Thérèse dari Lisieux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Thérèse de Lisieux)
Santa Theresia dari Lisieux
Theresia umur 15 tahun
Santa Theresia dari Kanak-Kanak Yesus
Perawan, Doktor dan Pujangga Gereja
Lahir(1873-01-02)2 Januari 1873
Alençon, Prancis
Meninggal30 September 1897(1897-09-30) (umur 24)
Lisieux, Prancis
Dihormati diGereja Katolik Roma
Beatifikasi29 April 1923 oleh Paus Pius XI
Kanonisasi17 Mei 1925 oleh Paus Pius XI
Tempat ziarahBasilique de Sainte-Thérèse,[1] Lisieux, France
Pesta1 Oktober
3 Oktober Tradisional Kalender Katolik
Atributbunga
PelindungPenyintas HIV/AIDS; Alaska; Cheyenne, Wyoming; Fresno, California; Pueblo, Colorado; florists; Prancis; Kisumu, Kenya; anak-anak yatim piatu; orang-orang tunawisma; Rusia; tuberkulosis; Witbank, Afrika Selatan

Thérèse dari Lisieux (2 Januari 1873 – 30 September 1897), juga dikenal dengan Theresia dari Lisieux, Santa Theresia dari Kanak-Kanak Yesus dan dari Wajah Kudus,[3] atau Si Bunga Kecil, yang bernama lahir Marie-Françoise-Thérèse Martin, adalah seorang suster Karmelit Katolik Roma yang dikanonisasi sebagai santa dan juga seorang Pujangga Gereja, satu dari empat wanita yang diberikan gelar tersebut (tiga lainnya adalah: St. Teresa dari Avila, St. Katarina dari Siena, St. Hildegard dari Bingen). Dia juga dikenal sebagai Bunga Kecil Yesus.

Jalan yang ditawarkan Theresia (dalam otobiografi-nya)[3] adalah suatu jalan cinta kasih yang menghubungkan manusia dengan Allah sebagai anak-anak-Nya. Jalan cinta kasih ini yang oleh St. Theresia disebut dengan istilah "Jalan Kanak-kanak Rohani", sering juga disebut Jalan Kecil, yang adalah jalan cinta kasih dan kepercayaan dalam hubungan manusia dengan Allah sebagai Bapa, yang mana tidak lain adalah hidup dalam kepercayaan dan ketergantungan sepenuhnya kepada Allah, seperti seorang anak kecil mengharapkan segalanya dari orang tuanya.[4]

Awal hidup[sunting | sunting sumber]

Theresia dilahirkan di Alençon, Prancis, anak dari Beato Louis Martin, seorang pembuat jam, dan Beata Marie-Azélie Guérin, pembuat renda.[5]

Kedua orang tuanya sangat saleh. Louis pernah ingin menjadi biarawan, tetapi ditolak karena ia tidak bisa berbahasa Latin. Azelie ditolak menjadi suster karena dia dianggap tidak memiliki vokasi. Namun, dia meminta Tuhan untuk memberinya banyak anak dan berharap mereka dipersembahkan pada Tuhan. Louis dan Azelie bertemu pada 1858 dan tiga bulan kemudian mereka menikah. Mereka melahirkan sembilan anak, tetapi hanya lima anak perempuan yang dapat hidup sampai dewasa:

  • Marie (, karmelit di Lisieux (1886) – Suster Marie Hati Kudus –, meninggal ) ;
  • Pauline (, karmelit di Lisieux (1882) – Suster serta Ibu Agnes dari Yesus –, meninggal ) ;
  • Leonie (, klaris (1886) serta visitasi di Caen (1894) – Suster Francoise-Theresia –, meninggal ) ;
  • Marie-Helene ( - ) ;
  • Marie-Joseph-Louis ( - ) ;
  • Marie-Joseph-Jean-Baptiste ( - ) ;
  • Celine (, karmelit di Lisieux (1894) – Suster Genevieve dari Wajah Kudus –, meninggal ) ;
  • Marie-Melanie-Theresia ( - meninggal pada minggu ketujuh).
  • Theresia (, karmelit di Lisieux (1888) – Suster Theresia dari Kanak-kanak Yesus dan dari Wajah Kudus –, meninggal dan dikanonisasi 1925).

Theresia merupakan anak termuda mereka. Bisnis renda Azelie sangat sukses sehingga Louis menjual bisnis jamnya pada keponakannya dan menangani perjalan bisnis renda istrinya.

Zelie meninggal karena kanker payudara pada 1877, ketika Therese berumur 4 tahun dan ayahnya menjual bisnisnya dan pindah ke Lisieux, di Departemen Calvados di Normandia, di mana saudara laki-laki Azelie, Isidore Guérin, seorang apoteker tinggal bersama istrinya dan dua putrinya.

Theresia belajar di Biara Benediktin Notre Dame du Pré. Ketika dia berumur 9 tahun, kakaknya Pauline, yang bertindak sebagai "ibu kedua" baginya, memasuki biara Karmelit di Lisieux. Therese juga ingin masuk ke biara Karmelit yang sama, Therese mencoba bergabung ke ordo tersebut, namun ditolak karena dia masih terlalu muda. Kemudian, ayah Therese mengajaknya berziarah ke Roma, dan pada saat pidato Paus Leo XIII, dia memintanya untuk mengizinkannya masuk biara pada umur 15, namun Paus berkata: "Anakku, turuti keputusan Pastur pemimpin."

Tidak lama setelah itu Uskup Bayeux mengizinkan Theresia memasuki biara dan pada April 1888 dia menjadi postulan Karmelit. Pada 1889 ayahnya menderita stroke dan dibawa ke sanatorium swasta, Bon Sauveur di Caen, dia tinggal di sana selama 3 tahun dan kemudian kembali ke Lisieux pada 1892. Dia meninggal pada 1894. Setelah kematiannya, Celine, yang merawat ayahnya selama ini juga memasuki biara yang sama dengan tiga saudara lainnya pada 14 September 1894; sepupu mereka, Marie Guerin, turut bergabung pada 1895. Leonie, setelah gagal beberapa kali, akhirnya menjadi Suster Francoise-Therese, seorang biarawati di Ordo Kunjungan Maria Suci di Caen.

Jalan Kecil[sunting | sunting sumber]

Theresia dikenal sebagai "Jalan Kecil." Dalam mencari kesucian diri, dia menyadari bahwa dia tidak perlu menyelesaikan tindakan kepahlawanan, atau "jasa besar", untuk mencapai kesucian dan menyatakan cintanya pada Tuhan. Dia menulis:

"Cinta membuktikan dirinya dengan tindakan, jadi bagaimana saya menunjukkan cinta saya? Aku tidak bisa melakukan jasa besar. Cara yang dapat kulakukan untuk membuktikan cintaku adalah dengan menyebarkan bunga dan bunga ini adalah pengorbanan yang sangat kecil, setiap pandangan dan kata, dan hal yang kulakukan adalah aksi cinta yang terkecil."

"Jalan Kecil" ini juga muncul dalam pendekatannya terhadap spiritualitas:[1]

"Kadang-kadang, ketika saya membaca bacaan rohani, di mana kesempurnaan ditunjukkan dengan ribuan tantangan dan banyak ilusi di sekelilingnya, pikiranku yang kecil dan terbatas dengan cepat menjadi letih, Aku tutup buku tersebut, yang membuat kepalaku terbelah dan hatiku haus, dan Aku mengambil Alkitab. Dan semuanya menjadi terang, sebuah kata membuka kaki langit di jiwaku, kesempurnaan sepertinya sangat mudah; Aku melihat hal itu cukup untuk menyadari kecilnya seseorang, dan memberikan seseorang secara menyeluruh, seperti seorang anak, ke pelukan Tuhan yang baik. Meninggalkan untuk jiwa yang besar, dan pikiran yang besar, buku-buku yang tidak dapat aku mengerti, Aku bergembira menjadi kecil karena 'hanya anak-anak kecil, dan mereka yang seperti mereka, yang akan masuk ke dalam pesta surgawi'."

Kata-kata seperti itu membuka Therese terhadap tuduhan bahwa dia memiliki rohani yang terlalu sentimental dan bahkan kekanak-kanakan. Pendukungnya menolak hal tersebut dan menyatakan bahwa dia mengembangkan cara pendekatan kepada kehidupan rohani yang mudah dimengerti dan dapat diikuti oleh semua orang yang memilih melakukan hal tersebut, tidak memandang tingkat kerumitan atau pendidikan.

Hal ini juga tertulis dalam pendekatannya terhadap doa:[6]

"Bagiku, doa berasal dari hati; ini merupakan tatapan sederhana ke Surga, ini merupakan permohonan pengakuan dan cinta, memeluk cobaan dan kegembiraan; dalam satu kata, sesuatu yang ningrat, supernatural, yang membesarkan jiwaku dan menyatukannya pada Tuhan... Aku tidak memiliki keberanian untuk mencari doa-doa indah di dalam buku-buku... Saya melakukannya seperti anak kecil yang belum belajar membaca, Saya hanya menceritakan pada Tuhan kita semua hal yang aku inginkan dan Dia mengerti."

Monumen Funerary di the Church of Saint Francis, di Évora (Portugal).

Kesehatan yang berkurang dan kematian[sunting | sunting sumber]

Tahun-tahun akhir Theresia ditandai dengan kesehatan yang terus berkurang yang dia tahan dengan tabah dan tanpa keluhan. Pada pagi hari Jumat Agung tahun 1896, dia mendapat pendarahan di mulut karena hemoptisis paru-paru; tuberkolosis yang dia derita bertambah parah. Theresia bertukar surat dengan misi Karmelit di Prancis Indochina, dan diundang untuk bergabung dengan mereka, tetapi karena penyakitnya, dia tidak dapat bepergian. Pada Juli 1897 dia dipindah ke biara untuk orang sakit, di mana dia meninggal dunia pada 30 September 1897, pada umur 24. Di saat kematiannya, dia mengatakan, "Aku telah mencapai titik di mana dia tidak dapat mengalami penderitaan lagi, karena semua penderitaan adalah manis baginya."

Otobiografi[sunting | sunting sumber]

Thérèse de Lisieux

St. Theresia dikenal sekarang ini karena otobiografinya, L'histoire d'une âme ("Kisah Suatu Jiwa"), yang ia tulis atas perintah dari dua kepala biara wanita sebagai pemimpin biara nya. Dia mulai bekerja pada tahun 1895 sebagai sebuah memori masa kecilnya, di bawah instruksi dari adiknya Pauline, yang dikenal dalam agama sebagai Ibu Agnes dari Yesus. Ibu Agnes memberikan perintah setelah diminta oleh kakak tertua mereka, Suster Marie Hati Kudus. Sementara Theresia berada di retret di bulan September 1896, dia menulis bagian kedua, surat kepada Suster Marie Hati Kudus. Pada Juni 1897 Ibu Agnes menyadari sejauh mana penyakit Thérèse, karena ia segera meminta Ibu Marie de Gonzague, yang menggantikan dia sebagai kepala biara, untuk memungkinkan Thérèse untuk menulis riwayat lain dengan rincian lebih lanjut dari hidup religiusnya. Itu dipublikasikan secara anumerta, dan banyak disunting oleh Pauline (Ibu Agnes). (Selain pertimbangan gaya, Ibu Marie de Gonzague telah memerintahkan Pauline untuk mengubah dua bagian naskah untuk membuat mereka tampak seolah-olah mereka ditujukan kepada Ibu Marie juga.)

Sejak 1973, naskah yang diedit Thérèse, termasuk "Cerita dari jiwa," suratnya, puisi, doa, dan drama yang ditulisnya untuk rekreasi biara telah diterbitkan dalam bahasa Prancis. Terjemahan otoritatif bahasa Inggris dari edisi seratus tulisan Teresa tersedia dari ICS di Publikasi di Washington, DC "Story of a Soul" "Percakapan terakhir," dan dua volume suratnya yang diterjemahkan oleh John Clarke, OCD, "Puisi dari Santa Theresi" oleh Donald Kinney, OCD, dan "Doa St Therese" oleh Alethea Kane, OCD

Pengakuan[sunting | sunting sumber]

Interior Basilica of St Therese di Lisieux

Pada tahun 1902, Bapa Karmelit Polandia, Raphael Kalinowski OCD (kemudian menjadi Santo Raphael Kalinowski) menerjemahkan otobiografi Therese "Story of a Soul" ke bahasa Polandia.

Paus Pius X menandatangani dekret untuk pembukaan proses kanonisasi nya pada 10 Juni, 1914. Paus Benediktus XV mempercepat proses, denga mengesampingkan penundaan lima puluh tahun antara kematian dan beatifikasi yang biasanya dipersyaratkan. Pada tanggal 14 Agustus 1921, diumumkan dekret pada pahlawan kebajikan dari Thérèse dan memberikan gelar dalam perjalanannya Theresia tentang keyakinan dan cinta, merekomendasikan kepada seluruh Gereja. Thérèse dibeatifikasi pada bulan April tahun 1923 dan dikanonisasi pada 17 Mei, 1925, oleh Paus Pius XI, hanya 28 tahun setelah kematiannya. Hari peringatannya telah ditambahkan ke kalender orang kudus Gereja Katolik Roma pada tahun 1927 untuk perayaan di 3 Oktober.[7] Pada tahun 1969, 42 tahun kemudian, Paus Paulus VI pindah ke 1 Oktober, sehari setelah dia meninggal natalis' (ulang tahun ke surga).[8]

Basilique Sainte-Thérèse di kota kelahirannya Lisieux ditahbiskan pada tanggal 11 Juli 1954, dan telah menjadi pusat bagi para peziarah dari seluruh dunia.

Theresia dari Lisieux adalah santa pelindung penderita AIDS, penerbang, toko bunga, penyakit, dan misi. Dia juga dianggap oleh umat Katolik untuk menjadi santa pelindung Rusia, meskipun Gereja Ortodoks Rusia secara resmi tidak mengakui kanonisasi nya atau patronase nya. Pada tahun 1927 Paus Pius XI bernama Theresia pelindung misi dan pada tahun 1944 Paus Pius XII dinamai rekan-pelindung Prancis bersama St. Joan of Arc. Santa Theresia juga merupakan santa pelindung bagi "Sekolah Kampus Santa Theresia" yang beralamat di Jalan Haji Agus Salim No.75, RT.8/RW.4, Gondangdia, Kecamatan. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350,[9] Indonesia

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Villes-Sanctuaires.com:Shrine Town of France. Diarsipkan 2009-04-12 di Wayback Machine. Retrieved on October 1, 2006.
  2. ^ Vatican.va: Catechism of the Catholic Church, Part Four: Christian Prayer . Retrieved on October 1, 2006.
  3. ^ a b (Indonesia) Theresia dari Lisieux: 1995. "Aku Percaya akan Cinta Kasih Allah". Otobiografi; Terjemahan Indonesia oleh Biarawati Karmel OCD, Bajawa, Flores, Indonesia; Penerbit Biara Karmel Lembang
  4. ^ (Indonesia) Yohanes Indrakusuma, O.Carm: Cetakan ke 4 - 2012. "Kasih, Kepercayaan, dan Pasrah - Jalan Kanak kanak Rohani Theresia Lisieux". Penerbit Pertapaan Shanti Bhuana. ISBN 979-97615-0-6
  5. ^ Venerable and to-be-Blessed Zelie and Louis Martin: Their Lives
  6. ^ Doa Therese
  7. ^ Calendarium Romanum (Libreria EDITRICE Vaticana, 1969), hlm. 104
  8. ^ Calendarium Romanum (Libreria EDITRICE Vaticana, 1969), hlm. 141
  9. ^ "SMA Santa Theresia". Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. 2017-07-21. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]