SMA Santa Maria 1 Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sekolah Menengah Atas Santa Maria 1 Bandung
Informasi
Didirikan 25 April 1967
Jenis Swasta
Kepala Sekolah Murnijati, S.Pd
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah siswa 450 siswa (30 siswa per kelas)
Alamat
Lokasi Jl. Bengawan No. 6, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Telp./Faks. +62 22 7205804
Situs web http://www.santamaria1.sch.id
Surel sanmar106bdg@gmail.com

SMA Santa Maria 1 Bandung adalah salah satu sekolah swasta di Bandung. Siswa - siswi disekolah ini datang dari beragam etnis dan budaya. Saat ini SMA Santa Maria 1 dipimpin oleh Ibu Murnijati, S.Pd.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah berdirinya sekolah ini dimulai ketika pada akhir tahun 1966, Yayasan Salib Suci Bandung ingin sekali mengembangkan baktinya terutama dalam menyelenggarakan pendidikan formal di jenjang yang lebih atas. Oleh karena itu, selaku sekretaris Yayasan Salib Suci saat itu Bpk. Drs. J Mamusung, memberi tugas kepada beberapa guru seperti Bpk. Wanidjar Moerad, Bpk. Tri Hartono (Alm) serta Bpk. Martinus Sinabariba untuk mendirikan sebuah sekolah menengah atas di Bandung. Berkat kerja keras mereka dibantu oleh guru-guru SMP Santa Maria akhirnya Sekolah Menengah Atas yang pertama yang berada di bawah naungan Yayasan Salib Suci pun terwujud. Pada awalnya sekolah ini bernama SMA Pembangunan dan kemudian dikenal dengan nama SMA Santa Maria.

Awalnya kegiatan sekolah ini dimulai tahun 1967 dengan menggunakan gedung sekolah SMPK Providentia (sekarang SMP Santa Ursula)pada siang hari. Sebagai kepala sekolah yang pertama ditunjuk Bpk. Saswidoyo (Alm) yang saat itu menjabat sebagai Kepala SLTP Garut. Didorong semangat yang tinggi dan kerja keras beliau beserta guru - guru yang dipimpinnya sekolah yang baru berdiri ini berusaha terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga pada tanggal 25 April 1967 sekolah ini terdaftar sebagai salah satu Sekolah Menengah Atas di Bandung khususnya yang berada di lingkungan Yayasan Salib Suci. Peresmian sekolah dilakukan oleh Bpk. Sulaiman Effendi, selaku pejabat Inspeksi DEPDIKBUD Jawa Barat.

Kiprah SMA Santa Maria 1 semakin berkembang, sehingga perlu adanya penyegaran dalam hal kepemimpinan yang masih dijabat oleh Bpk. Saswidoyo yang merangkap sebagai Kepala SLTP Garut. Maka pada tanggal 1 Januari 1971 jabatan kepala sekolah diserahterimakan dari pejabat lama Bpk. Saswidoyo kepada pajabat baru Sr. CMA. V Well, OSU. Dibawah kepemimpinan biarawati kelahiran Belanda ini berbagai gelar juara diraih SMA Santa Maria baik dalam bidang akademis maupun non akademis. Namun seperti umumnya biarawati, ia harus taat pada tarekat dan harus meninggalkan Indonesia, maka tepatnya pada tanggal 1 September 1976 Sr. CMA. V Well, OSU meninggalkan Indonesia. Berikut adalah para Kepala Sekolah SMA Santa Maria 1 sejak pertama didirikan : 1. Bpk. Saswidoyo (1967 - 1971) 2. Sr. CMA V Well, OSU (1971 - 1976) 3. Bpk. P Marudin, SH (1976 - 1980) 4. Bpk. Drs. Petrus Simu (1980 - 1989) 5. Bpk. Suparno, BA (1989 - 1991) 6. Ibu. Ismunani, BA (1991 - 1995) 7. Bpk. Victorianus Tamba 8. Bpk. Drs. Didi Sunardi 9. Ibu Ismunani 10. Bpk. Drs. Aloysius Priyono 11. Ibu Murnijati, S.Pd

Akademik[sunting | sunting sumber]

Sekolah ini terdiri dari 5 kelas untuk setiap tingkatnya dengan penjurusan IPA atau IPS mulai pada kelas XI dengan jumlah rombel rata - rata 30 siswa. Kegiatan belajar berlangsung selama 5 hari dari hari Senin - Jumat mulai pukul 06.55. Kegiatan Ekskul dilakukan pada hari Kamis dan Jumat

Kegiatan Siswa[sunting | sunting sumber]

Setiap siswa bebas memilih kegiatan ekstrakurikuler yang diinginkan. Kegiatan ekstrakurikuler saat ini terdiri dari :