SMA Santo Aloysius Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Santo Aloysius
Informasi
Jenis Sekolah Menegah Atas Swasta
Rentang kelas X, XI, XII
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Alamat
Lokasi , Bandung, Jawa Barat, Indonesia

SMA Santo Aloysius merupakan sekolah swasta katolik yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Berada di bawah naungan Yayasan Mardiwijana dan Satya Winaya, sekolah ini didirikan sekitar tahun 1930, menjadikannya salah satu sekolah tertua di Bandung.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Santo Aloysius awalnya didirikan di Jalan Sultan Agung, sebagai bagian dari SMP (MULO) Santo Aloysius. Pendirinya merupakan biarawan-biarawan dari Ordo Sanctae Crucis (OSC - lebih dikenal dengan nama Ordo Salib Suci oleh masyarakat saat ini). Kedua sekolah tersebut kini merupakan bagian dari kompleks Sekolah Santo Aloysius Sultan Agung, yang bersambung dengan Kompleks Pra-TK, TK, serta Kompleks SD Santo Aloysius (dulu bernama SD Santo Yusuf 1, meski berada di bawah naungan yayasan yang sama) di Jalan Trunojoyo. Gedung sekolah SMP - SMA sendiri menyimpan kenangan pahit di masa penjajahan Jepang, karena digunakan sebagai kamp konsentrasi bagi orang Belanda, dan merupakan tempat eksekusi bagi para tawanan, termasuk para biarawan OSC sendiri.
Setelah Republik Indonesia merdeka, hubungan Indonesia-Belanda menjadi buruk, membuat banyak biarawan OSC tidak berani untuk tinggal di Indonesia. Sekolah Santo Aloysius pun menjadi terbengkalai. Barulah pada tahun 1950-an, sekolah Santo Aloysius diserahkan kembali kepada Gereja Katolik, dalam hal ini Ordo Salib Suci. Kini, sekolah Santo Aloysius masih berada di bawah OSC. Bahkan, biara milik ordo tersebut, yang berada di samping sekolah, masih dipertahankan, dan para frater masih mengajarkan pelajaran agama, baik di SMP maupun SMA.
Selain di Sultan Agung, SMA Santo Aloysius juga berada di Kompleks Sekolah Santo Aloysius di Batununggal. SMA Santo Aloysius Batununggal merupakan sekolah yang lebih baru, dengan murid yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan SMA Santo Aloysius di Sultan Agung

Kegiatan Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Kagiatan ekstrakurikuler yang ada di SMA Santo Aloysius adalah:

  • TOP DBC - Singkatan dari TOP Drum and Bugle Corps, merupakan ekstrakurikuler tertua di SMA Santo Aloysius. Terdiri dari 3 divisi, yaitu percussion (perkusi), wind instrument (alat tiup), dan color guard (CG).
  • Basket
  • Paduan Suara
  • TCC - Singkatan dari TOP Computer Club, terbagi menjadi divisi desain dan programming.
  • Paskibra Aloysius - Biasanya diperlukan dalam upacara-upacara sekolah.
  • Taekwondo
  • Wushu
  • KPM - Korps Palang Merah Santo Aloysius. Sering bertugas dalam kegiatan-kegiatan sekolah, juga membantu Palang Merah Nasional dalam penyelamatan korban bencana
  • ALPHA - Aloysius Photography, bertugas dalam pengambilan dokumentasi dalam berbagai kegiatan