Sam Bird

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sam Bird
KebangsaanBritania Raya Britania Raya
Lahir9 Januari 1987 (umur 37)
Roehampton, Greater London, England
Karier Formula E
Musim debut2014–15
Tim saat iniNEOM McLaren Formula E Team
Izin balap FIA Platinum
Nomor mobil8
Mantan timEnvision Virgin Racing
Jaguar TCS Racing
Start119
Gelar juara0
Menang12
Podium27
Pole6
Lap tercepat9
Hasil terbaikKe-3 di 2017–18
Klasemen terakhirKe-8 (95 poin)
Karier World Endurance Championship
Musim debut2014
Tim saat iniAF Corse
Nomor mobil71
Mantan timG-Drive Racing
Start37
Menang8
Pole13
Lap tercepat4
Hasil terbaikKe-1 di 2015
Catatan lomba Le Mans 24 Jam
Tahun2014
TimAF Corse, G-Drive Racing
Hasil terbaik10 (2015)
Menang kelas0
Ajang sebelumnya
20102011, 2013
2012
2009–102011
200809
2007, 2009
2006
2004–05
GP2 Series
Formula Renault 3.5 Series
GP2 Asia Series
Formula 3 Euro Series
British Formula 3
Formula Renault 2.0 UK
Formula BMW
Penghargaan
2013

2006
Pirelli Trophy for Tyre Management
Autosport Club Driver/Year

Sam Jamie Bird[1] (lahir 9 Januari 1987) adalah pembalap mobil profesional asal Britania Raya yang saat ini berkompetisi di Formula E bersama NEOM McLaren.

Karier[sunting | sunting sumber]

Formula BMW[sunting | sunting sumber]

Bird membuat namanya di balap mobil kursi tunggal di kategori Formula BMW. Bird meraih hasil ke-14 di musim debutnya. Ia menjadi runner-up di musim 2005 yang merupakan musim keduanya di Formula BMW, dan juga meraih posisi 4 di Formula BMW world final.

Formula Renault[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, Bird mengikuti British Formula Renault series, dimana dirinya memenangkan empat balapan dan meraih posisi empat di klasemen, 11 poin di bawah juara seri Sebastian Hohenthal.

Formula Tiga[sunting | sunting sumber]

Bird berkendara di Formula 3 Euro Series di Hockenheimring

Pada tahun 2007 Bird berkompetisi di British Formula 3 Championship bersama Carlin Motorsport, membalap di Dallara bermesin Mercedes. Pada Maret 2007, Bird mendapat sponsor dari BP. Mark Reader, manajer marketing BP UK berkata bahwa Sam Bird adakah prospek yang luar biasa dan dirinya senang bisa menjalin hubungan dengannya.[2] Bird terpilih ke Lomba Elit Motor Sports Association pada April 2007, bersama 5 pembalap lainnya di berbagai seri Britania Raya dan juga berpartisipasi dalam seri tes aerodinamika bersama AT&T Williams F1 Team.

Bird pindah ke Manor Motorsport dah Formula 3 Euro Series pada tahun 2008, menyelesaikan musim di posisi 11 klasemen dengan 23 poin, 16 diantaranya didapat dari posisi kedua saat lomba Sabtu di Catalunya dan Le Mans dan hanya mendapat poin lainnya dalam 3 balapan. Untuk musim 2009 dirinya bergabung dengan Alexander Sims, Christian Vietoris, Marco Wittmann di Mücke Motorsport. Ia mendapatkan posisi pole dan lap tercepat pertamanya, tetapi gagal memenangkan satupun lomba dan mengakhiri musim di posisi 8 klasemen.

Seri GP2[sunting | sunting sumber]

Bird melewatkan ronde terakhir dari F3 Euro Series mesin 2009 untuk mengikuti tes Seri GP2 Asia di Sirkuit Yas Marina di Abu Dhabi bersama ART Grand Prix. Ia membalap di musim 2009-10 untuk timnya dimana dirinya mengakhiri musim di posisi 7 klasemen dengan posisi kedua di ronde terakhir.

Bird berkompetisi di Seru GP2 Musim 2010 bersama ART. Ia berhasil meraih kemenangan seri pertamanya di lomba pertama di Monza. Bird berhasil meraih 4 lap tercepat sepanjang musim, dan meraih posisi 5 klasemen dengan 48 poin.

Untuk musim 2011, Bird pindah ke tim iSprortb International, menjadi rekan setim Marcus Ericsson. Bird gagal finis empat kali di Seri GP2 Asia, tetapi di seri utama dirinya berada di posisi kedua klasemen setelah empat lomba dan memiliki poin yang sama dengan Romain Grosjean. Bird kemudian mengakhiri musim di posisi keenam di klasemen.

Bird bergabung dengan Russian Time untuk musim 2013 b Bird meraih lima kemenangan dan tiga lap tercepat untuk meraih posisi kedua di klasemen akhir di bawah Fabio Leimer. Beranda teman setimnya Tom Dillmann, Bird membawa Russian Time di posisi pertama klasemen konstruktor Seri GP2.

Formula Renault 3.5[sunting | sunting sumber]

Bird ketika di ISR Racing pada tahun 2012

Di antara dua musim terakhirnya di Seri GP2, Bird berkompetisi di Formula Renault 3.5. Ia memenangkan 2 balapan dan mendapat 7 podium menuju pertarungan juta dengan Robin Frijns dan Jules Bianchi. Ia kalah dari perebutan juara dengan selisih 10 poin dan berakhir di posisi tiga klasemen.

Formula Satu[sunting | sunting sumber]

Pada 16 November 2010 Bird mengikuti tes pembalap muda di Abu Dhabi, berkendara untuk Mercedes.[3]

Kejuaraan Ketahanan Dunia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014 Bird membuat dua penampilan tamu untuk tim Ferrari AF Corse.[4] Yang pertama adalah di Silverstone 6 jam dimana dirinya finis di posisi ketiga di kelas GTE Amatir. Penampilan keduanya terjadi di Le Mans 24 Jam. Bird meraih posisi pole di kelas GTE AM, kedua secara keseluruhan mobil GT. Bird memulai di stint pertama, mempertahankan pimpinan kelas GTE Am hingga ia bertabrakan dengan mobil LMP1, Audi nomor 3 dan Toyota, di kondisi basah di Mulsanne Straight membuat Bird keluar dari lomba pada jam kedua.

Bird memenangkan kelas LM GTE Pro dari Kejuaraan Ketahanan Dunia pada 2016.[5][6]

Formula E[sunting | sunting sumber]

2014-15[sunting | sunting sumber]

Pada Formula E musim 2014-15, Bird mulai membalap untuk tim Virgin Racing milik Ricard Branson di samping Jaime Alguersuari. Ia mendapatkan posisi ketiga di balapan pertama ePrix Beijing, sebelum mendominasi balapan kedua di Putrajaya untuk mendapatkan kemenangan dari posisi kedua di grid. Di balapan selanjutnya di Punta del Este, ia tidak mencetak waktu di kualifikasi dan start dari posisi ke-18 dan keluar dari lomba setelah mengalami kecelakaan di lap ketiga bb Bird kembali mencetak poin di Buenos Aires dan Miami. Tetapi di ePrix Long Beach Bird mengalami kegagalan suspensi di lap 11 dan gagal menyelesaikan balapan. Bird menghindari kecelakaan besar di lap pertama ePrix Monako dan berhasil finis keempat dari hasil kualifikasi kedua belas. di Ronde terakhir musim 2014-15 yaitu ePrix London Bird start dari posisi empat dan melintasi garis finis di posisi kedua. Pemenang lomba yaitu Stephane Sarrazin mendapat pinalti 49 detik sehingga Bird mendapat kemenangan, menjadi pembalap Formula E pertama yang menang di lomba rumahnya. Bird menyelesaikan musim dengan 103 poin dan berada di posisi kelima di klasemen.

2015-16[sunting | sunting sumber]

Di lomba pertama di Beijing, Bird hanya berhasil finis ke-7. Di balapan selanjutnya di Putrajaya Bird finis ke-2 setelah Renault mengalami masalah mekanis dan dua mobil Dragon dari Loic Duval dan Jerome d'Ambrosio mengalami masalah suspensi. Di balapan selanjutnya di Punta del Este, Bird finis kedua di belakang Sebastien Buemi. Di Buenos Aires Bird menang setelah menahan Buemi yang start dari posisi 18. Selanjutnya posisi 6 didapatkan di Meksiko, Long Beach, dan Paris, sebelum posisi 11 di Berlin setelah kontak saat jalannya lomba. Di lomba pertama dari final musim ganda di London, Bird finis ke-7. Di balapan selanjutnya Bird terpaksa gagal finis karena masalah gas. Bird mengakhiri musim di posisi 4 klasemen dengan 88 poin.

2016-17[sunting | sunting sumber]

Bird memulai musim dengan finis ke-13 Hong Kong setelah memimpin balapan dan kehilangan lebih dari 1 menit di pit stop. Ia bangkit dengan finis kedua di ronde selanjutnya di Marrakesh, yang mana Bird menyatakan bahwa "berada di podium seperti kemenangan". Setelah insiden dengan Jerome d'Ambrosio di lap terakhir di Buenos Aires, Bird kembali mendapat podium di ePrix Kota Meksiko. Di Monako, Bird mendapat kerusakan di suspensinya setelah menabrak pembatas di awal lomba, ia masih mencatatkan lap tercepat di mobil keduanya. Di tiga balapan selanjutnya Bird hanya mengoleksi 13 poin. Bird kemudian menjadi pembalap pertama yang mendapat back-to-back kemenangan di New York City. Ia mendapat dua top-five finis di Montreal dan berada di posisi keempat klasemen akhir, lima posisi di depan rekan setimnya Jose Maria Lopez.

2017-18[sunting | sunting sumber]

Bird mengendarai DS Virgin DSV-03 di ePrix Kota New York 2018.

Di pembuka musim di Hong Kong, Bird start dari posisi 2 di grid setelah hampir membuat mobilnya berputar di hairpin saat flying lap. Saat balapan ya menyusul Jean-Éric Vergne untuk pimpinan lomba tetapi menabrak seorang mekanik saat akan melakukan pit stop. Kemudian ia diberi pinalti driver through tetapi tetap keluar sebagai pemimpin balapan dan kemudian memenangkan balapan sekaligus memimpin klasemen Formula E untuk pertama kali dalam kariernya. Bird diberi pinalti 10 grid di balapan selanjutnya karena insiden dan start dari posisi tiga belas. Ia berhasil ke-5 menyusul diskualifikasi pasca lomba untuk Daniel Abt, dah mempertahankan pimpinan klasemen. Bird kemudian menyelesaikan musim di posisi ke-3 klasemen dengan 143 poin, hanya selisih 1 poin dari Lucas di Grassi.

2018-19[sunting | sunting sumber]

Podium pertama Bird di musim ini datang di ePrix Marrakesh 2019, finis ke-3 setelah mengambil pole position. Di 2019, ia menjadi pembalap Formula E pertama yang memenangkan balapan di setiap musim Formula E setelah memenangkan ePrix Santiago 2019. Bird kemudian menyelesaikan musim di posisi ke-9 dengan mengumpulkan 85 poin sepanjang musim.

2019-20[sunting | sunting sumber]

Bird memenangkan balapan pembuka, ePrix Diriyah untuk Envision Virgin Racing.[7] Sayangnya di balapan kedua dirinya mengalami tabrakan dengan Mitch Evans. Di Santiago, Bird naik dari posisi ke-16 hingga posisi ke-10 sekaligus mencatatkan lap tercepat. Di ePrix Kota Meksiko 2020, ia mengalami kecelakaan dari posisi ke-2. Di Marrakesh, ia finis ke-10 lagi setelah start dari posisi ke-14. Sisa musim tertahan akibat Pandemi Covid-19, saat Bird mengumumkan bahwa dirinya meninggalkan Virgin untuk bergabung dengan Jaguar Racing. Final dari musim ke-6 diselenggarakan di Sirkuit Jalan Raya Bandar Udara Tempelhof, antara 5 dan 13 Agustus. Bird menyelesaikan balapan pertama di posisi ke-4 dan di balapan kedua finis ke-6. Ia menyelesaikan tiga balapan selanjutnya di posisi ke-13, ke-11, dan ke-20 setelah terkena tabrakan di lap pertama. Di balapan terakhirnya untuk virgin, Bird finis ke-5 setelah start dari posisi ke-14 dan mengambil lap tercepat. Ia menyelesaikan musim di posisi ke-10 klasemen dengan 63 poin.

2020-21[sunting | sunting sumber]

Saat musim panas 2020 bird mengumumkan bahwa dirinya akan membalap untuk Jaguar Racing di Formula E musim 2020-2021. Di balapan kedua dari musim ini di ePrix Diriyah Bird melanjutkan rekornya sebagai satu-satunya pembalap pembalap yang menang di setiap musim Formula E. Posisi kedua di balapan selanjutnya di Roma membuatnya mengambil pimpinan klasemen dari Nyck de Vries di depan mantan rekan setimnya Robin Frijns. Setelah 6 DNF (gagal finis) dan 1 DSQ (diskualifikasi), ia masih berhasil menyelesaikan musim di posisi 6 klasemen dengan 87 poin.[8]

2021-22[sunting | sunting sumber]

Di musim 2021-22 Bird finis di posisi 13 klasemen dengan 51 poin. Bird tidak bisa mengikuti ePrix Seoul akibat cedera sehingga start ke-100 nya harus tertunda. Untuk pertama kalinya Bird gagal mendapatkan dalam satu musim di Formula E sehingga rekor kemenangan tiap musimnya terputus.[9]

Catatan balap[sunting | sunting sumber]

Ringkasan karir[sunting | sunting sumber]

Musim Seri Nama tim Balapan Kemenangan Pole Lap tercepat Podium Poin Posisi
2004 Formula BMW UK Carlin Motorsport 20 0 0 0 0 22 ke-14
2005 Formula BMW UK Fortec Motorsport 20 6 9 3 12 218 ke-2
Formula BMW World Final 1 0 0 0 0 N/A ke-4
2006 Formula Renault UK Fortec Motorsport 20 4 7 5 7 373 ke-4
2007 British Formula 3 Championship Carlin Motorsport 22 2 0 1 10 180 ke-4
Grand Prix Makau 1 0 0 0 0 N/A ke-6
Masters of Formula 3 1 0 0 0 0 N/A ke-27
2008 Formula 3 Euro Series Manor Motorsport 20 0 0 0 2 23 ke-11
Grand Prix Makau 1 0 0 0 0 N/A NC
Masters of Formula 3 1 0 0 0 0 N/A ke-7
2009 Formula 3 Euro Series Mücke Motorsport 18 0 1 2 4 40 ke-8
Masters of Formula 3 1 0 0 0 0 N/A ke-8
British Formula 3 Championship Fortec Motorsport 2 0 0 0 0 0 NC†
Grand Prix Makau ART Grand Prix 1 0 0 0 1 N/A ke-3
2009–10 Seri GP2 Asia ART Grand Prix 8 0 0 1 1 12 ke-7
2010 Seri GP2 ART Grand Prix 20 1 1 4 5 48 ke-5
2011 Seri GP2 Asia iSport International 4 0 0 0 0 2 ke-12
Seri GP2 18 0 1 1 3 45 ke-6
2012 Formula Renault 3.5 Series ISR Racing 17 2 1 0 7 177 ke-3
Formula Satu Mercedes AMG Petronas Pembalap tes
2013 Seri GP2 Russian Time 22 5 2 3 6 181 ke-2
2014 Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA – GT Cup AF Corse 2 0 0 0 0 1 ke-34
Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA - LMGTE Am 2 0 2 1 1 17 ke-16
Le Mans 24 Jam - LMGTE Am 1 0 1 0 0 N/A DNF
United SportsCar Championship - PC Starworks Motorsport 4 0 0 0 1 29 ke-40
2014–15 Formula E Virgin Racing 11 2 0 2 3 103 ke-5
2015 Kejuaraan Ketahanan Dunia – LMP2 G-Drive Racing 8 4 4 1 7 178 ke-1
Le Mans 24 Jam – LMP2 1 0 1 0 0 N/A ke-3
2015–16 Formula E DS Virgin Racing 10 1 3 0 2 88 ke-4
2016 Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA - LMGTE Pro AF Corse 9 2 2 1 5 134 ke-2
Le Mans 24 Jam - LMGTE Pro 1 0 0 0 0 N/A DNF
2016–17 Formula E DS Virgin Racing 12 2 1 2 4 122 ke-4
2017 Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA - LMGTE Pro AF Corse 8 2 4 1 4 139 ke-5
Le Mans 24 Jam - LMGTE Pro 1 0 0 0 0 N/A ke-5
IMSA SportsCar Championship - GTD Scuderia Corsa 1 0 0 0 0 15 ke-74
2017–18 Formula E DS Virgin Racing 12 2 0 1 6 143 ke-3
2018 IMSA SportsCar Championship - GTD Scuderia Corsa 1 0 0 0 0 26 ke-51
Le Mans 24 Jam - LMGTE Pro AF Corse 1 0 0 0 0 N/A ke-9
2018–19 Formula E Envision Virgin Racing 13 1 1 0 2 85 ke-9
Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA - LMGTE Pro AF Corse 8 0 0 1 1 54.5 ke-12
2019 Blancpain GT Series Endurance Cup AF Corse 1 0 0 0 0 0 NC
Le Mans 24 Jam - LMGTE Pro 1 0 0 0 0 N/A DNF
Intercontinental GT Challenge Ferrari 1 0 0 0 0 0 NC
2019–20 Formula E Envision Virgin Racing 11 1 0 1 2 63 ke-10
Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA - LMGTE Pro AF Corse 1 0 0 0 0 0 ke-47
2020 Le Mans 24 Jam - LMGTE Pro AF Corse 1 0 0 0 0 N/A NC
2020–21 Formula E Jaguar Racing 15 2 1 0 3 87 ke-6
2021 Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA - LMGTE Pro AF Corse 1 0 1 1 0 3 ke-25
Le Mans 24 Jam - LMGTE Pro 1 0 0 0 0 N/A ke-5
2021–22 Formula E Jaguar TCS Racing 14 0 0 1 0 51 ke-13
2022 Le Mans 24 Jam - LMGTE Pro Riley Motorsports 1 0 0 0 0 N/A ke-5
2022–23 Formula E Jaguar TCS Racing 16 0 0 2 4 95 ke-8
2023–24 Formula E NEOM McLaren Formula E Team 2 0 0 0 0 12* ke-8*

Karena Bird adalah pembalap tamu, dirinya tidak memenuhi syarat untuk poin.
* Musim masih berlangsung.

Hasil lengkap Formula 3 Seri Eropa[sunting | sunting sumber]

kunci) (Lomba dalam tebal mengindikasikan posisi pole; lomba dalam miring mengindikasikan lap tercepat)

Tahun Tim Sasis Mesin 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 DC Poin
2008 Manor Motorsport Dallara F308/036 Mercedes HOC
1

10
HOC
2

6
MUG
1

14
MUG
2

8
PAU
1

Ret
PAU
2

11
NOR
1

14
NOR
2

8
ZAN
1

4
ZAN
2

6
NÜR
1

22
NÜR
2

19
BRH
1

Ret
BRH
2

19
CAT
1

2
CAT
2

18
BUG
1

2
BUG
2

11
HOC
1

16
HOC
2

Ret
ke-11 23
2009 Mücke Motorsport Dallara F308/042 Mercedes HOC
1

3
HOC
2

6
LAU
1

5
LAU
2

3
NOR
1

8
NOR
2

Ret
ZAN
1

8
ZAN
2

2
OSC
1

12
OSC
2

20
NÜR
1

4
NÜR
2

8
BRH
1

6
BRH
2

3
CAT
1

Ret
CAT
2

Ret
DIJ
1

6
DIJ
2

5
HOC
1
HOC
2
ke-8 40

Hasil lengkap Seri GP2[sunting | sunting sumber]

(kunci) (Lomba dalam tebal mengindikasikan posisi pole; lomba dalam miring mengindikasikan lap tercepat)

Tahun Tim 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 DC Poin
2010 ART Grand Prix CAT
FEA

9
CAT
SPR

4
MON
FEA

18
MON
SPR

10
IST
FEA

3
IST
SPR

10
VAL
FEA

3
VAL
SPR

10
SIL
FEA

4
SIL
SPR

DNS
HOC
FEA

14
HOC
SPR

5
HUN
FEA

13
HUN
SPR

Ret
SPA
FEA

Ret
SPA
SPR

12
MNZ
FEA

1
MNZ
SPR

3
YMC
FEA

3
YMC
SPR

Ret
ke-5 48
2011 iSport International IST
FEA

2
IST
SPR

3
CAT
FEA

3
CAT
SPR

5
MON
FEA

Ret
MON
SPR

13
VAL
FEA

5
VAL
SPR

12
SIL
FEA

5
SIL
SPR

6
NÜR
FEA

8
NÜR
SPR

7
HUN
FEA

17
HUN
SPR

5
SPA
FEA

12
SPA
SPR

5
MNZ
FEA

4
MNZ
SPR

4
ke-6 45
2013 Russian Time SEP
FEA

7
SEP
SPR

Ret
BHR
FEA

6
BHR
SPR

1
CAT
FEA

21†
CAT
SPR

12
MON
FEA

1
MON
SPR

24
SIL
FEA

1
SIL
SPR

5
NÜR
FEA

13
NÜR
SPR

8
HUN
FEA

10
HUN
SPR

8
SPA
FEA

1
SPA
SPR

14
MNZ
FEA

2
MNZ
SPR

4
MRN
FEA

8
MRN
SPR

1
YMC
FEA

10
YMC
SPR

4
ke-2 181

Hasil lengkap Seri GP2 Asia[sunting | sunting sumber]

(kunci) (Lomba dalam tebal mengindikasikan posisi pole; lomba dalam miring mengindikasikan lap tercepat)

Tahun Tim 1 2 3 4 5 6 7 8 DC Poin
2009–10 ART Grand Prix YMC1
FEA

18
YMC1
SPR

18
YMC2
FEA

Ret
YMC2
SPR

Ret
BHR1
FEA

13
BHR1
SPR

4
BHR2
FEA

6
BHR2
SPR

2
ke-7 12
2011 iSport International YMC
FEA

7
YMC
SPR

Ret
IMO
FEA

Ret
IMO
SPR

Ret
ke-12 2

Hasil lengkap Seri Formula Renault 3.5[sunting | sunting sumber]

(kunci) (Lomba dalam tebal mengindikasikan posisi pole; lomba dalam miring mengindikasikan lap tercepat)

Tahun Tim 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 Pos Poin
2012 ISR ALC
1

9
ALC
2

2
MON
1

1
SPA
1

3
SPA
2

5
NÜR
1

8
NÜR
2

4
MSC
1

3
MSC
2

Ret
SIL
1

Ret
SIL
2

1
HUN
1

10
HUN
2

4
LEC
1

10
LEC
2

3
CAT
1

2
CAT
2

8
ke-3 177

Hasil lengkap Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA[sunting | sunting sumber]

(kunci) (Lomba dalam tebal mengindikasikan posisi pole; lomba dalam miring mengindikasikan lap tercepat)

Tahun Tim Kelas Mobil Mesin 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Rank Poin
2014 AF Corse LMGTE Am Ferrari 458 Italia GT2 Ferrari 4.5 L V8 SIL
3
SPA LMS
Ret
COA FUJ SHA BHR SÃO ke-16 17
2015 G-Drive Racing LMP2 Ligier JS P2 Nissan VK45DE 4.5 L V8 SIL
1
SPA
9
LMS
2
NÜR
2
COA
1
FUJ
1
SHA
2
BHR
1
ke-1 178
2016 AF Corse LMGTE Pro Ferrari 488 GTE Ferrari F154CB 3.9 L Turbo V8 SIL
1
SPA
1
LMS
Ret
NÜR
2
MEX
4
COA
3
FUJ
4
SHA
5
BHR
3
ke-2 134
2017 AF Corse LMGTE Pro Ferrari 488 GTE Ferrari F154CB 3.9 L Turbo V8 SIL
5
SPA
1
LMS
4
NÜR MEX
2
COA
3
FUJ
5
SHA
6
BHR
1
ke-5 139
2018–19 AF Corse LMGTE Pro Ferrari 488 GTE Evo Ferrari F154CB 3.9 L Turbo V8 SPA
3
LMS
6
SIL
16
FUJ
10
SHA
6
SEB
6
SPA
6
LMS
Ret
ke-12 54.5
2019–20 AF Corse LMGTE Pro Ferrari 488 GTE Evo Ferrari F154CB 3.9 L Turbo V8 SIL FUJ SHA BHR COA SPA LMS
NC
BHR ke-47 0
2021 AF Corse LMGTE Pro Ferrari 488 GTE Evo Ferrari F154CB 3.9 L Turbo V8 SPA ALG MNZ LMS
10
BHR BHR ke-25 3

Hasil lengkap Le Mans 24 Jam[sunting | sunting sumber]

Tahun Tim Rekan pembalap Mobil Kelas Lap Pos. Class
Pos.
2014 Italia AF Corse Australia Stephen Wyatt
Italia Michele Rugolo
Ferrari 458 Italia GTC GTE
Am
22 DNF DNF
2015 Rusia G-Drive Racing Rusia Roman Rusinov
Prancis Julien Canal
Ligier JS P2-Nissan LMP2 358 ke-10 ke-3
2016 Italia AF Corse Italia Andrea Bertolini
Italia Davide Rigon
Ferrari 488 GTE GTE
Pro
143 DNF DNF
2017 Italia AF Corse Italia Davide Rigon
Spanyol Miguel Molina
Ferrari 488 GTE GTE
Pro
339 ke-21 ke-5
2018 Italia AF Corse Italia Davide Rigon
Spanyol Miguel Molina
Ferrari 488 GTE Evo GTE
Pro
338 ke-24 ke-9
2019 Italia AF Corse Italia Davide Rigon
Spanyol Miguel Molina
Ferrari 488 GTE Evo GTE
Pro
140 DNF DNF
2020 Italia AF Corse Italia Davide Rigon
Spanyol Miguel Molina
Ferrari 488 GTE Evo GTE
Pro
340 NC NC
2021 Italia AF Corse Brasil Daniel Serra
Spanyol Miguel Molina
Ferrari 488 GTE Evo GTE
Pro
331 ke-37 ke-5
2022 Amerika Serikat Riley Motorsports Brasil Felipe Fraga
Selandia Baru Shane van Gisbergen
Ferrari 488 GTE Evo GTE
Pro
347 ke-32 ke-5

Hasil lengkap Kejuaraan IMSA SportsCar[sunting | sunting sumber]

(kunci) (Lomba dalam tebal mengindikasikan posisi pole; lomba dalam miring mengindikasikan lap tercepat)

Tahun Tim Kelas Make Mesin 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Rank Poin
2014 Starworks Motorsport PC Oreca FLM09 Chevrolet LS3 6.2 L V8 DAY
5
SEB
3
LGA
9
KAN WGL
5
IMS ELK VIR COA PET ke-40 29
2017 Scuderia Corsa GTD Ferrari 488 GT3 Ferrari F154CB 3.9 L Turbo V8 DAY
16
SEB LBH COA DET WGL MOS LIM ELK VIR LGA PET ke-74 15
2018 Scuderia Corsa GTD Ferrari 488 GT3 Ferrari F154CB 3.9 L Turbo V8 DAY
5
SEB MDO DET WGL MOS LIM ELK VIR LGA PET ke-51 26

Hasil lengkap Formula E[sunting | sunting sumber]

(kunci) (Lomba dalam tebal mengindikasikan posisi pole; lomba dalam miring mengindikasikan lap tercepat)

Tahun Tim Sasis Powertrain 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 Pos Poin
2014–15 Virgin Racing Spark SRT01-e SRT01-e BEI
3
PUT
1
PDE
Ret
BUE
7
MIA
8
LBH
Ret
MCO
4
BER
8
MSC
Ret
LDN
6
LDN
1
ke-5 103
2015–16 DS Virgin Racing Spark SRT01-e Virgin Racing Engineering DSV-01 BEI
7
PUT
2
PDE
Ret
BUE
1
MEX
6
LBH
6
PAR
6
BER
11
LDN
7
LDN
Ret
ke-4 88
2016–17 DS Virgin Racing Spark SRT01-e DS Virgin DSV-02 HKG
13
MRK
2
BUE
Ret
MEX
3
MCO
Ret
PAR
16
BER
7
BER
7
NYC
1
NYC
1
MTL
5
MTL
4
ke-4 122
2017–18 DS Virgin Racing Spark SRT01-e DS Virgin DSV-03 HKG
1
HKG
5
MRK
3
SCL
5
MEX
17
PDE
3
RME
1
PAR
3
BER
7
ZUR
2
NYC
9
NYC
10
ke-3 143
2018–19 Envision Virgin Racing Spark SRT05e Audi e-tron FE05 ADR
11
MRK
3
SCL
1
MEX
9
HKG
6
SYX
Ret
RME
11
PAR
11
MCO
16†
BER
9
BRN
4
NYC
8
NYC
4
ke-9 85
2019–20 Envision Virgin Racing Spark SRT05e Audi e-tron FE06 DIR
1
DIR
Ret
SCL
10
MEX
Ret
MRK
10
BER
3
BER
6
BER
13
BER
11
BER
20
BER
5
ke-10 63
2020–21 Jaguar Racing Spark SRT05e Jaguar I-Type 5 DIR
Ret
DIR
1
RME
2
RME
Ret
VLC
DSQ
VLC
14
MCO
7
PUE
Ret
PUE
12
NYC
9
NYC
1
LDN
Ret
LDN
Ret
BER
Ret
BER
7
ke-6 87
2021–22 Jaguar TCS Racing Spark SRT05e Jaguar I-Type 5 DRH
4
DRH
15
MEX
15
RME
5
RME
Ret
MCO
Ret
BER
7
BER
11
JAK
10
MRK
9
NYC
7
NYC
5
LDN
Ret
LDN
8
SEO
SEO
ke-13 51
2022–23 Jaguar TCS Racing Formula E Gen3 Jaguar I-Type 6 MEX
Ret
DRH
3
DRH
4
HYD
Ret
CAP
DNS
SAP
3
BER
2
BER
19
MCO
16
JAK
21
JAK
DNS
POR
17
RME
Ret
RME
3
LDN
4
LDN
7
ke-8 95
2023–24 NEOM McLaren Formula E Team Formula E Gen3 Nissan e-4ORCE 04 MEX
14
DRH
4
DRH
Ret
SAP
1
TOK
NS
MIS
Ret
MIS
10
MCO
BER
BER
SIC
SIC
POR
POR
LDN
LDN
ke-8* 38*

Pembalap tidak menyelesaikan lomba, tetapi diklasifikasikan karena telah menyelesaikan lebih dari 90% jarak balapan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rowe, Callum (28 August 2013). "IN DEPTH Q&A – SAM BIRD". callumrowesgp2blog.wordpress.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Februari 2018. Diakses tanggal 30 August 2013. SB: My middle name is Jamie 
  2. ^ "BP Ultimate sponsors Sam Bird in Formula 3". BP Official Website. 15 March 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 September 2007. Diakses tanggal 5 April 2007. 
  3. ^ Straw, Edd (16 November 2010). "Ricciardo tops day one of rookie test". autosport.com. Haymarket Publications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Februari 2016. Diakses tanggal 17 November 2010. 
  4. ^ Watkins, Gary (28 Maret 2014). "Sam Bird gets Le Mans 24 Hours seat with AF Corse Ferrari". www.autosport.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 April 2023. Diakses tanggal 2022-05-21. 
  5. ^ "Sam Bird proud to represent Ferrari at the 24 Hours of Le Mans". 24h-lemans.com (dalam bahasa Inggris). 19 April 2016. Diakses tanggal 2022-05-21. [pranala nonaktif permanen]
  6. ^ Bird, Sam (19 April 2016). "Sam Bird: That special first win with Ferrari". www.motorsport.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 April 2023. Diakses tanggal 2022-05-21. 
  7. ^ "Sam Bird memenangkan pembuka musim Diriyah FE sebagai Porsche, Mercedes naik podium". Crash. 22 November 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Desember 2022. Diakses tanggal 10 Desember 2022. 
  8. ^ "Hasil Formula E 2021 | Motorsport.com". Motorsport. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Maret 2023. Diakses tanggal 7 Maret 2023. 
  9. ^ Golding, Nick (5 Agustus 2022). "Sam Bird ruled out of Seoul E-Prix with Norman Nato stepping in for season finale". The Checkered Flag (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Desember 2022. Diakses tanggal 6 Desember 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]