Rubber Soul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rubber Soul
Album studio oleh The Beatles
Dirilis 3 Desember 1965
Direkam 17 Juni & 12 Oktober – 11 November 1965 di EMI Studios, London
Genre Folk rock[1]
Durasi 35:50
Bahasa Inggris, Perancis
Label Parlophone (Inggris), Capitol (AS)
Produser George Martin
Kronologi The Beatles
Help!
(1965)
Rubber Soul
(1965)
Revolver
(1966)
Kronologi The Beatles (AS)
Help!
(1965)
Rubber Soul
(1965)
Yesterday and Today
(1966)

Rubber Soul adalah album studio keenam oleh grup rock asal Inggris The Beatles, dirilis pada 3 Desember 1965. Diproduksi oleh George Martin, tercatat hanya dalam waktu empat minggu untuk membuatnya. Berbeda dengan lima album yang mendahuluinya, album ini direkam selama jangka waktu tertentu, sesi tidak melesat di antara kedua tanggal tur atau selama proyek syuting. Setelah ini., Setiap album Beatles akan dibuat tanpa perlu memperhatikan komitmen lain, kecuali untuk produksi film promosi pendek.[2] Rubber Soul adalah album bergenre folk rock,[1] dan juga menggabungkan unsur pop dan gaya musik soul.[3] Album ini digambarkan sebagai prestasi artistik utama, mencapai keberhasilan dan komersial secara luas, dengan pengulas memperhatikan pengembangan visi musik The Beatles[4]. Rubber Soul sukses secara komersial , dan sering dikutip sebagai salah satu album terbesar dalam sejarah musik.[5][6][7][8]Pada tahun 2012, Rubber Soul menduduki peringkat #5 pada daftar "500 Album Terbaik Sepanjang Masa " versi majalah Rolling Stone.[9]

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Hampir semua lagu-lagu untuk album ini disusun segera setelah kembalinya band ke London setelah mereka tur di Amerika Utara.[10] The Beatles juga memperluas teknik musik mereka di album ini, dengan pengaruh yang diambil dari musik soul dan folk rock-kontemporer Bob Dylan dan The Byrds.[7][11]Pada album ini, Beatles berperan memperluas sumber instrumen, terutama pada "Norwegian Wood (This Bird Has Flown)" melalui penggunaan sitar India oleh George Harrison. Dia telah diperkenalkan oleh sitar melalui skor instrumental untuk film mereka Help! (1965). Meskipun The Kinks terlebih dahulu telah memanipulasi suara gitar untuk meniru suara sitar setelah kunjungan mereka ke India pada "See My Friend",[12]"Norwegian Wood" biasanya disebut sebagai pemicu penikmat musik untuk penggunaan suara instrumen baru pada pertengahan 1960an tren yang nantinya akan berkembang menjadi raga rock dan genre Indian rock.[13][7]Lagu ini sekarang diakui sebagai salah satu pilar dari apa yang sekarang biasanya disebut "musik World" dan itu adalah salah satu petunjuk utama dalam kecenderungan menggabungkan pengaruh musik non-Barat ke dalam musik populer Barat. Harrison terpicu oleh sesama fans India David Crosby dari The Byrds, Harrison bertemu dan berteman dengannya pada bulan Agustus 1965.[14]Harrison akhirnya akan terpaku oleh semua hal yang berkaitan dengan India, dan mempelajari sitar dari pemain sitar terkenal asal India bernama Ravi Shankar.[15] Suara gitar ala Perancis seperti pada "Michelle" dan ala Yunani pada "Girl", fuzz bass pada "Think for Yourself", dan piano yang dibuat terdengar seperti harpsichord baroque di bagian bridge pada "In My Life" ditambahkan ke yang eksotis untuk album.[16]Ringo Starr telah sering menambahkan instrumen perkusi standar seperti marakas atau rebana pada lagu Beatles, tetapi di trek "I'm Looking Through You" tepukan buku digunakan untuk dijadikan perkusi, mungkin dipengaruhi oleh trik serupa seperti yang dilakukan oleh Gene Krupa di film Ball of Fire.

Lirik[sunting | sunting sumber]

Lirik pada album ini adalah perkembangan yang utama. Meskipun segelintir lagu Beatles sebelumnya telah menyatakan keraguan romantis dan negatif, lagu-lagu di Rubber Soul mewakili perkembangan diucapkan dalam kecanggihan, perhatian dan ambiguitas.[16]Secara khusus, hubungan antara jenis kelamin pindah dari lagu cinta yang sederhana ke yang lebih bernuansa penggambaran negatif. "Norwegian Wood" sketsa hubungan yang gagal antara penyanyi dan seorang gadis misterius, di mana ia lalu pergi ke tempat tidur dan dia tidur di kamar mandi.[17] "Drive My Car" berfungsi sebagai sebuah gambaran tentang satiris seksisme,[18] dan lagu-lagu seperti "I'm Looking Through You", "You Won't See Me", dan "Girl" mengungkapkan perasaan emosional yang kompleks, gambaran pahit dan asmara yang suram. John Lennon pada lagu "In My Life" menggambarkan nostalgia untuk hari yang lebih muda, sementara "Nowhere Man" dan Harrison pada "Think For Yourself" dieksplorasi sebagai materi pelajaran yang tidak ada hubungannya dengan cinta sama sekali.

Proses Rekaman[sunting | sunting sumber]

Proses Rekaman dimulai pada tanggal 18 Oktober dengan produksi akhir, dan mixing berlangsung pada 15 November.[19] Lagu "Wait" pun dikeluarkan setelah awalnya direkam untuk tetapi ditolak dari Help!. "We Can Work It Out" dan "Day Tripper" direkam selama sesi ini, tetapi band ini memilih untuk meninggalkan mereka dari album, namun dirilis sebagai single sisi-A ganda pertama. Untuk mencapai mimikri dari harpsichord oleh piano pada "In My Life", George Martin memainkan piano dengan rekaman itu berjalan pada setengah kecepatan. Ketika diputar ulang dengan kecepatan normal selama mixdown, suara melesat dan memberikan ilusi harpsichord.[20][21]Pengolahan yang digunakan sangat dikompresi dan menyamakan kedudukan suara piano pada "The Word", efek ini segera sangat populer di genre musik psychedelic. Sampai sangat terlambat dalam karier mereka, versi album "primer" The Beatles 'selalu menggunakan mixing monophonic. Menurut sejarawan Beatles Mark Lewisohn, Martin dan insinyur Abbey Road mengabdikan sebagian besar waktu dan perhatian mereka terhadap mixdowns mono, dan band tidak biasanya hadir untuk sesi mixing stereo. Bahkan dengan karya emas mereka Sgt. Pepper `s Lonely Hearts Club Band, para mixdowns stereo dianggap kurang penting dibandingkan versi mono dan diselesaikan dalam waktu jauh lebih sedikit. Sedangkan versi stereo dari rilis asli Rubber Soul adalah mirip dengan album awal mereka, yang menampilkan vokal terutama pada saluran yang tepat pada instrumen di sebelah kiri, itu tidak diproduksi dengan cara yang sama. Album awal dicatat pada twin-track tape, dan mereka hanya dimaksudkan untuk produksi rekaman monaural, sehingga mereka terus vokal dan instrumen terpisah yang memungkinkan dua bagian untuk kemudian dicampur dalam proporsi yang tepat. Namun, pada saat ini The Beatles merekam pada empat-track tape, yang memungkinkan master stereo untuk diproduksi dengan vokal di pusat dan instrumen di kedua sisi, sebagaimana dibuktikan dalam Beatles dalam album mereka yang sebelumnya seperti Beatles For Sale dan Help!. Mereka berusaha mencari cara untuk menghasilkan album stereo dengan mudah yang terdengar baik pada pemutar rekaman monaural, Martin mixdown kaset master empat jalur untuk stereo dengan vokal di kanan, instrumen di sebelah kiri, dan tidak ada di tengah, meskipun dalam "What Goes On", vokal Starr dicampur di sebelah kiri, bukan kanan, dengan harmoni vokal Lennon dan McCartney di sebelah kanan, sementara di "Think For Yourself" double-track vokal Harrison dibagi antara dua saluran. Ini adalah album The Beatles terakhir sewaktu Norman Smith masih sebagai insinyur perekaman sebelum dia dipromosikan oleh EMI untuk menjadi produser rekaman.[22]

Kemasan dan artwork[sunting | sunting sumber]

Rubber Soul adalah rilis pertama kelompok untuk tidak menampilkan nama mereka di sampul, sebuah taktik yang tidak biasa pada tahun 1965. Efek 'membentang' pada foto sampul muncul setelah fotografer Bob Freeman mengambil beberapa gambar kelompok di rumah Lennon. Freeman menunjukkan foto-foto dengan memproyeksikan mereka ke sepotong album berukuran karton untuk mensimulasikan bagaimana mereka akan muncul pada sampul album. Sampul album yang tidak biasa datang untuk menjadi ketika kartu geser turun sedikit mundur, memanjangkan gambar yang diproyeksikan dari foto itu dan peregangan. Gembira dengan efek tersebut, mereka berteriak, "Ah! Bisakah kita memilikinya? Dan melakukannya seperti itu?" Freeman mengatakan dia bisa.[23] Huruf khas diciptakan oleh Charles Front (Front adalah ayah dari aktor Rebecca Front), dan karya seni asli kemudian dilelang di Bonhams, disertai dengan surat otentikasi dari Robert Freeman. [24]Capitol Records menggunakan saturasi warna yang berbeda untuk versi AS, yang menyebabkan huruf oranye digunakan oleh Parlophone Records untuk muncul sebagai warna yang berbeda. Pada beberapa piringan hitam Capitol, judul terlihat berwarna cokelat yang kaya, dan warna yang lain, lebih seperti emas. Pada rilis ulang versi CD pada 1987, huruf tersebut akan muncul hijau yang berbeda, dan rilis ulang pada 2009 menggunakan desain sampul asli dengan logo Parlophone Records. Paul McCartney menamakan judul album setelah sengaja mendengar deskripsi musisi gaya bernyanyi Mick Jagger sebagai "jiwa plastik". Lennon menegaskan hal ini dalam sebuah wawancara tahun 1970 dengan majalah Rolling Stone, menyatakan, "Itu adalah judul dari Paul, yang berarti 'soul' dalam bahasa Inggris Ini hanya sebuah 'pelesetan'.."[25]McCartney menggunakan frase yang sama, "jiwa plastik, pria, jiwa plastik ...," terdengar pada akhir lagu "I'm Down" yang dirilis pada Anthology 2.

Resepsi[sunting | sunting sumber]

Penilaian profesional
Nilai pendapat
Sumber Penilaian
Allmusic 5/5 starsStar full.svgStar full.svgStar full.svgStar full.svg[26]
Blender 5/5 starsStar full.svgStar full.svgStar full.svgStar full.svg[27]
Consequence of Sound 5/5 starsStar full.svgStar full.svgStar full.svgStar full.svg[28]
The Daily Telegraph 5/5 starsStar full.svgStar full.svgStar full.svgStar full.svg[29]
Encyclopedia of Popular Music 5/5 starsStar full.svgStar full.svgStar full.svgStar full.svg[30]
Paste 97/100[31]
Pitchfork Media 10/10[3]
Q 5/5 starsStar full.svgStar full.svgStar full.svgStar full.svg[32]
The Rolling Stone Album Guide (2004) 5/5 starsStar full.svgStar full.svgStar full.svgStar full.svg[33]
The Rolling Stone Record Guide (1979) 5/5 starsStar full.svgStar full.svgStar full.svgStar full.svg[34]

Rubber Soul sukses secara komersial, dimulai pada 42 minggu berada di tangga lagu Inggris pada 11 Desember 1965. Pada Hari Natal menggantikan Help!, album sebelumnya The Beatles di puncak tangga lagu, selama delapan minggu. Pada tanggal 9 Mei 1987, Rubber Soul kembali ke tangga album selama tiga minggu, [35]dan sepuluh tahun kemudian membuat 'comeback' lain untuk tangga lagu.[36]

Tanggapan kritis terhadap album ini juga positif. Dalam sebuah artikel 1967 untuk majalah Esquire, Robert Christgau menyebutnya "sebuah album yang menampilkan kecerdasan inovasi, penuh sesak, dan lirik yang dua kali lebih bagus dari yang mereka atau orang lain (kecuali mungkin Stones)yang telah dilakukan sebelumnya."[37] Dia kemudian mengutip "ketika The Beatles mulai pergi ke arah seni".[38] Majalah Rolling Stone berkomentar "mereka mencapai pencapaian musik baru dan pendalaman tematik yang lebih besar tanpa mengorbankan sedikit pun perbandingan pop." Pitchfork Media menggambarkan album ini sebagai "lompatan artistik yang paling penting dalam karier The Beatles yang menandakan pergeseran jauh dari Beatlemania dan tuntutan berat pop remaja, ke arah yang lebih introspektif, dan subyek yang lebih dewasa". Sejak tahun 2001, album ini telah dimasukkan dalam beberapa daftar album 'terbaik'[5][6][7][8]

Pada tahun 2012, Rubber Soul terpilih #5 pada daftar majalah Rolling Stone "500 Album Terbaik Sepanjang Masa".[9]

Versi AS album sangat mempengaruhi The Beach Boys. Brian Wilson percaya itu adalah pertama kalinya dalam musik pop yang fokus telah bergeser dari hanya membuat single populer untuk membuat sebuah album yang sebenarnya, tanpa trek filler biasa. Dia "menjawab" album ini dengan merilis album Pet Sounds pada tahun 1966.[39]

"What Goes On" adalah lagu pertama yang memiliki kredit Richard Starkey sebagai penulis lagu, sebagai co-komposer disamping Lennon dan McCartney. Lennon kemudian mengatakan ini adalah album pertama di mana The Beatles berada di kontrol kreatif lengkap selama perekaman, dengan waktu yang cukup untuk mengembangkan dan menyempurnakan ide-ide suara yang baru. Lelah dari lima tahun hampir non-stop tur, rekaman, dan karya film, kelompok kemudian mengambil istirahat tiga bulan selama bagian pertama tahun 1966 dan digunakan saat ini bebas menjelajahi arah baru yang akan warna kerja berikutnya musik mereka. Ini menjadi segera jelas pada album berikutnya, Revolver (Inggris).[40]

Rilis Ulang Dalam Bentuk CD[sunting | sunting sumber]

Album ini dirilis dalam bentuk CD pada 30 April 1987, dengan 14 lagu standar Inggris. Setelah tersedia hanya sebagai impor di AS di masa lalu, 14-track Inggris versi album ini dikeluarkan pada LP dan kaset pada 21 Juli 1987. Seperti album "Help!", Rubber Soul menampilkan remix stereo digital kontemporer dari album yang disiapkan oleh George Martin. Martin menyatakan keprihatinannya kepada EMI selama remix 1965 stereo asli, mengklaim itu terdengar "sangat berbulu, dan tidak sama sekali apa yang saya pikir harus menjadi masalah yang baik". Dia kembali ke 4-track kaset asli dan meremix mereka untuk stereo[41] Sebuah versi remaster yang baru dari album, sekali lagi memanfaatkan George Martin remix tahun 1987, dirilis di seluruh dunia dengan rilis ulang dari seluruh katalog pada tanggal 9 September 2009. Stereo asli tahun 1965 dan campuran mono yang diterbitkan kembali pada tanggal tersebut sebagai bagian dari boxset mono.

Cover Tercepat[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 3 Desember 1965 yaitu hari yang sama dengan perilisan album Rubber Soul, The Hollies merilis versi cover dari lagu George Harrison "If I Needed Someone" yang diproduksi oleh Ron Richards.

Daftar Lagu[sunting | sunting sumber]

Seluruh lagu ditulis dan disusun oleh John Lennon dan Paul McCartney kecuali yang tercatat. 

Side one
No. Judul Lead vocals Durasi
1. "Drive My Car"   McCartney and Lennon 2:25
2. "Norwegian Wood (This Bird Has Flown)"   Lennon 2:01
3. "You Won't See Me"   McCartney 3:18
4. "Nowhere Man"   Lennon, McCartney and George Harrison 2:40
5. "Think for Yourself" (Harrison) Harrison 2:16
6. "The Word"   Lennon, McCartney and Harrison 2:41
7. "Michelle"   McCartney 2:40
Side two
No. Judul Lead vocals Durasi
1. "What Goes On" (Lennon–McCartney–Richard Starkey) Starr 2:47
2. "Girl"   Lennon 2:30
3. "I'm Looking Through You"   McCartney 2:23
4. "In My Life"   Lennon and McCartney 2:24
5. "Wait"   Lennon and McCartney 2:12
6. "If I Needed Someone" (Harrison) Harrison 2:20
7. "Run for Your Life"   Lennon 2:18

Rilisan di Amerika[sunting | sunting sumber]

Rubber Soul adalah album kesebelas oleh The Beatles di AS, dirilis tiga hari setelah LP Inggris oleh Capitol Records di kedua mono dan format stereo. Ini dimulai dengan bertahan selama 59 minggu pada tangga album pada Hari Natal, menduduki tangga Billboard Album selama enam minggu mulai pada tanggal 8 Januari 1966. Album ini terjual 1,2 juta eksemplar dalam sembilan hari peluncurannya, dan sampai saat ini telah terjual lebih dari enam juta kopi di Amerika. Versi Amerika sangat berbeda dari versi Inggrisnya. Capitol menghapus "Drive My Car", "Nowhere Man", "What Goes On" dan "If I Needed Someone", dan menggantinya dengan dua lagu dari album " Help!" versi Inggris: "I've Just Seen a Face" dan "It's Only Love. Melalui kekhususan penataan, dengan menempatkan masing-masing lagu dari album "Help!" pada awal side, Rubber Soul sengaja untuk memunculkan unsur "folk rock"pada album untuk perputaran Beatles ke dalam genre yang muncul di Amerika dan menguntungkan mereka selama tahun 1965.[42] Campuran stereo dikirim ke AS dari Inggris memiliki apa yang biasa disebut "awal yang salah" pada awal lagu "I'm Looking Through You." yang berada di setiap salinan stereo album versi Amerika Ankara tahun 1965-1987. Versi AS "The Word" juga dikenal berbeda karena memiliki double-track vokal Lennon, harmoni falsetto tambahan pada saluran kiri selama dua refrain terakhir, dengan beberapa perkusi panning ke kanan dan kemudian saluran kiri selama berperan istirahat. "Michelle" pada versi mono AS memiliki perkusi keras dan fade-out berjalan sepuluh detik lagi. Stereo tahun 1965 versi Amerika dan campuran mono yang tersedia pada compact disc sebagai bagian dari boxset The Capitol Album, Volume 2.

Track listing[sunting | sunting sumber]

Seluruh lagu ditulis dan disusun oleh John Lennon dan Paul McCartney kecuali yang tercatat. 

Side one
No. Judul Lead vocals Durasi
1. "I've Just Seen a Face"   McCartney 2:07
2. "Norwegian Wood (This Bird Has Flown)"   Lennon 2:05
3. "You Won't See Me"   McCartney 3:22
4. "Think for Yourself" (Harrison) Harrison 2:19
5. "The Word"   Lennon, McCartney and Harrison 2:43
6. "Michelle"   McCartney 2:42
Side two
No. Judul Lead vocals Durasi
1. "It's Only Love"   Lennon 1:55
2. "Girl"   Lennon 2:33
3. "I'm Looking Through You"   McCartney 2:31
4. "In My Life"   Lennon and McCartney 2:27
5. "Wait"   Lennon and McCartney 2:16
6. "Run for Your Life"   Lennon 2:18

Personil[sunting | sunting sumber]

Dikutip dari Mark Lewisohn,[43] Ian MacDonald[44] and The Beatles Anthology.[45]

Produksi dan Personil tambahan

Grafik[sunting | sunting sumber]

Chart Year Peak
position
UK Albums Chart[46] 1965 1
UK Albums Chart[46] 1966
Billboard Pop Albums
Australian Albums Chart
Didahului oleh:
Whipped Cream and Other Delights
by Herb Alpert's Tijuana Brass
Billboard 200 number-one album
8 January – 18 February 1966
Diteruskan oleh:
Going Places
by Herb Alpert and His Tijuana Brass
Didahului oleh:
Help! by the Beatles
Australian Kent Music Report number-one album
26 February – 6 May 1966
14–20 May 1966
Diteruskan oleh:
What Now My Love
by Herb Alpert & the Tijuana Brass
Didahului oleh:
The Sound of Music by Original Soundtrack
UK Albums Chart number-one album
25 December 1965 – 19 February 1966
Diteruskan oleh:
The Sound of Music by Original Soundtrack

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Negara Sertifikasi Penjualan
Argentina (CAPIF)[47] 2× Platinum 120.000x
Australia (ARIA)[48] Platinum 70.000^
Brazil (ABPD)[49] Gold 100.000*
Canada (Music Canada)[50] 2× Platinum 200.000^
Germany (BVMI)[51] Gold 250.000^
New Zealand (RIANZ)[52] Platinum 15.000^
United States (RIAA)[53] 6× Platinum 6.000.000^

*jumlah penjualan menurut seritifikasinya
^jumlah pengiriman menurut seritifikasinya
xjumlah tidak jelas menurut sertifikasinya

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Unterberger, Richie. "The Beatles". Allmusic. Rovi Corporation. Diakses 22 December 2012. 
  2. ^ Mark Lewisohn. The Complete Beatles Chronicle. London: Hamlyn, 2000, p. 202.
  3. ^ a b "The Beatles: Rubber Soul | Album Reviews". Pitchfork. 2009-09-09. Diakses 2012-02-26. 
  4. ^ Gilliland 1969, show 35.
  5. ^ Q 2007.
  6. ^ VH1 2001.
  7. ^ Rolling Stone 2007.
  8. ^ Time 2007.
  9. ^ a b "500 Greatest Albums of All Time: The Beatles, 'Rubber Soul'". Rolling Stone. Diakses 2012-06-12. 
  10. ^ Lewisohn, p. 202.
  11. ^ Groen 2008.
  12. ^ Bellman 1998, hlm. 295.
  13. ^ Bellman 1998, hlm. 292.
  14. ^ Connors 2008.
  15. ^ Holmes 2008.
  16. ^ Unterberger 2009a.
  17. ^ Unterberger 2009c.
  18. ^ Unterberger 2009d.
  19. ^ Lewisohn, pp. 202-206.
  20. ^ Spitz 2005.
  21. ^ Lewisohn 1990.
  22. ^ natas. "Norman Hurricane Smith "The Sound of The Beatles"". Earcandymag.com. Diakses 2012-02-26. 
  23. ^ McCartney in discussion, The Beatles Anthology, volume five.
  24. ^ Bachelor 2007.
  25. ^ Wenner 2000.
  26. ^ (Inggris) Rubber Soul di Allmusic
  27. ^ [1][pranala nonaktif]
  28. ^ "Album Review: The Beatles – Rubber Soul [Remastered] « Consequence of Sound". Consequenceofsound.net. 2009-09-19. Diakses 2012-02-26. 
  29. ^ McCormick, Neil (7 September 2009). "The Beatles - Rubber Soul, review". The Daily Telegraph (London). 
  30. ^ Larkin, Colin (2006). Encyclopedia of Popular Music 1. Muze. hlm. 487–489. ISBN 0195313739. 
  31. ^ The Beatles: The Long and Winding Repertoire. September 8, 2009. Diakses January 6, 2013. 
  32. ^ "Review: Rubber Soul". Q (London): 120. January 2000. Diakses 1 January 2013. 
  33. ^ The Beatles | Album Guide | Rolling Stone Music
  34. ^ Marsh, Dave; Swenson, John (Editors). The Rolling Stone Record Guide, 1st edition, Random House/Rolling Stone Press, 1979, p. 27.
  35. ^ Chart Stats 2009a.
  36. ^ Chart Stats 2009b.
  37. ^ Christgau, Robert (December 1967). "Columns". Esquire. Diakses 1 February 2013. 
  38. ^ Christgau, Robert (September 1969). "Rock Critics". Harper's Magazine. Diakses 1 February 2013. 
  39. ^ Howard 2004, hlm. 64.
  40. ^ Marck 2008.
  41. ^ Kozinn 1987.
  42. ^ Johnson 2009.
  43. ^ Lewisohn 2000, pp. 202-208
  44. ^ MacDonald 2005, hlm. 174–175.
  45. ^ The Beatles 2000, hlm. 194.
  46. ^ a b "Chart Stats - The Beatles - Rubber Soul". chartstats.com. Diarsipkan dari aslinya tanggal 26 November 2011. Diakses 3 June 2011. 
  47. ^ "Discos de oro y platino" (dalam bahasa Spanish). Cámara Argentina de Productores de Fonogramas y Videogramas. Diarsipkan dari aslinya tanggal 6 July 2011. Diakses 15 August 2012. 
  48. ^ "ARIA Charts – Accreditations – 2009 Albums". Australian Recording Industry Association. Diakses 21 August 2012. 
  49. ^ "Sertifikasi Brazilian album – The Beatles – Rubber Soul" (dalam bahasa Portuguese). Associação Brasileira dos Produtores de Discos. Diakses 21 August 2012. 
  50. ^ "Sertifikasi Canadian album – The Beatles – Rubber Soul". Music Canada. Diakses 21 August 2012. 
  51. ^ "Gold-/Platin-Datenbank (The Beatles; 'Rubber Soul')" (dalam bahasa German). Bundesverband Musikindustrie. Diakses 21 August 2012. 
  52. ^ "Latest Gold / Platinum Albums". Radioscope. 17 July 2011. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2011-07-24. Diakses 16 September 2012. 
  53. ^ "Sertifikasi American album – The Beatles – Rubber Soul". Recording Industry Association of America. Diakses 21 August 2012.  If necessary, click Advanced, then click Format, then select Album, then click SEARCH

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • "1987 Chart". Chart Stats. 2009a. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2 January 2013. Diakses 18 November 2009. 
  • "1998 Chart". Chart Stats. 2009b. Diarsipkan dari aslinya tanggal 29 June 2012. Diakses 18 October 2009. 
  • Bachelor, Lisa (17 June 2007). "Iconic Beatles artwork under the hammer". 
  • Bellman, Jonathan (1998). The Exotic in Western Music. Lebanon, New Hampshire: UPNE. ISBN 1-55553-319-1. 
  • The Beatles (2000). The Beatles Anthology. San Francisco: Chronicle Books. ISBN 0-8118-2684-8. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
What's Going On by Marvin Gaye
The 500 Greatest Albums of All Time
5
Diteruskan oleh:
Highway 61 Revisited by Bob Dylan

Templat:Rubber Soul

Templat:UK Christmas No. 1 albums in the 1960s