STAIN Jurai Siwo Metro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
STAIN JURAI SIWO METRO
LAMPUNG - INDONESIA
المعهد العالي الإسلامي الحكومي جوراي سيوو ميترو لمفونج إندونيسبا
LOGO STAIN JURAI SIWO METRO
LAMPUNG - INDONESIA
Gedung Rektorat STAIN Jurai Siwo Metro
Moto Unggul dan Berdaya Saing
Didirikan 12 Dzulqaidah 1417 H / 21 Maret 1997 M
(SK Presiden RI No. 11, tahun 1997)
Jenis Perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia
Afiliasi keagamaan Islam
Jumlah mahasiswa ± 7.000 Mahasiswa (2014)
Lokasi Jl. Ki Hajar Dewantara 15A, Metro Timur
Kode Pos 34111,Kota Metro, Lampung, Bendera Indonesia Indonesia
Situs web www.stainmetro.ac.id

STAIN Jurai Siwo Metro atau STAIN Metro adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri di Provinsi Lampung yang terletak di Kota Metro—sebuah kota Pendidikan—sebagai tujuan lulusan SMU/MA/Pondok Pesantren/sederajat untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi di bangku kuliah. Tidak hanya masyarakat Lampung saja yang menimba ilmu di STAIN Jurai Siwo Metro, melainkan banyak pula yang berasal dari berbagai daerah di luar provinsi.

Daftar isi

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tahun 1961 - 1997[sunting | sunting sumber]

Pintu gerbang STAIN Metro.

Cikal bakal berdirinya STAIN Jurai Siwo Metro tidak terlepas dari sejarah berdiriya IAIN Raden Intan di Bandar Lampung. Ini lain, karena berdirinya IAIN Raden Intan Bandar Lampung itu sendiri merupakan hasil upaya dari para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang tergabung dalam Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung (YKIL) yang berdiri tahun 1961 diketuai oleh RD. Muhammad Sayyid.

Dari hasil musyawarah tersebut diputuskan untuk mendirikan dua fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syari'ah yang kedudukannya di Tanjung Karang berada di bawah santunan Yayasan tersebut.

Pada tahun 1964 tepatnya tanggal 13 Oktober 1964 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 86/1964 mengubah status Fakultas Tarbiyah YKIL dari swasta menjadi negeri, tetapi tidak berdiri sendiri melainkan cabang Fakultas Tabiyah IAIN Raden Fatah Palembang. Pada tahun 1967 atas permintaan mesyarakat Metro kepada YKIL agar dibuka Fakultas Tabiyah dan Fakultas Syari'ah di Metro atas persetujuan Dekan Fakultas Tabiyah IAIN Raden Fatah Palembang.

Sebelum pada tahun 1965 didirikan Fakultas Ushuludin yang berkedudukan di Tanjung Karang dengan memperhatikan Keputusan Presiden RI Nomor 27 Tahun 1963 kerena untuk ketentuan untuk mensirikan sebuah Perguruan Tinggi yang berdiri sendiri (al-jami'ah) harus memiliki tiga fakultas sebagai persiapan berdirinya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lampung.

Selain YKIL pada tahun 1965 juga didirikan Yayasan Perguruan Tinggi Islam Lampung (Yaperti)yang dipimpin oleh KH. Zakaria Nawawi. Walau yayasan ini mulai berjalan sejak 27 agustus 1966, yayasan ini berusaha keras menyantuni fakultas-fakultas yang ada dan berusaha untuk mengubah status fakultas tersebut dari swasta menjadi negeri.

Setelah IAIN Raden Intan Lampung resmi dubuka, maka Fakultas Tarbiyah yang semula menginduk ke IAIN Raden Fatah Palembang ditetapkan menjadi fakultas Fakultas yang berdiri sendiri, sebagai Fakultas Tabiyah IAIN Raden Intan Lampung Metro berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI No. 188 Tahun 1966.

Tak lama setelah perubahan nama IAIN Raden Intan Tanjung Karang manjadi Raden Intan Bandar Lampung mengikuti perubahan nama ibu kota Lampung menjadi Bandar Lampung terbitlah Surat Edaran Bimas Islam No. E.III.OT/OO/AZ/1804/1996, Tanggal 23 Agustus 1996 tentang Penataan Kelembagaan Fakultas IAIN di luar Induk menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.

Sebagai kelanjutan, maka pada tanggal 23-25 April 1997 diadakan rapat kerja para rektor dan dekan fakultas di luar induk. Pada kesempatan ini ditetapkan pula perubahan dan pengesahan fakultas di luar induk manjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) berdasarkan SK Presiden No.11 tahun 1997 tertanggal 21 Maret 1997 Masehi bertepatan dengan tanggal 12 Dzulqaidah 1417 Hijriyah, yang selanjutnya tanggal tersebut dijadikan sebagai Hari Milad STAIN Jurai Siwo Metro.

Sejalan dengan perubahan status tersebut Drs. Zakaria Zakir yang saat menjabat sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah mengajukan lima nama STAIN Metro yaitu, STAIN Raden Imba Kusuma, STAIN Lampung, STAIN Jurai Siwo, STAIN A. Yasin, dan STAIN Sosrodarmo. Berdasarkan saran Bupati (saat itu Drs. Herman Sanusi) maka ditetapkan nama STAIN Metro adalah STAIN Jurai Siwo Metro mengingat STAIN ini berada di Lampung Tengah yang memiliki tradisi dan budaya "Sembilan Marga Penyibang".

Sebagai tindak lanjut dari Keppres 1997 di atas, maka pada tanggal 30 juni 1997 secara serentak diresmikan 33 STAIN dan ketuanya dijabat oleh Dekan masing-masing sebagai Pejabat Sementara Ketua.

Tahun 1997 - 2007[sunting | sunting sumber]

Gedung Dosen STAIN Metro.

Penataan-penataan demi penataan kelembagaan dalam STAIN Jurai Siwo Metro semakin hari semakin ditingkatkan. Sejalan dengan dinamika kehidupan kampus sejak 1997 juga dibuka jurusan baru yakni Jurusan Syari'ah yang saat itu hanya satu prodi yaitu Ahwalusy Syakhsiyyah. Baru pada tahun 1999. Masa ini dikenal dengan istilah passing out karena sejak tahun 1997 STAIN Metro sudah tidak berada di bawah IAIN Raden Intan lagi.

Hingga tahun 2006 STAIN Metro sudah meluluskan mahasiswanya sebanyak 1.339 orang. Sebagian besar dari alumninya menjadi pegawai negeri sipil, pegawai bank swasta (syari'ah) dan wiraswasta.

Pada penerimaan Mahasiswa Baru tahun ajaran 2006-2007, prodi D3 Bahasa Inggris ditambah dengan 2 prodi baru, yakni S1 Bahasa Inggris dan D4.

Tahun 2007 - 2010[sunting | sunting sumber]

Pengukuhan 2 Guru Besar STAIN Metro.

Kampus STAIN Jurai Siwo Metro mengalami kemajuan signifikan. Satu-satunya kampus negeri di Kota Metro ini menjadi kampus Islam yang diminati calon mahasiswa dari berbagai daerah, baik dari Lampung maupun luar.

Sejak dipimpin Prof. Dr. Syaripudin, M.Ag, mulai tahun 2007 sampai sekarang, STAIN menjadi kampus yang berkembang dan melahirkan lulusan sarjana Islam yang siap berkompetensi dalam segala bidang.

Dibandingkan periode-periode sebelumnya, nama STAIN Jurai Siwo Metro sekarang dikenal di berbagai lapisan masyarakat. Hal ini terbukti dengan meningkatnya calon mahasiswa yang mendaftar di STAIN setiap tahun. Tercatat lebih dari 1.880 calon mahasiswa yang mendaftar di STAIN Metro. Sedangkan yang akan diterima hanya sekitar 800 mahasiswa. Artinya, ada 1.080 calon mahasiswa yang harus legawa karena tidak diterima di STAIN Metro yang daya tampungnya terbatas.

Dengan hanya 800 mahasiswa diharapkan terjaring mahasiswa yang memiliki kualitas lebih baik. Prestasi STAIN juga bisa diandalkan sebagai kampus yang mampu membangun kompetensi mahasiswa. Terbukti, banyak mahasiswa yang meraih juara dalam setiap kompetisi antarkampus. Dalam bidang pendidikan, kampus ini juga memperhatikan penguasaan bahasa Inggris dan bahasa Arab serta kompetensi di bidang minat juga bakat lain seperti olahraga, seni budaya, jurnalistik, dan lain-lain.

Untuk membangun kompetensi mahasiswa, STAIN memiliki tiga jurusan, yaitu Tarbiyah, Syariah, dan Ekonomi Islam yang terdiri dari program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Ahwalus Syahsiyah/Hukum Islam, Ekonomi Syariah, dan Diploma Tiga (D-3) Perbankan Syariah. STAIN juga mulai membuka program Pascasarjana (S-2) untuk jurusan Ilmu Pendidikan Islam dan Hukum Islam.

Kegiatan organisasi mahasiswa pun menjadi bagian yang sangat penting untuk kemajuan STAIN ini. Baik organisasi internal kampus maupun eksternal. Kegiatan organisasi mampu memberikan manfaat kepada mahasiswa dan mendorong berperan aktif dalam menghidupkan kultur akademis di kampus STAIN. Dengan organisasi, mahasiswa mampu mengembangkan diri di bidang intelektual, spiritual, dan emosianal.

Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) STAIN Metro Bagi Mahasiswa Baru, tahun 2010.

Organisasi internal biasa disebut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdiri atas Lembaga Dakwah Kampus (LDK), Pers Mahasiswa Kronika, Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala), Ikatan Mahasiwa Pencinta Seni (Impas), Ikatan Mahasiswa Pencinta Olahraga (Impor), Pramuka, Resimen Mahasiswa (Menwa), Jurai Siwo English Club (JSEC), serta 2 UKM baru yaitu Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FOSSEI) dan Jusifa (Jurai Siwo Fikrah Arabia).

Banyaknya UKM yang telah menghidupkan STAIN menjadi kampus yang siap menuju peradaban baru. Selain itu, mahasiswa STAIN Metro juga banyak yang aktif di organisasi ekstrakampus. Dengan organisasi ekstra kampus mereka tidak hanya mengenal mahasiswa Di STAIN tapi juga banyak mengenal dan berdiskusi rutin dengan mahasiswa kampus lain seperti Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Olahraga (STO) Metro, PGSD UNILA Cabang Metro, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Agus Salim, STKIP PGRI Metro, STAI Ma’arif Metro dan Akademi Kebidanan Wira Buana.

Aktif dalam organisasi eksternal kampus diharapkan mampu membuka kepekaan dan mengasah kemampuan mahasiswa dalam melihat realitas yang terjadi di luar kampus. Karena biasanya gerakan ekstra lebih dekat dengan masyarakat dan harapannya mampu menjadi problem solver (pemecah masalah) bagi masyarakat baik dalam politik, ekonomi, pendidikan, sosial, dan budaya.

Organisasi ekstra yang eksis di Metro ternyata memiliki platform gerakan mahasiswa Islam seperti Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) , Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) , Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Organisasi-organisasi itu menghidupkan kampus STAIN dan menjadi gerakan oposisi mahasiswa kepada pemerintah daerah.

Peran organisasi ekstrakampus cukup berpengaruh dalam mewarnai paradigma berfikir mahasiswa STAIN Metro yang memang telah membawa label Islam dalam kurikulum kampus. Bahkan dalam demokrasi kampus gerakan ekstrakampus sangat memberikan andil yang dalam penegakan demokrasi mahasiswa sebagai wadah menempa mahasiswa dalam hal kepemimpinan.

Demokrasi kampus memberi pelajaran yang begitu menarik untuk seluruh mahasiswa sebagai salah satu voters education (pendidikan pemilih) bagi mahasiswa atau sebagai civic educatin (pendidikan kewarganegaraan. Pada tataran eksekutif, di tingkat program studi ada bupati yang memimpin Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) program studi.

Pada tingkat jurusan, ada gubernur yang memimpin BEM jurusan dan pada tingkat sekolah tinggi ada presiden mahasiswa serta wakilnya yang memimpin BEM ST. Kemudian pada tataran legislatif, mahasiswa STAIN memiliki Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) yaitu DLM jurusan dan DLM sekolah tinggi yang menjadi lembaga kontrol di tataran eksekutif. Selain itu pers kampus menjadi pilar demokrasi yang juga berperan aktif dalam memberikan check and balances terhadap pemerintahan BEM bahkan lembaga STAIN.

Gedung Pusat Bahasa STAIN Metro.

Kampus STAIN juga mengembangkan dan menerapkan program bilingual campus. Yaitu penerapan dua bahasa komunikasi seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris. Peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa terus dilakukan dengan mengadakan seminar, kajian keislaman, serta memberikan fasilitas bagi dosen yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke S-2 dan S-3 baik di dalam maupun luar negeri.

Dalam dunia politik daerah, STAIN memberikan kontribusi dengan terpilihnya dua dosen STAIN menjadi ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Metro dan Bandarlampung. Yaitu As’ad Muzamil dan Buyung Sukron. Tanpa sengaja, KAMMI Metro pernah mengadakan diskusi pilkada dengan tema money politics yang mengundang Abdul Haris sebagai calon wali Kota Metro, juga anggota DPRD Kota Metro Solehan dan Ikhwanudin yang semuanya adalah alumni STAIN Jurai Siwo Metro.

STAIN mampu memberikan hal yang baik bagi kemajuan di segala bidang di Lampung serta khususnya di Kota Metro yang merupakan kota pendidikan. Berbagai upaya terus dilakukan STAIN untuk memberikan fasilitas yang nyaman kepada mahasiswa. Seperti akses informasi dengan free hospot di area STAIN, perpustakaan yang cukup lengkap, koran harian serta bekerjasama dengan beberapa lembaga sosial, lembaga hukum dan ekonomi.

Tahun 2010 - sekarang[sunting | sunting sumber]

Masjid dan gedung kuliah STAIN Metro.

Tahun 2010 adalah tahun persiapan alih status STAIN menjadi IAIN. Saat ini civitas akademika STAIN Jurai Siwo Metro dengan berbagai upaya berusaha menjadi perguruan tinggi unggulan dan terdepan dalam pengkajian dan pengembangan ilmu, seni dan budaya keislaman.

Gedung Laboratorium STAIN Metro

Sebagai bukti dari upaya tersebut, STAIN Jurai Siwo Metro yang dalam beberapa tahun terakhir, mengalami perkembangan pendaftaran mahasiswa baru yang cukup signifikan dengan persentasi kenaikan tiap tahunnya sekitar 75%. Begitu juga dengan penyesuaian bidang pembangunan fisik, perkembangan teknologi Informasi dan system pembelajaran dalam jaringan. Pengembangan lain dengan bertambahnya lahan sekitar 3,5 ha yang rencananya untuk pengembangan ma'had dan Kampus II STAIN Metro.

Percepatan pembangunan fisik bangunan tersebut merupakan upaya dan sekaligus persiapan STAIN untuk beralih status menjadi IAIN Jurai Siwo Metro yang merupakan pusat pengembangan pendidikan, teknologi, ilmu seni dan budaya keislaman.

Pada tahun 2011, pembangunan fisik gedung meliputi ruang kuliah, gedung rektorat, rehabilitasi gedung perpustakaan, penambahan lokal dan perangakat laboratorium computer, kelas multimedia Program Pascasarjana dan perencanaan pengembangan cyber campus. Selain itu, bahwa berdirinya Program Pascasarjana diharapkan mampu memperkuat data dukung akan proses alih status STAIN Metro ke IAIN Metro, karena dalam ketentuan perundang-undangan, bahwa Sekolah Tinggi semestinya hanya memiliki satu jurusan professional. Sementara saat ini, STAIN Metro sudah memiliki 2 Jurusan (Tarbiyah dan Syari'ah) dengan 8 Program Studi dan Program Pascasarjana (S2) dengan 2 Program Studi.

Saat ini pihak STAIN Jurai Siwo Metro terus berupaya dan berharap memperoleh sumber pendanaan dari Pemerintah Provinsi Lampung. Pasalnya pembangunan kampus II STAIN Jurai Siwo Metro Seberang itu diperkirakan menelan anggaran sebesar 750 miliar rupiah. Bahkan pihak STAIN Jurai Siwo Metro bersama Gubernur Provinsi Lampung telah bertemu Menteri Agama RI untuk membicarakan peluang pembangunan Kampus II dan alih status STAIN Jurai Siwo Metro menjadi IAIN Jurai Siwo Metro, Lampung.

Alih status STAIN Jurai Siwo Metro ke IAIN Jurai Siwo Metro sudah diajukan sejak tahun 2010 dan direncanakan bisa terealisasi pada 2012 tahun depan. Musyawarah alumni juga menjadi salah satu syarat administrasi alih status STAIN ke IAIN. Hal ini sudah lama dilakukan pada masa kepemimpinan Prof. Dr. Syaripudin, M.Ag. dengan mengundang seluruh alumni dari semua angkatan dalam acara reuni akbar pada Sabtu, 28 Juli 2010 lalu.

Perubahan status menjadi IAIN juga akan mendorong pembentukan fakultas-fakultas yang merupakan penggabungan dari 2 jurusan dengan 8 program studi.

Kepemimpinan[sunting | sunting sumber]

Periode 1995-1999[sunting | sunting sumber]

  1. Ketua: Drs. Zakaria Zakir (Dekan Fakultas Tarbiyah Metro IAIN Raden Intan Bandar Lampung, Pjs Ketua STAIN Jurai Siwo Metro)
  2. Pembantu Ketua I: Prof. Dr. H. M. Bahri Ghazali, M.A. (Pembantu Dekan I Fakultas Tarbiyah Metro, Pjs Pembantu Ketua I STAIN Jurai Siwo Metro)
  3. Pembantu Ketua II:
  4. Pembantu Ketua III:
  5. Kabag Administrasi: Drs. H. Soekoyo, M.A.

Periode 1999-2003[sunting | sunting sumber]

  1. Ketua: Prof. Dr. H.M. Bahri Ghazali, M.A.
  2. Pembantu Ketua I: Drs. Djumadris
  3. Pembantu Ketua II: Drs. Mahmud Yunus Manaf
  4. Pembantu Ketua III: Drs. Musnad Rozin
  5. Kabag Administrasi: Drs. H. Soekoyo, M.A.

Periode 2003-2007[sunting | sunting sumber]

  1. Ketua: Drs. H. Hadi Rahmat, M.A.
  2. Pembantu Ketua I: Prof. Dr. Hj. Enizar, M.Ag.
  3. Pembantu Ketua II: Drs. H. Bahudji, M.Ag.
  4. Pembantu Ketua III: Drs. A. Jamil
  5. Kabag Administrasi: Drs. H. Soekoyo, M.A. (Pensiun), dilanjutkan oleh Drs. Mokhtaridi Sudin (2007).

Periode 2007-2011[sunting | sunting sumber]

  1. Ketua: Prof. Dr. Syaripudin, M.Ag.
  2. Pembantu Ketua I: Drs. Zuhairi, M.Pd.
  3. Pembantu Ketua II: Prof. Dr. Edi Kusnadi, M.Pd.
  4. Pembantu Ketua III: Drs. Kuryani, M.Pd.
  5. Pembantu Ketua IV: Drs. H.M. Saleh, M.A.
  6. Kabag Administrasi: Drs. Mokhtaridi Sudin

Periode 2011-2015[sunting | sunting sumber]

Menteri Agama RI Lantik Prof. Dr. Edi Kusnadi, M.Pd. sebagai Ketua STAIN Metro Periode 2011 – 2015.
  1. Ketua: Prof. Dr. Edi Kusnadi, M.Pd (mengundurkan diri), dilanjutkan Pgs. Ketua : Muhtar Hadi, S.Ag., M.Si (2013)
  2. Pembantu Ketua I: Muhtar Hadi, S.Ag., M.Si.
  3. Pembantu Ketua II: Dr. Zaenal Abidin, M.Ag.
  4. Pembantu Ketua III: Drs. Hemlan Elhany, M.Ag.
  5. Pembantu Ketua IV: H. Husnul Fatarib, Ph.D.
  6. Kabag Administrasi: Drs. Mokhtaridi Sudin (Pindah ke Dosen), dilanjutkan oleh Dra. Mugi Hastuti (2013)

Jurusan[sunting | sunting sumber]

Jurusan Tarbiyah[sunting | sunting sumber]

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)[sunting | sunting sumber]

Program studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) menyiapkan calon tenaga kependidikan Islam profesional sebagai guru agama/ sekolah, sebagai supervisor pendidikan maupun konsultan pendidikan. Untuk dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi handal, para pengajar pengampu mata kuliah pada Program studi S-1 Pendidikan Agama Islam terdiri para ahli di bidangnya, dengan pengalaman yang cukup memadai baik dalam negeri mapun luar negeri, serta berpendidikan mulai dari S-2 hingga S-3.

Agar terbentuk sarjana pendidikan yang memiliki kompetensi tinggi, para mahasiswa Program studi S-1 Pendidikan Agama Islam tidak hanya dibekali dengan teori-teori kependidikan Islam, melainkan ditradisikan juga dengan praktikum yang sangat memadai. Praktikum yang diselenggarakan oleh Prodi S-1 Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah antara lain: PPL Praktek Mengajar, KKL Ketarbiyahan dan dan Sistem Informatika dan Komputer.

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)[sunting | sunting sumber]

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Prodi Bahasa Arab STAIN Metro.
Penyampaian Materi Nahwu dengan metode Pemberian Tugas bagi Mahasiswa Prodi PBA STAIN Metro tahun 2010.

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) memiliki tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan bahasa Arab yang kompetitif berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan nilai-nilai Islam. Beberapa misi yang diemban program studi ini adalah:

  • Menyelenggarakan Pendidikan Bahasa Arab yang berkualitas dan profesional untuk mempesiapkan guru pendidikan Bahasa Arab yang memiliki kompetitif paedagogik, kepribadian,sosial dan profesional.
  • Mengembangkan tradisi keilmuan Pendidikan Bahasa Arab seiring perkembangan zaman.
  • Mencerahkan guru Pendidikan Bahasa Arab berdasarkan nilai-nilai Islam Mengembangkan kemampuan guru Pendidikan Bahasa Arab dibidang teknologi

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)[sunting | sunting sumber]

Prodi PBI STAIN Metro adakan Seminar TEYL (Teaching English for Young Learners) atau pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak, tahun 2010. (Dok. Kampus STAIN Metro)

Penyelenggaraan pendidikan pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) bertujuan untuk menghasilkan menghasilkan lulusan yang berpengetahuan, berketerampilan, dan berkualifikasi dalam pengajaran bahasa Inggris dan/atau melaksanakan tugas-tugas non-kependidikan, seperti kesekretarisan dan perbankan guna pemenuhan dunia kerja baik dalam tataran domestik maupun mancanegara.

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)[sunting | sunting sumber]

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah PGMI disiapkan untuk mendidik calon guru pada tingkat pendidikan dasar (Madrasah Ibtidaiyah/SD. Mata kuliah yang diajarkan di antaranya Telaah Kurikulum MI/SD, Metedologi Penelitian, Kimia Dasar, Kimia Analit, Hadis, Ulumul Hadis, Mekanika, Teknologi Komputer dan kepramukaan.

Jurusan Syari'ah[sunting | sunting sumber]

Program Studi Ahwalusy Syakhsiyyah (AHS)[sunting | sunting sumber]

Program Studi Ahwalusy Syakhsiyyah (AHS) menyelenggarakan pendidikan yang berfokus pada ilmu hukum Keluarga dan peradilan islam. Beberapa misi yang diemban Program Studi ini adalah sebagai berikut:

  • Mengembangkan pendidikan dan pengajaran hukum keluarga Islam yang berwawasan kemanusiaan dan keindonesiaan.
  • Mengembangkan budaya ijtihad dalam upaya penelitian hukum keluarga Islam secara multi-disipliner yang bermanfaat bagi kepentingan akademik dan masyarakat
  • Meningkatkan peran serta dalam pemberdayaan masyarakat melalui penerapan hukum keluarga Islam bagi terwujudnya masyarakat madani
  • Mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama dalam bidang hukum keluarga Islam.

Tujuan penyelenggaraan pendidikan pada Program Studi ini adalah sebagai berikut:

  • Menghasilkan sarjana di bidang hukum keluarga Islam yang memiliki kemampuan akademik yang integratif-interkonektif, professional yang berlandaskan iman, taqwa dan akhlak mulia.
  • Menjadi pusat studi yang unggul di bidang hukum keluarga Islam mengembangkan, menyebarluaskan dan menerapkan hukum keluarga Islam untuk meningkatkan kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan umat manusia pada umumnya dan Bangsa Indonesia pada khususnya.

Program Studi Ekonomi Islam (EI)[sunting | sunting sumber]

Program Studi S-1 Ekonomi Islam STAIN Jurai Siwo Metro dibuka mulai Tahun Akademik 2005/2006.

Adapun kompetensi lulusan Program Studi S-1 Ekonomi Islam adalah sebagai berikut:

  • Sebagai Manajer keuangan.
  • Sebagai Supervisor keuangan.
  • Sebagai Akuntan muslim.
  • Sebagai Dewan Pengawas Lembaga Keuangan Syari`ah, dan
  • Sebagai Wirausahawan muslim.

Program Studi D3 Perbankan Syariah[sunting | sunting sumber]

Gepasena (Gelaran Perbankan Syariah Nasional) Prodi D3 Perbankan Syariah STAIN Metro 27-28 Mei 2011.

Yang menjadi sasaran program studi D3 Perbankan Syariah, adalah:

  • Memahami kaedah-kaedah mu'amalah dalam wilayah keuangan dan perbankan Islam
  • Memiliki keterampilan dalam menyusun kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi.
  • Tanggap terhadap perkembangan ekonomi, keuangan dan perbankan kontemporer dan menyuguhkan solusi-solusi yang Islami.
  • Mampu mengimplementasikan kaidah-kaidah muamalah dalam merumuskan kebijakan ekonomi dan pembangunan.
  • Mengkritisi berbagai pendapat di bidang ekonomi, keuangan dan perbankan.
  • Mampu menjelaskan dan menguraikan kaedah-kaedah muamalah, keuangan dan perbankan Islam baik sejarah, teori, tokoh dan pemikirannya, metodologi dan aplikasinya dalam pembangunan ekonomi.
  • Mampu menjadi penentu kebijakan ekonomi dan pembangunan.

Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah (HESy)[sunting | sunting sumber]

Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah (HESy), merupakan program study baru yang dibuka di STAIN Jurai Siwo Metro. Saat ini Ketua Program Studi HESy dipimpin oleh Sainul, SH., MA. Prodi ini memiliki keunggulan tersendiri dalam upaya melahirkan sarjana muslim yang memiliki talenta dibidang hukum ekonomi syari'ah yang bisa diterapkan tidak hanya pada perbankan Islam tetapi juga di tingkat pengadilan agama maupun pengadilan negeri bahkan bisa diterapkan pada bidang arbitrase (menjadi arbiter).

Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)[sunting | sunting sumber]

Program Studi KPI ini memiliki tujuan menjadikan Prodi KPI sebagai Pusat pengembangan komunikasi dan penyiaran Islam baik di tingkat regional, nasional maupun internasional yang unggul, kompetitif, profesional, inovatif, mandiri, dan Islami.

Program Pascasarjana[sunting | sunting sumber]

STAIN Jurai Siwo Metro secara resmi membuka Program Pascasarjana (Tingkat Magister) dalam program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Hukum Keluarga (HK) yang perkuliahannya dimulai pada awal September dalam kalender akademik 2010/2011.

Pembukaan program pascasarjana tersebut berdasarkan izin operasional yang ditandatangani Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor: Dj.I/280/2010 tanggal 25 Mei 2010. Dasar pertimbangan izin Dirjen tersebut setelah melakukan penilaian terhadap proposal yang diajukan STAIN pada tahun 2008, diikuti presentasi, visitasi dan beberapa kali perbaikan. Assassement pihak kementerian dan assessor berdasar pada kapasitas dan fasilitas kelembagaan, ketersediaan Guru Besar, staf pengajar bergelar Doktor, kerjasama dengan instansi pemerintahan dan Perguruan Tinggi lainnya, dalam dan luar negeri, akuntabilitas akreditasi program tingkat sarjana (S1) untuk kedua prodi di atas dan proyeksi ketersediaan calon mahasiswa untuk lima hingga sepuluh tahun ke depan.

Diharapkan dengan kehadiran Pascasarjana STAIN dapat menjadi pilar penting dan strategis dalam rangka mewujudkan visi kota Metro sebagai kota pendidikan dan meningkatkan keunggulan dan daya saing Lampung di pentas nasional.

Kepemimpinan Program Pascasarjana[sunting | sunting sumber]

Periode Pendirian[sunting | sunting sumber]

  • Direktur Program  : Prof. Dr. Hj. Enizar, M.Ag.
  • Assisten Direktur  : Dr. Mahrus As'ad, M.Ag.
  • Kaprodi Pendidikan Agama Islam (PAI) : Dr. H. Zainal Abidin, M.Ag.
  • Kaprodi Hukum Keluarga (HK) : H. Husnul Fatarib, Ph.D.

Periode 2010-2011[sunting | sunting sumber]

  • Direktur Program  : Prof. Dr. Hj. Enizar, M.Ag.
  • Assisten Direktur  : Dr. Mahrus As'ad, M.Ag.
  • Kaprodi Pendidikan Agama Islam (PAI) : Dr. H. Zainal Abidin, M.Ag.
  • Kaprodi Hukum Keluarga (HK)  : Dr. Hj. Tobibah Sa'adah, M.Ag.

Periode 2011-2013[sunting | sunting sumber]

  • Direktur Program  : Prof. Dr. Hj. Enizar, M.Ag.
  • Assisten Direktur  : Dr. Mahrus As'ad, M.Ag.
  • Kaprodi Pendidikan Agama Islam (PAI) : Dr. Hj. Ida Umami, M.Pd.
  • Kaprodi Hukum Islam (HI)  : Dr. Hj. Tobibah Sa'adah, M.Ag.

Periode 2013-2015[sunting | sunting sumber]

  • Direktur Program  : H. Husnul Fatarib, Ph.D.
  • Assisten Direktur  : Dr. Mahrus As'ad, M.Ag.
  • Kaprodi Pendidikan Agama Islam (PAI) : Dr. H. Khoirurrijal, M.A.
  • Kaprodi Hukum Islam (HI)  : Dr. Hj. Tobibah Sa'adah, M.Ag.

Program Studi di Pascasarjana[sunting | sunting sumber]

Program Studi Pendidikan Agama Islam[sunting | sunting sumber]

Program studi S-2 Pendidikan Agama Islam (PAI) menyiapkan calon tenaga kependidikan Islam profesional sebagai guru agama/sekolah, sebagai supervisor pendidikan maupun konsultan pendidikan.

Untuk dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi handal, para pengajar pengampu mata kuliah pada Program studi S-2 Pendidikan Agama Islam terdiri para ahli di bidangnya, dengan pengalaman yang cukup memadai baik dalam negeri mapun luar negeri, serta berpendidikan S-3 dan profesor.

Agar tercipta Magister Pendidikan Islam yang memiliki kompetensi tinggi, para mahasiswa Program studi S-2 Pendidikan Agama Islam tidak hanya dibekali dengan Ilmu-ilmu Pendidikan Agama Islam saja, akan tetapi mereka dituntut juga untuk memiliki kemampuan dalam berbahasa Arab dan Inggris sebagai ciri khas bilingual campus.

Program Studi Hukum Keluarga[sunting | sunting sumber]

Program Studi S-2 Ahwalusy Syakhsiyyah (AHS) menyelenggarakan pendidikan yang berfokus pada ilmu hukum Keluarga dan peradilan Islam.

Tujuan penyelenggaraan pendidikan pada Program Studi S-2 Ahwalusy Syakhsiyyah (AHS) ini adalah sebagai berikut:

  • Menghasilkan Magister di bidang hukum keluarga Islam yang memiliki kemampuan akademik yang integratif-interkonektif, professional yang berlandaskan iman, taqwa dan akhlak mulia.
  • Menjadi pusat studi yang unggul di bidang hukum keluarga Islam yang mendalam, menyebarluaskan dan menerapkan hukum keluarga Islam untuk meningkatkan kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan umat manusia pada umumnya dan Bangsa Indonesia pada khususnya.

Untuk dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kemampuan akademik yang integratif-interkonektif, professional yang berlandaskan iman, taqwa dan akhlak mulia sebagaimana tersebut di atas, maka para pengajar pengampu mata kuliah pada Program studi S-2 Ahwalusy Syakhsiyyah (AHS) terdiri para ahli di bidangnya, dengan pengalaman yang cukup memadai baik dalam negeri mapun luar negeri, serta berpendidikan S-3 dan profesor.

Agar tercipta Magister Hukum Keluarga Islam yang memiliki kompetensi tinggi, para mahasiswa Program studi S-2 Ahwalusy Syakhsiyyah (AHS) ini tidak hanya dibekali dengan Ilmu-ilmu hukum keluarga Islam saja, akan tetapi mereka dituntut juga untuk memiliki kemampuan dalam berbahasa Arab dan Inggris sebagai ciri khas bilingual campus

Pelaksana Teknis[sunting | sunting sumber]

Pusat Bahasa[sunting | sunting sumber]

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Lab. Bahasa STAIN Metro. (Dok. Pribadi Khoirurrijal)

Pusat Bahasa (المركز اللغوي, Language Center) pada awalnya merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan STAIN Jurai Siwo Metro, yakni Unit Pembinaan Bahasa (UPB) yang telah berdiri relatif lama. Namun, dinamika kegiatan UPB sangat fluktuatif setiap tahunnya, bahkan terkesan UPB hanya berjalan di tempat tanpa ada perkembangan yang signifikan. Sebagai penyelenggara teknis, Unit Pembinaan Bahasa telah menyelenggarakan beberapa kegiatan yang sebelumnya kurang mendapat perhatian, seperti penyelenggaraan kuliah bahasa (sebagaimana yang diamanatkan dalam statuta STAIN Jurai Siwo Metro), penyelenggaraan kursus speaking class, diskusi dwi-bahasa (bilingual discussion), pengadaan perpusatakaan bahasa dan penerbitan majalah dinding berbahasa Arab dan Inggris.

Mengantisipasi hal itu, maka sejak tahun 2008 Unit Pembinaan Bahasa (UPB) berubah menjadi Pusat Bahasa (المركز اللغوي, Language Center) yang diharapkan mampu bersinergi dengan visi lembaga yang memiliki semangat perubahan untuk menciptakan STAIN Metro menjadi salah satu kampus dwi-bahasa (bilingual Campus) pertama di wilayah Sumatera.

Pusat Bahasa (المركز اللغوي, Language Center) sebagai unit pelayanan teknis di lingkungan STAIN Jurai Siwo Metro terdepan dalam mengembangkan kualitas kemampuan civitas akademika STAIN Jurai Siwo Metro dalam penguasaan Bahasa Arab dan Inggris guna memenuhi tantangan global dan kebutuhan lokal melalui berbagai macam pola pembelajaran yang berorientasi global yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam. Hal itu dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dan dosen di lingkungan STAIN Jurai Siwo Metro dengan Bahasa Arab dan Inggris sehingga mampu memperkaya khazanah wawasan keilmuan mereka dari berbagai macam literatur asing.

Program Kerja:

  • Bersinergi dengan semua jurusan dalam penetapan kurikulum perkuliahan Bahasa Arab & Inggris.
  • Memfasilitasi bidang belajar mengajar Bahasa Arab & Inggris
  • Bidang kegiatan penunjang aktivitas pengembangan Bahasa Arab dan Inggris
  • Bidang peningkatan kualitas mutu dosen bahasa
  • Bidang administrasi dan kesekretariatan.

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Aktivitas Pengunjung Perpustakaan STAIN Metro di Ruang Perpustakaan. (Dok. Pribadi Khoirurrijal)

Perpustakaan didirikan di STAIN Jurai Siwo sebagai upaya untuk turut menunjang dinamika civitas akademika. Pengembangan bertahap terus diupayakan untuk memaksimalkan peran perpustakaan sebagai salah satu sumber informasi dan pengetahuan serta demi tercapainya tujuan institusional sebagaimana yang diharapkan.

Sejauh ini, terdapat 12.777 exp koleksi buku dengan jumlah anggota perpustakaan sebanyak 930 orang. Rata-rata pengunjung setiap harinya adalah 200 orang dengan rata-rata peminjaman sebanyak 150 exp.

Terkait dengan pengembangan perpustakaan, maka pada tahun anggaran 2007 STAIN Jurai Siwo mengembangkan perpustakaan digital. Pengembangan ini diharapkan akan semakin meningkatkan pelayanan perpustakaan terhadap anggotanya dan terhadap dinamika ilmu pengetahuan dan agama.

Pusat Komputer (PUSKOM)[sunting | sunting sumber]

Organisasi Puskom merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis yang memiliki tanggung jawab langsung kepada Ketua STAIN Jurai Siwo Metro. Dalam bidang kerjanya, Puskom memiliki ketentuan koordinasi dengan Pembantu Ketua I dalam bidang Pelatihan dan Pengembangan SDM dalam bidang teknologi Informasi. Selain itu, dalam tugasnya sebagai pusat data dan invormasi, Puskom senantiasa berkoordinasi dengan Pembantu IV. Bidang informasi.

Pusat Komputer (PUSKOM merupakan pengelola teknologi informasi yang terhandalkan, selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi, dan tanggap dengan kebutuhan civitas akademika dan stakeholders STAIN Jurai Siwo Metro, dengan berorientasi kepada :

  • Meningkatkan kualitas pengelolaan data dan informasi secara profesional.
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di PUSKOM STAIN Metro. (Dok. Pribadi Khoirurrijal)
  • Mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanan teknologi informasi yang informatif dan komunikatif.
  • Mengembangkan dan meningkatkan berbagai olahan data akademik, kepegawaian, dan keuangan yang siap saji dan dapat dipilih dan diakses secara terbatas (data keuangan) dan tak terbatas (data akademik dan kepegawaian) oleh pengguna kapan dan di mana saja.
  • Memberikan layanan yang prima kepada sivitas akademika dan stakeholders secara bermatabat dan bersahabat.
  • Berperan aktif meningkatkan kemampuan dan keterampilan sivitas akademika dalam bidang teknologi informasi.

Untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya kepala Puskom dibantu oleh seorang Kepala Subbagian Tata Usaha dan untuk menunjang operasional dibantu oleh kelompok tenaga ahli komputer, operator, teknisi, dan tenaga administrasi.

Kedepan untuk mengemban tugas dan fungsi Puskom yang makin meluas dan seiring dengan kebutuhan serta perkembangan teknologi informasi, maka akan dibentuk beberapa divisi, antara lain: divisi pengelolaan dan layanan web, divisi database dan sistem informasi, dan divisi jaringan komputer dan komunikasi. Masing-masing divisi akan dipimpin oleh kepala divisi dan merupakan jabatan nonstruktural dan bertanggung jawab kepada kepala Puskom.

Selain itu, untuk menunjang profesionalisme staf akan dibentuk jabatan fungsional pranata komputer dan teknisi melalui kerjasama dengan instansi/lembaga terkait di luar STAIN.

Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (P2MP)[sunting | sunting sumber]

Workshop Auditor Mutu Akademik Internal Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (P2MP) STAIN Jurai Siwo Metro yang berlangsung dari tanggal 27 s.d 29 Juli 2010. (Dok. Kampus STAIN Metro)

Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (P2MP) merupakan organisasi penjaminan mutu akademik STAIN Jurai Siwo Metro yang profesional dalam rangka mencapai visi STAIN yang unggul, mandiri dan berbudaya. Untuk mencapai cita-cita tersebut P2MP bertanggung jawab untuk mengemban misi sebagai berikut:

  • Mendorong sumberdaya manusia di lingkungan STAIN agar selalu memiliki kesadaran dan tanggungjawab akan budaya mutu akademik,
  • Membangun dan mengembangkan model sistem manajemen/ penjaminan mutu yang memenuhi standar nasional / internasional
  • Membangun dan mengembangkan standar mutu dan prosedur mutu akademik dari system penjaminan mutu di STAIN
  • Meningakatkan kompetensi staf P2MP, baik di tingkat jurusan, pusat dan unit lainnya secara terus menerus dalam menangani penjaminan mutu secara professional, bersahabat dan berwibawa
  • Mendorong, menciptakan, mengembangkan dan memelihara secara terus menerus sistem penjaminan mutu di lingkungan STAIN.

Seluruh kegiatan P2MP bertujuan untuk:

  • Mengembangkan budaya akademik yang berorientasi kepada mutu, sikap bersaing secara sehat untuk mencapai tujuan.
  • Menjamin kepatuhan terhadap kebijakan akademik, standar akademik, peraturan akademik serta manual mutu akademik.
  • Menetapkan peran seluruh komponen dalam penjaminan mutu pendidikan dan dakwah
  • Menjamin mutu pelaksanaan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang profesional, bertanggungjawab, mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional, dan mampu mengem bangkan diri,
  • Menjamin kepastian dan relevansi program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan dan tuntutan stakeholders.
  • Memfasilitasi dan mengkoordinasikan perbaikan mutu berkelanjutan di STAIN
  • Melakukan perbaikan yang terus menerus dalam implementasi dan pengembangan sistem penjaminan mutu
  • Meningkatkan perbaikan sistem manajemen mutu akademik secara terus menerus di lingkungan STAIN.

Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M)[sunting | sunting sumber]

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAIN Metro di Negeri Katon kab. Pesawaran, tahun 2010. (Dok. Kampus STAIN Metro)

Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M)adalah lembaga penelitian di STAIN Jurai Siwo Metro sebagai pusat riset, pengembangan ilmu, pusat informasi ilmiah yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan serta menghasilkan berbagai jenis penelitian yang berkualitas dan mampu memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan secara akademis-profesional melalui penalaran, logika berfikir ilmiah dan berkompetisi bagi para Dosen dan peneliti. Lembaga tersebut berorientasi untuk :

  • Mencetak tenaga peneliti dan tenaga pengabdian masyarakat melalui pelatihan peneliti dan pelatihan tenaga pengabdian masyarakat professional
  • Meningkatkan partisipasi dalam pelaksanaan riset dan pengabdian masyarakat di tingkat kabupaten, provinsi dan tingkat nasional
  • Meningkatkan kualitas lembaga sebagai mitra kerja pemerintah dan masyarakat dalam riset dan pengabdian masyarakat.

Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M)berorientasi kepada :

  • Mengembangkan kemampuan Staf Dosen dan sarana penelitian untuk meningkatkan kemampuan STAIN Jurai Siwo Metro dalam menyelenggarakan penelitian.
  • Membangun kemampuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dasar maupun ilmu pengetahuan terapan yang strategis sebagai landasan pengembangan dalam rangka sumbangan penelitian pada proses pendidikan dan kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  • Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat civitas akademika
  • Mengembangkan penelitian dan inovasi teknologi tepat guna untuk memanfaatkan sumber daya alam secara optimal dan berkelanjutan, sehingga dapat mempercepat proses pembaharuan, pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  • Meningkatkan relevansi dan efektivitas penyelenggaraan penelitian yang mendukung Pembangunan Nasional dan Daerah.
Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAIN Metro di Negeri Katon kab. Pesawaran, tahun 2010. (Dok. Kampus STAIN Metro)

Adapun yang menjadi tugas pokok Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) adalah:

  • Peningkatan kemampuan meneliti dosen tingkat pemula dan tingkat Madya melaui kegiatan pelatihan, lokakarya, dan seminar.
  • Peningkatan iklim budaya meneliti di kalangan dosen, dengan melakukan berbagai kegiatan seminar yang berkaitan dengan penelitian, seperti: seminar proposal penelitian, dan seminar hasil penelitian; membentuk kelompok-kelompok peneliti di kalangan staf pengajar STAIN Jurai Siwo Metro.
  • Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata dan Desa Binaan.
  • Pelaksana dan koordinator kegiatan peneltian yang dibiayai DIPA.
  • Kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dalam melaksanakan pembinaan masyarakat desa/ kelurahan.

Dengan orientasi tersebut, tujuan pendirian P3M secara kelembagaan adalah untuk menjadi pusat riset di mana hasil-hasil riset tersebut dapat digunakan untuk pengembangan kelembagaan, mereformulasi teori-teori, epistem, metodologi ilmu pengetahuan dan sekaligus dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan problem kemanusiaan sebagai bukti pengabdian masyarakat kampus.

Hal ini perlu ditekankan mengingat P3M mempunyai tugas merencanakan, melaksnakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai kegiatan penelitian pengembangan ilmu pengetahuan/terapan dan pengabdian kepada masyarakat. Di samping itu, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) juga melakukan pelatihan, up grading, pendampingan, konsultasi dalam rangka ikut andil mewujudkan pemberdayaan masyarakat sipil.

Pusat Studi Wanita (PSW)[sunting | sunting sumber]

Pusat Studi Wanita STAIN JURAI SIWO METRO berdiri sejak tahun 1997 yang didesain untuk merespon berbagai persoalan gender dan mendorong sumber daya intelektual dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung secara ilmiah bagi terciptanya solusi persoalan gender agar penyusunan kebijakan dan strategi program-program pembangunan menjadi lebih sensitif gender.

PSW STAIN JURAI SIWO METRO merupakan bagian dari masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam pembangunan yang berkelanjutan dan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. PSW STAIN JURAI SIWO METRO berupaya menegakkan hak-hak perempuan dan laki-laki atas kesempatan yang sama, pengakuan yang sama dan penghargaan yang sama di masyarakat dalam proses pembangunan, akses yang sama terhadap pelayanan serta memiliki status sosial dan ekonomi yang seimbang (Kesetaraan dan Keadilan Gender). Sumber daya manusia laki-laki dan perempuan meresap dalam empat fungsi utama manajemen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi sehingga dilaksanakan Pengarus-utamaan Gender (PUG) atau Gender Mainstreaming.

Berawal dari kesadaran itulah, PSW STAIN JURAI SIWO METRO mengembangkan dirinya untuk terus menerus melakukan kegiatan 1) pengkajian tentang permasalahan perempuan dan gender, 2) mengembangkan konsep-konsep mengenai hubungan gender, 3) memberikan dukungan ilmiah bagi perumusan kebijakan pada tingkat nasional maupun daerah, 4) mengembangkan dan memberikan masukan kurikulum yang terkait dengan studi gender, 5) melaksanakan pelatihan dan pengembangan untuk studi gender di PSW universitas lainnya dan berbagai lembaga pemerintahan, 6) melaksanakan konsultasi dan advokasi terkait gender, dan 7) melakukan pemberdayaan masyarakat yang berperspektif gender.

PSW STAIN JURAI SIWO METRO berorientasi kepada :

  • Terwujudnya pusat studi terunggul (par exellence) dan terkemuka dalam mewujudkan kesetaraan gender berperspektif Islam di masyarakat.
  • PSW STAIN JURAI SIWO METRO menadi institusi pusat studi multidisiplin ilmu yang unggul, terdepan, bertaraf lokal, nasional, dan internasional yang berorientasi pada perspektif gender dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.
  • PSW STAIN JURAI SIWO METRO sebagai institusi di bawah naungan STAIN JURAI SIWO METRO ikut menyelenggarakan Tri Darma Perguruan Tinggi.
  • PSW STAIN JURAI SIWO METRO sebagai institusi yang berorientasi pada perspektif gender senantiasa berupaya meminimalkan dan menghapus ketidakadilan gender yang terjadi di masyarakat baik lingkungan formal maupun nonformal.

Untuk mencapai orientasi tersebut, maka PSW STAIN JURAI SIWO METRO perlu berupaya dalam :

  • Meningkatkan kesetaraan dan keadilan gender melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan.
  • Meningkatkan kualitas penelitian multidisiplin ilmu yang menjunjung hak asasi manusia yang berperspektif gender.
  • Meningkatkanpengabdian masyarakat, khususnya bagi masyarakat marginal dan masyarakat yang tidak berdaya.
  • Mendorong inovasi dan pemberdayaan masyarakat yang berperspektif gender.
  • Meningkatkan jejaring kerjasama dengan stakeholder baik dalam maupun luar negeri.

Adapun tugas pokok PSW STAIN JURAI SIWO METRO yang terangkum dalam program kerjanya dapat di rinci sebagai berikut :

  • Pengkajian/Pendidikan

Program yang mengkaji secara kritis dasar-dasar teori dengan mensinergikan antara persoalan das-sein dan das sollen yang diwujudkan dalam bentuk diskusi, seminar, lokakarya, kuliah gender, workshop dan lain-lain.

  • Pengembangan Penelitian

Melalui penelitian, PSG mampu mengeksplorasi berbagai data di lapangan yang berkaitan dengan isu gender dan beragam persoalan perempuan yang semakin kompleks dan juga menyediakan beberapa pelatihan dan sponsor penelitian bagi mahasiswa maupun dosen.

  • Penerbitan

Penerbitan adalah sarana sosialisasi, komunikasi dan mediasi mengenai isu-isu strategis dari proses pengarus-utamaan gender di masyarakat agar temuan dalam bentuk penelitian atau ide seseorang bisa dikonsumsi masyarakat.

  • PSDM dan Penguatan Jaringan Civil Society Berperspektif Gender

Pengembangan sumber daya manusia (PSDM) dimaksudkan melakukan kaderisasi personal atau institusional yang berkaitan dengan pengarusutamaan gender melalui pelatihan (Training of Trainer) perspektif gender. Program penguatan jaringan masyarakat sipil yang ramah gender bisa diperkuat melalui Community Organizer (CO) seperti pendampingan di tingkat basis, pelatihan voter education bidang keterwakilan dan partisipasi perempuan dalam politik.

  • Dialog Radio Telivisi

Program ini berbentuk talk show interaktif atau drama keluarga yang mengusung misi utama gerakan gender. Keuntungan program ini diharapkan bisa menjadi program murah tetapi menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

  • Program Penunjang

Memberikan layanan konsultasi krisis dan rehabilitasi pasca krisis seperti kasus korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), korban pelecehan seksual dan perkosaan meliputi pendampingan psikologis, fasilitasi dan advokasi hukum bekerja sama dengan lembaga bantuan hukum, kepolisian, rumah sakit dan PSW lain.

Program Pendidikan dan Pelatihan

  • Mengembangkan kurikulum berbasis gender perspektif.
  • Menyelenggarakan pelatihan Pengarusutamaan Gender, Metodologi Penelitaian Berpespektif Gender, Pelatihan Kepemimpinan, Capacity Building, dll.
  • Mengembangkan proses pembelajaran yang inovatif dan berperspektif gender.
  • Mengembangkan multidisiplin ilmu yang berperspektif gender.
  • Menyelenggarakan pelatihan manajemen usaha bidang pariwisata dalam ikut mengembangkan pemberdayaan peran perempuan.

Program Penelitian

  • Merencanakan dan mengarahkan penelitian yang berwawasan global, bermanfaat bagi kesejahteraan manusia, dan menjunjung tinggi hak asasi manusia dalam berperspektif gender.
  • Mengembangkan kegiatan penelitian gender perspektif yang bersinergi dengan industri, institusipenelitian, pemerintah pusat, pemda, dalam dan luar negeri.
  • Mengembangkan sistem penghargaan bagi peneliti untuk mendorong terciptanya lingkungan penelitian yang kondusif.
  • Mendorong pengembangan sarana penelitian yang pemanfaatannya mudah diakses.
  • Meningkatkan keterlibatan mahasiswa S1, S2, S3 dalam kegiatan penelitian gender
  • Medorong penelitian gender diarahkan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perolehan hak patent, pengembangan industri, penyelesaian masalah nyata, pengembangan budaya bangsa, pengembangan hasil karya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
  • Memberdayakan penelitian untuk mempublikasi hasil penelitian baik dalam jurnal maupun internasional.
  • Melakukan seminar, diskusi, dan workshop baik lokal, nasional, maupun internasional.
  • Melaksanakanpenelitian yang berbasis pada bidang pariwisata, seperti contoh Studi Peningkatan Peran Perempuan di Bidang Pariwisata di 5 Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara, DIY, NTB dan Sulawesi Selatan.

PSW STAIN JURAI SIWO METRO juga membangun mitra kerjasama dengan berbagai fihak, yakni:

  • Lembaga Internasional
  • Instansi Pemerintah
  • Perguruan Tinggi
  • Lembaga Swadaya Masyarakat
  • Pemerintah Daerah
  • Industri

Unit Pengembangan ke-Islaman (UPI)[sunting | sunting sumber]

Unit Pengembangan ke-Islaman (UPI) STAIN Jurai Siwo Metro merupakan Unit Dakwah Kampus yang berorientasi dalam pengembangan kajian-kajian Ilmu Keislaman di kalangan civitas akademika. Dengan Unit ini, diharapkan STAIN Metro menjadi salah satu Kampus Pusat Keilmuan dan Keislaman bagi Umat Islam.

Micro Teaching[sunting | sunting sumber]

Tujuan umum Micro Teaching adalah mempersipkan mahasiswa calon guru untuk menghadapi pekerjaan mengajar sepenuhnya di muka kelas dengan memiliki pengetahuan, keterampilan, kecakapan dan sikap sebagai guru yang profesional. Adapun tujuan khusus Micro Teaching adalah sebagai berikut:

  • Menganalisis tingkah laku mengajar kawan sejawat dan dirinya sendiri
  • Mempraktikkan berbagai teknik mengajar dengan benar dan tepat
  • Mewujudkan situasi belajar-mengajar yang efektif dan efisien

Kemahasiswaan[sunting | sunting sumber]

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)[sunting | sunting sumber]

Memang disadari bersama gerakan mahasiswa bukan tanpa rintangan, namun tetap sesekali berada dipersimpangan jalan dan bahkan kini mulai redup. Sebuah gerakan struktural yang pernah dengan terang-terangan mematikan gerakan mahassiswa adalah diberlakukannya NKK dan BKK oleh pemerintah Tetapi kemudian ruang kebebasan itu terbuka paska runtuhnya rezim otoritarianisme. Namun tidak disangka ruang kebebasan itu memunculkan penjajah baru yang lebih kejam yaitu (neo) imprealisme, (neo) kapitalisme dan liberalisme yang memunculkan indifidualisme dan budaya instan dilingkungan akademik yang tentunya membuat kita berpikir ulang untuk mencari alternatif dan strategi perubahan itu.

Oleh karena itu Sebagai mahasiswa disebuah perguruan tinggi yang bercirikan islam. Tentu saja konsepsi gerakan yang melatari tidak sekedar berwacana, konsepsi yang dibangun adalah konsepsi pembebasan, atau lebih tepat meminjam Farid Esack adalah teologi liberatif terhadap kaum tertindas. Sehingga islam (Allah dan Rasul) benar-benar menjadi pointer penting dalam proses transformasi sosial.

Genealogi dan historitas gerakan mahasiswa tidak bisa disangkal lagi. Sebagai agen perubahan, mahasiswa telah menoreh tinta emas dalam pusaran kebangsaan. Bahkan sampai dianalogikan oleh Arief budiman sebagai cowboy yaitu entitas manusia yang turun ke jalan dan tanpa pamrih menggugah kesadaran-kesadaran rakyat.

Kerangka gerakan di atas meniscayakan Badan eksekutif Mahasiswa (BEM) STAIN-JUSI untuk concern pada basis pemberdayaan atau lebih tegas lagi kembali kepada khittah perjuangan mahasiswa. Namun satu hal yang tetap menjadi catatan adalah posisi badan Ekesekutif Mahasiswa (BEM) yang berada di tengah multi orientasi dan multi kepentingan. Dan bahkan dianolgkan sebagai state miniature yang tentunya memiliki struktur di atas maupun dibawahnya sebaga satu kesatuan sistem. Oleh karena itu BEM kedepan tetap dan harus mengakomodasi seluruh kepentingan itu dengan seobjektif mungkin.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) memiliki orientasi mewujudkan Badan Eksekutif Mahasiswa yang mandiri, aspiratif, berekualitas, unggul dan independen.

Untuk mencapai tujuan di atas, maka Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)menyelenggarakan kegiatan sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan aktivitas Lembaga Intra yang didasarkan pada kebutuhan dan kepentingan mahasiswa dan civitas akademika STAIN-JUSI.
  • Melaksanakan konsolidasi internal dengan segenap elemen kampus STAIN - JUSI.
  • Menyelenggarakan konsolidasi eksternal dengan segenap elemen yang berorientasi pemecahan masalah lokal, regional, nasional bahkan internasional.
  • Berperan aktif dalam menyikapi dinamika sosial politik dan kemasyarakatan internal dan eksternal kampus.

Dewan Legeslatif Mahasiswa (DLM)[sunting | sunting sumber]

Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) adalah sebuah organisasi intern kampus yang mana dalam organisasi tersebut berusaha menampung aspirasi seluruh mahasiswa STAIN Pekalongan. Dewan Legislatif Mahasiswa mempunyai tugas untuk menyelenggarakan fungsi pelaksanaan pemerintahan yang telah tertuang dalam undang-undang student governement. Dalam DLM ada komisi-komisi yang menangani tentang kebijakan-kebijakan yang ada di kampus STAIN Jurai Siwo Metro ini. Baik kebijakan dari pihak rektorat ataupun dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STAIN Jurai Siwo Metro. Adapun komisi-komisi tersebut terdiri dari: Komisi Kebijakan Akademik, Komisi Kebijakan Anggaran, dan Komisi Kebijakan Kemahasiswaan.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)[sunting | sunting sumber]

Pramuka[sunting | sunting sumber]

Wali Kota Metro Membuka Kegiatan Perkemahan Gema Muharram (PGM) XIV yang berlangsung 16-20 Februari 2011. (Dok. Kampus STAIN Metro)

Pendidikan kedisiplinan dan aplikasi bakti sosial di masyarakat dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa STAIN Metro dalam Pramuka.

Resimen Mahasiswa (MENWA)[sunting | sunting sumber]

Kursus Dinas Staff (KDS) Menwa STAIN Metro 2011. (Dok. Kampus STAIN Metro)

Resimen Mahasiswa (MENWA) adalah sarana pengembangan diri mahasiswa STAIN Jurai Siwo ke arah perluasan wawasan dan peningkatan keikutsertaan dalam upaya bela negara dan penguatan ketahanan nasional.

Tujuan:

Tujuan Resimen Mahasiswa (MENWA) STAIN Jurai Siwo Metro adalah:

  • Mempersiapkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental serta berwawasan kebangsaan agar mampu melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional.
  • Sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga Negara dalam Bela Negara.
  • Mempersiapkan potensi mahasiswa sebagai bagian dari potensi rakyat dalam Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (SISHANRATA).

Tugas Pokok & Fungsi MENWA: Tugas pokok Resimen Mahasiswa STAIN Jurai Siwo, meliputi:

  • Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta membantu terlaksananya kegiatan dan program lainnya di Perguruan Tinggi.
  • Merencanakan, mempersiapkan dan menyusun seluruh potensi mahasiswa untuk memantapkan ketahanan nasional, dengan melaksanakan usaha dan atau kegiatan bela negara.
  • Membantu terwujudnya penyelenggaraan fungsi perlindungan masyarakat (LINMAS), khususnya Penanggulangan Bencana dan Pengungsi (PBP)
  • Membantu terlaksananya kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan dalam organisasi kepemudaan.

Fungsi Resimen Mahasiswa (MENWA) STAIN Jurai Siwo Metro, meliputi:

  • Melaksanakan pembinaan anggota Resimen Mahasiswa (MENWA) di STAIN Jurai Siwo dalam meningkatkan kemampuan dalam bidang akademik.
  • Melaksanakan pemeliharaan dan pemberdayaan serta peningkatan kemampuan baik perorangan maupun satuan di bidang Bela Negara.
  • Melaksanakan pembinaan disiplin anggota Resimen Mahasiswa (MENWA) STAIN Jurai Siwo, baik sebagai mahasiswa maupun warga masyarakat.
  • Melaksanakan pembinaan struktur organisasi Resimen Mahasiswa (MENWA) STAIN Jurai Siwo sebagai satu kesatuan yang utuh.
  • Bersama dengan mahasiswa lainnya membantu terwujudnya kehidupan kampus yang kondusif.
  • Membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan dan program civitas akademika serta menumbuhkan dan meningkatkan sikap Bela Negara dikehidupan di STAIN JUrai Siwo Metro.
  • Membantu memotivasi masyarakat untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dibidang kepemudaan dalam upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda.
  • Membantu TNI/POLRI dalam pelaksanaan pembinaan pertahanan dan keamanan Nasional.
  • Menyampaikan saran dan pendapat kepada instansi terkait sesuai dengan tugas pokoknya.

Lembaga Dakwah Kampus (LDK)[sunting | sunting sumber]

Pengajian di Kampus STAIN Metro, tahun 2010. (Dok. Kampus STAIN Metro)

Lembaga Dakwah Kampus adalah lembaga yang bergerak di bidang dakwah Islam, kampus merupakan inti kekuatannya, dan warga civitas akademika adalah obyek utamanya. Ditinjau dari struktur sosial kemasyarakatan, mahasiswa dan kampus merupakan satu kesatuan sistem sosial yang mempunyai peranan penting dalam perubahan sosial peri-kepemimpinan di tengah-tengah masyarakat. Sedangkan dari potensi manusiawi, mahasiswa merupakan sekelompok manusia yang memiliki taraf berpikir di atas rata-rata. Dengan demikian, kedudukan mahasiswa adalah sangat strategis dalam mengambil peran yang menentukan keadaan masyarakat di masa depan. Perubahan masyarakat ke arah Islam terjadi apabila pemikiran Islam telah tertanam di masyarakat itu. Dengan berbagai potensi strategis kampus, maka tertanamnya pemikiran Islam di dalam kampus melalui dakwah Islam diharapkan dapat menyebar secara efektif ke tengah-tengah masyarakat.

Ikatan Mahasiswa Pecinta Seni (IMPAS)[sunting | sunting sumber]

Ikatan Mahasiswa Pecinta Seni (IMPAS) merupakan UKM bagi mahasiswa dalam menyalurkan minat dan bakat dalam bidang seni yang meliputi seni hadroh, qasidah modern, band dan lain-lain.

Ikatan Mahasiswa Pecinta Olahraga (IMPOR)[sunting | sunting sumber]

Sebagai sarana penyaluran minat dan bakat mahasiswa dalam bidang olah raga seperti Sepak Bola, Volley Ball, Tenis Meja dan Tenis Lapang di kampus STAIN Jurai Siwo Metro.

Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA)[sunting | sunting sumber]

Ekspedisi MAJUSI STAIN Metro ke Merapi dan Merbabu. (Dok. Kampus STAIN Metro)

Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA),orientasinya tidak sekedar bisa berpetualang, naik gunung, panjat tebing, masuk gua, dan arung jeram, akan tetapi mereka juga dituntut untuk bisa menunjukkan eksistensi mereka dalam dunia kepecintaalaman. Peduli lingkungan-lah merupakan salah satu orientasi setiap Mapala dimanapun, termasuk di STAIN Jurai Siwo Metro.

Jurai Siwo Fikrah Arabia (JUSIFA)[sunting | sunting sumber]

Jurai Siwo Fikrah Arabia adalah Majalah berbahasa Arab untuk mendukung peningkatan bahasa Arab di Lingkungan Kampus STAIN Jurai Siwo Metro.

Klub Bahasa Arab Jurai Siwo[sunting | sunting sumber]

Unit Kegiatan Mahasiswa ini merupakan wadah bagi Mahasiswa pencinta Bahasa Arab untuk meningkatan kemahiran mereka dalam berbahasa Arab. Penguasaan tersebut, meliputi:

  • Penulisan (الكتابة) / Imla' (الإملاء)
  • Bacaan (القراءة).
  • Percakapan (المحادثة)
  • Pendengaran (الاستماع)
  • Nahwu dan Shorof (النحو والصرف), serta
  • Kosa Kata (المترادفات).

Klub Bahasa Inggris Jurai Siwo[sunting | sunting sumber]

Klub bahasa inggris Jurai Siwo menyediakan wadah pelatihan bagi siswa agar lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam belajar bahasa inggris sehingga dapat lebih mengoptimalkan, meningkatkan, dan memberdayakan kemampuan berbahasa Inggris di kalangan mahasiswa.

Beberapa tujuan penyelenggaraan klub bahasa inggris ini adalah sebagai berikut:

  • Menciptakan personal optimis dan kritis.
  • Menciptakan masyarakat yang efektif di kalangan mahasiswa kampus.
  • Membangun kreativitas dalam pengetahuan bahasa sejalan dengan kemajuan zaman saat ini.
  • Membuat Program Bahasa Inggris yang favorit.
  • Membangun rasa persaudaraan, rasa memiliki, tanggung jawab, pengetahuan, dan almamater.

Kronika[sunting | sunting sumber]

Minat mahasiswa dibidang jurbalistik akan lebih terekspresikan secara bebas jika bergabung dalam kronika yang merupakan sarana media informasi bagi mahasiswa dalam pengembangan wawasan keilmuwan.

Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FOSSEI)[sunting | sunting sumber]

Mahasiswa yang berkonsentrasi di bidang Ekonomi Islam ini bergabung dalam suatu Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FOSSEI).

Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI)[sunting | sunting sumber]

Mahasiswa yang berminat secara suka rela dalam berbagai kegiatan Palang Merah Indonesia (PMI), misalnya kegiatan donor darah, cek golongan darah dan sebagainya, maka mereka tergabung dalam Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]