Talhae dari Silla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Talhae dari Silla (?-80, bertahta tahun 57-80) adalah raja keempat dari kerajaan Silla, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea. Ia biasa dipanggil Talhae Isageum, menjadi gelar kerajaan di awal Silla.

Talhae dari Silla
Hangeul 탈해 이사금, 토해 이사금
Hanja 脫解尼師今, 吐解尼師今
Alih Aksara yang Disempurnakan Talhae Isageum, Tohae Isageum
McCune–Reischauer T'arhae Isagŭm, T'ohae Isagŭm

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Ia merupakan anggota Gyeongju dari klan Seok, salah satu klan nobel yang berbagi tahta Silla dalam periode awal.

Ia dilahirkan di sebuah kerajaan kecil 1000 li1bagian timur laut Wa (Jepang)[1]. (Nama kerajaan tersebut adalah Dapana-guk 다파나국 多婆那國2menurut riwayat Samguk Sagi, atau Yongseong-guk 용성국 龍城國[2] menurut riwayat Samguk Yusa.) Ayahnya, Raja Hamdalpa, merupakan seorang raja di kerajaan tersebut, ibunya adalah seorang ratu atau puteri dari kerajaan kecil yang lain.

Menurut riwayat Samguk Sagi, ketika ia dilahirkan sebagai sebutir telur, ayahnya menganggap hal tersebut sebagai suatu firasat buruk dan menaruhnya di dalam sebuah kotak dan menghanyutkannya di laut. Telur itu mengapung melewati Geumgwan Gaya dan tiba di timur Gyerim (dekat yang sekarang Gyeongju, Korea Selatan), dimana ia dibesarkan oleh seorang pria tua yang bekerja sebagai seorang pemancing. Keluarganya dikatakan telah mengambil alih rumah seorang pejabat tinggi dengan klaim sebagai pekerja logam.

Tahun kelahirannya tidak diketahui, tapi ia kemungkinan sudah tua ketika ia naik keatas tahta, menikahi seorang puteri (atau adik perempuan) Raja Namhae, Silla pada tahun 8. Ia ditawari untuk menjadi pewaris tahta oleh raja ke-2, Namhae, namun yang lebih tua, Yuri menjadi raja terlebih dahulu. Yuri sebagai gantinya menunjuk Talhae sebagai pewarisnya.

1li secara kasar setara dengan 400-500 meter.

2Tamba no kuni berlokasi 460km timur laut Wa no Nakoku(倭奴國).

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 64, negara tetangga saingan Baekje menyerang beberapa kali. Silla bertempur dengan konfederasi Gaya pada tahun 77.

Menurut legenda, pada tahun 65 seorang anak kecil Kim Alji, pewaris Gyeongju keluarga Kim, didirikan oleh Hogong di dalam sebuah kotak emas di dalam hutan kerajaan Gyerim. Talhae menamakan kerajaannya Gyerim pada ssat itu (nama Silla secara resmi diambil kemudian).

Sebuah makam yang dipercaya adalah makam Talhae berlokasi di bagian utara kota Gyeongju.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 三國史記 卷第一 新羅本紀第一 脱解尼師今, 脱解本多婆那國所生也 其國在倭國東北一千里
  2. ^ 三國遺事 紀異 卷第一 脱解王, 我本龍城國人 亦云正明國 或云琓夏國 琓夏或作花厦國 龍城在倭東北一千里

Lihat pula[sunting | sunting sumber]