Naemul dari Silla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Naemul dari Silla (mangkat pada tahun 402, bertahta tahun 356-402) adalah raja ketujuh belas kerajaan Silla, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea. Ia adalah keponakan dari Raja Michu. Ia menikah dengan putri Michu, Lady Boban. Ia diberikan gelar Isageum, gelar yang sama yang diberikan oleh peimimpin terdahulu, di dalam riwayat Samguk Sagi; ia diberikan gelar Maripgan, yang dipakai oleh pemimpin kemudian, di dalam riwayat Samguk Yusa. Ia adalah orang yang pertama-tama memakai gelar Maripgan yang tertera di dalam catatan riwayat manapun.

Naemul dari Silla

Makam Raja Namul di hutan Gyerim, Gyo-dong, Gyeongju, Korea Selatan.[1]
Nama Korea
Hangeul 내물 이사금 also 내물 마립간
Hanja 奈勿尼師今 also 奈勿麻立干
Alih Aksara yang Disempurnakan Naemul Isageum also Naemul Maripgan
McCune–Reischauer Naemul Isagŭm also Naemul Maripkan

Ia merupakan raja pertama yang muncul di dalam riwayat Cina. Sepertinya terdapat kejadian besar masuknya budaya Cina ke Silla di dalam periodenya, dan bahwa penggunaan luas karakter Cina dimulai pada masa pemerintahannya. Naemul mengirimkan misi upeti kepada raja Jin Awal pada tahun 381.

Masa-masa akhir pemerintahan Naemul disulitkan oleh invasi berulang-ulang oleh Wa Jepang dan suku utara Malgal. Ini dimulai dengan serangan besar Jepang pada tahun 364, yang dipukul mundur dengan kerugian hidup yang besar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]