Rute Salib Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Rute Salib Selatan adalah sebutan yang merujuk pada penerbangan penumpang dari Australasia ke Eropa melalui Belahan Bumi Barat. Meskipun sama dengan rute Kangguru, yaitu rute yang melalui Belahan Bumi Timur, rute Salib Selatan lebih sedikit digunakan.

Ada tiga maskapai penerbangan yang menawarkan penerbangan satu pesawat (yaitu tidak meminta penumpang berpindah pesawat sepanjang perjalanan) yang mengoperasikan Rute Salib Selatan: Air New Zealand, Air Tahiti Nui dan Air France.

Air New Zealand mengoperasikan rute Auckland-Los Angeles-London Heathrow selain rute Auckland-Hong Kong-London Heathrow, menjadikannya satu-satunya maskapai yang menawarkan penerbangan melalui Rute Salib Selatan dan Rute Kangguru. Air Tahiti Nui dan Air France mengoperasikan rute Tahiti-Los Angeles-Paris CDG.

Sementara mereka tidak mampu menawarkan penerbangan satu pesawat, ada maskapai lain yang menawarkan penerbangan di sepanjang rute ini. United Airlines dan Delta Airlines adalah dua maskapai Amerika Serikat yang terbang dari daratan Amerika Serikat ke Australia melalui rute ini. Masing-masing maskapai membutuhkan perpindahan pesawat di Amerika Serikat, apakah di Los Angeles atau San Francisco.

Air Canada juga terbang ke Sydney dari Vancouver menggunakan pesawat baru Boeing 777. Penerbangan penghubung tersedia di Air Canada dari Bandar Udara Heathrow London, dan dengan mitra Star Alliance, Lufthansa ke Frankfurt.

LAN Airlines mengoperasikan penerbangan dari Eropa melalui Santiago menuju berbagai kota di Pasifik Selatan, termasuk Sydney dan Auckland. Aerolineas Argentinas juga mengoperasikan penerbangan melalui Buenos Aires.

Di masa lalu, penerbangan tambahan ditawarkan di sepanjang rute ini. Air Tahiti Nui pernah mengoperasikan rute Tahiti-New York JFK-Paris CDG, kemudian dihentikan. Qantas pernah mengoperasikan penerbangan keliling dunia menggunakan rute ini dan rute Kangguru, tapi layanan ini kemudian dihentikan.

Refrensi[sunting | sunting sumber]