Surah As-Sajdah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
as-Sajdah
السّجدة
As-Sajda.png
Informasi
Arti Sujud
Nama lain Alif Lam Mim As-Sajdah
Klasifikasi Makkiyyah
Surah ke 32
Juz Juz 21
Statistik
Jumlah ruku' 3 ruku
Jumlah ayat 30 ayat
Ayat Sajdah Ayat 15

Surah As-Sajdah (bahasa Arab :السّجدة) adalah surah ke-32 dalam Al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 30 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah serta diturunkan sesudah surah Al-Mu’minun. Dinamakan As-Sajdah berhubung pada surah ini terdapat ayat Sajdah (sujud), yaitu ayat yang kelima belas.

Pokok-Pokok Isi[sunting | sunting sumber]

  1. Keimanan: Menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW itu benar-benar seorang rasul dan menjelaskan bahwa kepada musyrik Mekah belum pernah diutus seorang rasulpun sebelumnya; menegaskan bahwa Allah Maha Esa, bahwa Dia-lah yang menguasai alam semesta dan Dia-lah yang mengaturnya dengan aturan yang paling sempurna; menyatakan bahwa hari berbangkit benar-benar akan terjadi.
  2. Hukum: Anjuran melakukan sembahyang malam (tahajjud dan witir).
  3. Dan lain-lain: Keterangan mengenai kejadian manusia di dalam rahim dan fase-fase yang dilaluinya sampai ia menjadi manusia; penjelasan bagaimana keadaan orang-orang mukmin di dunia dan nikmat serta pahala yang disediakan Allah bagi mereka di akhirat; kehinaan yang menimpa orang-orang kafir di akhirat dan mereka pada waktu itu meminta supaya dikembalikan saja ke dunia untuk bertobat dan berbuat kebaikan, tetapi keinginan ini ditolak; keingkaran kaum musyrik terhadap hari berbangkit dan mereka menganggap bahwa hal itu adalah mustahil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Mukaddimah terjemahan Al Qur'an versi Depag RI

Surah Sebelumnya:
Surah Luqman
Al-Qur'an Surah Berikutnya:
Surah Al-Ahzab
Surah 32