Silseong dari Silla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Silseong dari Silla (wafat tahun 417, bertakhta tahun 402-417), kadang-kadang juga diberi nama Silju atau Silgeum, adalah raja kedelapan belas kerajaan Silla. Ia merupakan putra dari Jendral (gakgan) Kim Daeseoji, dan saudara termuda dari Raja Michu. Gelarnya diberikan sebagai Maripgan di dalam riwayat Samguk Yusa, dan sebagai Isageum di dalam riwayat Samguk Sagi.

Silseong dari Silla
Hangeul 실성 마립간
Hanja 實聖 麻立干
Alih Aksara yang Disempurnakan Silseong Maripgan
McCune–Reischauer Silsŏng Maripkan

Sebagai seorang anak pada tahun 392, Silseong dikirim ke Goguryeo sebagai seorang tawanan. Ia tidak kembali ke Silla sampai tahun 401. Pada tahun berikutnya, yang memimpin Raja Naemul wafat. Karena putra-putra Naemul masih terlalu kecil, para bangsawan kerajaan menunjuk Silseong menggantikannya sebagai raja.

Setelah dimahkotai pada tahun 402, Silseong membangun persekutuan dengan Wa dan mengirim putra Naemul Kim Misaheun ke sana sebagai seorang tawanan. Pada tahun 412, ia mengirim putra Naemul yang lain, Kim Bokho, ke Goguryeo sebagai seorang tawanan. Ia mencoba membunuh calon pewaris yang lain, Kim Nulji, tapi ia sendiri berakhir sekarat.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]