihasilkan akan lebih lemah.

Sedangkan wings/sayap anak panah dapat dibuat dari bulu sayap kiri unggas, plastik, kertas, kain atau bahan lainnya. wings berfungsi untuk men-stabilkan anak panah setelah terlontar dari busur. Lebar wings secara langsung akan mempengaruhi tingkat kebisingan/suara dan kecepatan pada anak panah yang sedang meluncur/melayang.

Memperbaiki bentuk kayu pada anak panah[sunting | sunting sumber]

Agar kayu yang akan digunakan untuk membuat anak panah lurus, hal yang perlu dilakukan adalah memperbaikinya, dengan cara memanaskannya di atas bara api dan melakukan pelurusan kayu sesuai keinginan secara bertahap.

Melindungi bulu pada anak panah[sunting | sunting sumber]

Bulu/wings pada anak panah perlu diberi pelindung, agar wings tidak rusak ketika bergesekan dengan busur, yang perlu dilakukan adalah merekatkan bulu dengan lem dan melilit pangkal bulu dengan seutas tali.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]