Sudarto (akademisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sudarto
Rektor Universitas Diponegoro
Masa jabatan
1978–1986
Informasi pribadi
Lahir(1923-02-10)10 Februari 1923
Jember, Hindia Belanda
Meninggal28 Juli 1986(1986-07-28) (umur 63)
Kota Semarang, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Suami/istriSoewartini
AnakDr. Budhi Wisaksono, S.H., M.H.
dr. Ratna Widyastini, Sp.KK
Hera Widayanti, S.H.
Shanti Widayani, S.S.
Alma materUniversitas Gadjah Mada
PekerjaanAkademisi
ProfesiDosen, jaksa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Prof. Sudarto, S.H. (10 Februari 1923 – 28 Juli 1986), merupakan sosok pendiri dan sekaligus pembangun Universitas Diponegoro[1]. Dia juga menjadi pendiri dari Universitas Semarang (USM)[2] dan Akademi Pelayaran Nasional (AKPELNI) Semarang[1]. Ia merupakan tokoh perancang awal Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Indonesia Baru yang akhirnya telah disahkan menjadi UU di Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia akhir tahun 2022.[3]

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Lahir di Jember tanggal 10 Februari 1923, Prof. Sudarto dikenal memiliki karakter yang disiplin dan suka bekerja keras. Di depan para civitas akademika ia dikenal sebagai seorang bapak yang ramah dan penuh kasih sayang. Teman sejawatnya mengaguminya karena ketekunan kejujuran dan kesederhanaannya. Di depan para mahasiswanya Prof. Sudarto adalah suri tauladan yang patut dicontoh, lambang kejujuran dan ketulusan hati. Beliau merupakan cendekiawan yang jujur dan tekun menggumuli bidang keahliannya pengembang serta pengamal ilmu yang penuh dedikasi.[4]

Beliau wafat pada tanggal 28 Juli 1986 karena sakit dan di makamkan di Pemakaman Bergota, Kota Semarang.[5]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sudarto lulus dari Hollandsch-Inlandsche School (HIS) Jember dengan prestasi memuaskan pada tahun 1936, kemudian melanjutkan pendidikannya di MULO bagian B Jember dan lulus pada tahun 1940. Pada tahun 1941 Sudarto bersekolah di MOSVIA Magelang sampai kelas 2 dan melanjutkan studinya ke Sekolah Menengah Tinggi bagian A di Yogyakarta. Selanjutnya pada tahun 1955 Sudarto mendapatkan gelar Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Sudarto mempertahankan skripsinya yang berjudul "Pencurian" di bawah bimbingan Prof. Moeljatno, S.H.

Karir Bidang Pemerintahan dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sudarto memulai karir sebagai pegawai menengah III di Pengadilan Negeri Semarang pada tahun 1944. Pada tahun 1945 ia mendapat kesempatan untuk tugas belajar pada kursus kehakiman bagian hakim-jaksa dan kemudian diangkat sebagai ajun-jaksa pada Kejaksaan Negeri Jember pada tahun 1945-1947. Karir sebagai penegak hukum ditekuni dari jabatan yang paling rendah dan kemudian mencapai jenjang Kepala Kejaksaan di Kejaksaan Negeri Semarang pada tahun 1958. Tiga belas tahun sebagai Jaksa memberinya pengalaman praktis yang demikian besar manfaatnya apalagi terhadap karir berikutnya sebagai ilmuwan.

Prof. Sudarto saat menjadi Dekan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro

Pada tahun 1956 Sudarto, S.H. mendirikan Universitas Diponegoro Semarang yang pada saat itu bernama Universitas Semarang pada tahun 1961 sampai 1963. Setelah sebelas tahun beliau mengabdikan dirinya kepada masyarakat, pemerintah, negara dan bangsanya khususnya melalui pengembangan ilmu hukum pidana. Pada tahun 1972 oleh Presiden Republik Indonesia, ia diangkat sebagai guru besar dalam Ilmu Hukum Pidana pada Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Prof. Sudarto saat menjadi Rektor Universitas Diponegoro

Prof. Sudarto, S.H. Menyampaikan pidato pengukuhan sebagai guru besar pada tahun 1974 dengan judul "Suatu Dilema dalam Pembaharuan Sistem Pidana Indonesia", pidato ini merupakan sumbangan pikiran secara konkrit terhadap usaha-usaha pemerintah dalam rangka pembinaan hukum nasional dan bertepatan dengan usaha perumusan hukum pidana nasional.

Pada tahun 1972-1973 beliau mendapat kesempatan untuk studi ke luar negeri di Erasmus Universiteit Rotterdam, Belanda. Dalam studinya sudarto berhasil menulis karya tulis berjudul "De Strafrechts Hervorming in Indonesie" di bawah bimbingan Prof. G.P. Hoefnagels dan Prof. A.A.G. Peters.

Prof. Sudarto, S.H. telah membimbing langsung ahli-ahli hukum di Indonesia, diantaranya: Prof. Dr. Satjipto Rahardjo, Prof. Dr. Baharuddin Lopa, Prof. Dr. J. E. Sahetapy, Prof. Dr. Muladi, Prof. Dr. Barda Nawawi Arief dan Prof. Dr. Andi Hamzah

Atas jasanya di bidang pendidikan, Prof. Sudarto diabadikan menjadi nama jalan protokol di lingkungan kampus UNDIP Semarang di Tembalang, dan juga diabadikan sebagai nama gedung auditorium Universitas Diponegoro[6] serta Gelanggang Olahraga di Universitas Semarang[7]

Ringkasan Karir[sunting | sunting sumber]

Kegiatan Keilmuan dalam Bidang Hukum Pidana[sunting | sunting sumber]

  • Peranan Kejaksaan dalam Penyidikan, Penuritutan dan Pemeriksaan Perkara di Pengadilan Negeri, Pidato Dies di Universitas Diponegoro (1962)
  • Masalah-Masalah Dasar dalam Hukum Pidana Kita, Seminar UPI (1974)
  • Suatu Dilema dalam Pembaharuan Sistem Pidana Indonesia, Pidato Pengukuhan sebagai Guru Besar (1974)
  • Pengaruh Perkembangan Masyarakat Modernisasi terhadap Hukum Pidana Kita, Simposium BPHN (1975)
  • Beberapa Pokok Pikiran mengenai Penyimpanan Rahasia bagi Dokter di Sidang Pengadilan, Colloquium di Universitas Diponegoro (1976)
  • Tindak Pidana Korupsi di Indonesia, Refresher course Universitas Diponegoro (1971)
  • Masalah Ganti Rugi Dalarii karena Perkara Pidana, Simposium di Lampung (1976)
  • Perkembangan Delik-Delik Khusus, Penelitian Atas Kerjasama dengan BPHN, Departemen Kehakiman (1976)
  • Pengertian dan Ruang Lingkup Peradilan Anak, Lokakarya (1977)
  • Hukum dan Hukum Pidana, Buku Kumpulan Karangan (1981)[9]
  • Kapita Selekta Hukum Pidana (1981)[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Mengenang Prof. Sudarto, Tokoh Pendidikan Semarang dan Pendiri Undip". Kompas.com. Diakses tanggal 6 September 2023. 
  2. ^ "Rektor USM Apresiasi Jasa Prof Sudarto". Warta USM. Diakses tanggal 6 September 2023. 
  3. ^ a b "Sosialisasi KUHP Nasional di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat". Ditjen PP Kemenkumham. Diakses tanggal 6 September 2023. 
  4. ^ "Belajar dari Prof Sudarto SH". VIVA Edukasi. Diakses tanggal 6 September 2023. 
  5. ^ "Prof Sudarto SH Meninggal Dunia". Majalah Tempo. Diakses tanggal 6 September 2023. 
  6. ^ "Gedung Auditorium Profesor Soedarto". 
  7. ^ "Gelora USM Prof Sudarto SH". 
  8. ^ "Sejarah Fakultas Hukum Diponegoro". Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Januari 2014. Diakses tanggal 6 September 2023. 
  9. ^ "Hukum dan Hukum Pidana/Sudarto". OPEC Perpustakaan Mahkamah Konstitusi. Diakses tanggal 6 September 2023. 
  10. ^ "Kapita Selekta Hukum Pidana/Sudarto". OPEC Perpustakaan Mahkamah Konstitusi. Diakses tanggal 6 September 2023.