Semen, Kediri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Semen
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Kediri
Pemerintahan
 • Camat AGUS SOENTORO,SE, MM[butuh rujukan]
Luas - km²
Jumlah penduduk 43.691 (2012)
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan -

Semen adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Agama[sunting | sunting sumber]

Di Kecamatan Semen ini terdapat tempat ziarah rohani Gua Maria Pohsarang yang diresmikan oleh Uskup Surabaya Mgr. Johannes Sudiarna Hadiwikarta.

Dekat gua ada juga Gereja Pohsarang yang dibangun tahun 1936 dan merupakan perpaduan gaya modern dan tradisional Jawa.

Arkeologi[sunting | sunting sumber]

Situs Semen adalah tempat di mana ditemukan peninggalan dalam bentuk reruntuhan bangunan dari batu bata, dua arca naga, patung raja Airlangga dan sejumlah pecahan tembikar. Peninggalan ini diduga dari Kerajaan Kediri kuno.

Tempat Wisata[sunting | sunting sumber]

Kediri Waterpark[sunting | sunting sumber]

Fasilitas/Obyek Wisata Wisata air dengan situasi pegunungan, Monorail, Waterslide terpanjang di Asia, Tsunami slide, Colloseum. Gondala, Go Kart Kediri Waterpark adalah Mega Proyek Kabupaten Kediri dalam tingkatkan sisi Pariwisata. Saat Bupati Sutrisno saat itu (1 Mei 2010) tempatkan batu pertama pembangunan ruang wisata waterpark, dan terpublikasikan di sebagian media-media buat maupun elektronik, menyebabkan apresiasi tinggi masyarakat. Wisata yang resmi dibuka 19 Juni 2014 lalu ini ada di dataran tinggi, yang rencananya akan dilengkapi service penginapan hotel, obyek wisata yang lain (wisata religi Puh Sarang) dan beritanya perumahan moderen Bukit Podang Residence juga berdiri disana, pasti betul-betul memikul perubahan ekonomi pendapatan asli daerah (PAD) yang menjanjikan dari sisi pariwisata ini. Dilengkapi permainan waterslide panjang 100-200 mtr., monorail yang dioperasikan malam hari buat nikmati pemandangan Kota Kediri diwaktu malam, serta gondola yang menghubungkan dua bukit buat raih waterslide. Object wisata ini di idamkan mampu mendatangkan wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Perumahan Bukit Podang Residence yang dibangun realestat ini memiliki rencana villa. Alasan penentuan Desa Pagung sbg ruang pembangunan karena letaknya ada pada ketinggian 350 mtr. di atas permukaan laut dengan suhu waktu malam hari 21 – 22 derajat celcius, siang hari 29 – 30 derajat celcius hampir sama dengan Kota Malang.

Wisata Air Sumberpodang[sunting | sunting sumber]

Wisata Air Sumber Podang wisata ini terletak di Dusun Karangnongko, Desa Joho, Kecamatan Semen kediri.Wisata ini berupa bendungan di daerah pegunungan dan sungai yang jernih. Kalau anda ingin kesini dari Terminal Tamanan Kota Kediri ke barat kira-kira 25 km. akses jalan menuju lokasi ini masih terbilang agak sulit karena jalannya masih rusak melewati batuan-batuan yang belum di aspal. Di wisata air sumber podang juga sering di pakai untuk berkemah para pelajar,pencinta alam dan tentara. Sebelum memasuki lokasi wisata, kita bisa bersantai-santai sejenak di sebuah kafe. dari kafe tersebut kita bisa melihat hamparan sawah warga dan sungai dari atas tebing, tak jauh beda dengan panorama subak di Bali.

Referensi[sunting | sunting sumber]

https://tempatwisatadikediri.wordpress.com/2014/08/17/kediri-water-park

http://pecintaalam-bocahkediri.blogspot.com/2012/08/wisata-air-sumber-podang.html