MA Negeri 2 Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Madrasah Aliyah Negeri 2 Bandung
logo MAN 2
Informasi
Didirikan 1991
Akreditasi A
Kepala Sekolah Misbahkhudin
Jumlah kelas X,IX,IXX
Program/jurusan/
peminatan
Agama,Bahasa,Ipa,Ips
Jumlah siswa 40 Perkelas
Alamat
Lokasi Jl.Cipadung No. 57 Cibiru, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Telp./Faks. 022.7811725

Madrasah Aliyah Negeri 2 Bandung, merupakan salah satu Madrasah Aliyah Negeri yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Madrasah Aliyah adalah satuan pendidikan setara dengan SMA. MA ada dibawah binaan Kementerian Agama Republik Indonesia sedangkan SMA ada dibawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lama belajar di MA sama dengan SMA yaitu ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran dan dua tahun pelajaran (untuk kelas akselerasi) Didirikan pada tahun 1991.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

MAN 2 Kota Bandung semula yaitu Madrasah Aliyah Negeri filial Cililin yang berlokasi di Cijerah. Setelah penegrian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI tanggal 11 Juli 1991 Nomor : 137 berdiri Madrasah Aliyah Negeri Cijerah (Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung).

Mengingat Madrasah Aliyah Negeri yang pertama yaitu MAN Bandung berlokasi di Jln. H. Alpi Bandung Barat, maka untuk MAN 2 Kota Bandung dipilih dengan lokasi yang berbeda dengan tujuan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di berbagai tempat. Lokasi yang dipilih untuk MAN 2 Kota Bandung bertempat di Bandung Timur, tepatnya di Jln. Cipadung Cibiru Kota Bandung.

Dalam perjalanan yang telah mencapai 16 tahun, yang tetap komitmen pada aturan yang berlaku searah dnegan kebijakan madrasah serta pendayagunaan potensi edukatif, tenaga administratif dan fasilitas sarana yang ada di MAN 2 Kota Bandung, telah mnunjukkan jatidirinya. Jumlah rombongan belajar selalu bertambah setiap tahun. Untuk saat ini terdapat 25 rombongan belajar yang semuanya melakukan aktifitas proses belajar mengajar pada saat yang sama yaitu dari mulai pukul 06. 30 sampai dengan 13.00 dan dilanjutkan dengan kegiatan ektrakurikuler dan Muatan Lokal sampai berakhir pukul 17.00. Keberhasilan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajran senantiasa meningkat, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai Ujian Nasional yang senantiasa meningkat dari tahun ke tahun. Prestasi yang dicapai oleh siswa menunjukkan peningkatan, hal ini terlihat dari merebut gelar juara dari berbagai lomba yang diadakan, baik untuk tingkat Kota Bandung maupun Jawa Barat.

Kendatipun demikian, sebagai suatu proses usaha pendidikan yang menghadapi berbagai heterogenitas dalam komponen-komponennya, maka tidak menutup mata terhadap kekurangan-kekurangan yang perlu disempurnakan. Oleh karena itu dalam mengoperasionalkan usaha pendidikan pada MAN 2 Kota Bandung, secara berkesinambungan pimpinan madrasah serta seluruh mitra kerjanya senantiasa berfikir inofatif dan prosfektif menuju pendidikan yang bermutu.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

  1. Drs. Uman Rukmana
  2. Drs. H. Syafrudin
  3. Drs. Wawan Sofyan (2002-2010)
  4. Drs. H. Durachman (2010)
  5. Drs. Mishbahudin (sejak 2010)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]