Surah Fussilat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fussilat
Foselat.png
Fussilat.png
Informasi
Arti Yang Dijelaskan
Nama lain Ha Mim as-Sadjah
Klasifikasi Makkiyah
Surah ke 41
Juz Juz 24 (ayat 1-46)
Juz 25 (ayat 47-54)
Statistik
Jumlah ruku' 5 ruku
Jumlah ayat 54 ayat
Ayat Sajdah Ayat 38

Surah Fussilat (Arab: فصّلت, "Yang Dijelaskan") adalah surah ke-41 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 54 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Surah yang diturunkan sesudah Surah Al-Mu’min ini dinamai Fussilat (Yang Dijelaskan) diambil dari kata Fushshilat yang terdapat pada permulaan surah ini.

Pokok-pokok isi[sunting | sunting sumber]

  1. Keimanan: Al Quran dan sikap orang-orang musyrik terhadapnya; kejadian-kejadian langit dan bumi dan apa yang ada pada keduanya membuktikan adanya Allah; semua yang terjadi dalam alam semesta tidak lepas dari pengetahuan Allah.
  2. Lain-lain: Hikmah diciptakannya gunung-gunung; anggota tubuh tiap-tiap orang menjadi saksi terhadap dirinya pada hari kiamat; azab yang ditimpakan kepada kaum Aad dan Tsamud; permohonan orang-orang kafir agar dikembalikan ke dunia untuk mengerjakan amal-amal saleh; berita gembira dari malaikat kepada orang-orang yang beriman; anjuran menghadapi orang-orang kafir secara baik-baik; ancaman terhadap orang-orang yang mengingkari ke-Esaan Allah; sifat-sifat Al Quranul Karim; manusia dan wataknya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Mukaddimah Terjemahan Al Qur'an versi Depag RI

Surah Sebelumnya:
Surah Al-Mu’min
Al-Qur'an Surah Berikutnya:
Surah Asy-Syura
Surah 41