Rovi Corporation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Macrovision atau Rovi adalah sebuah perusahaan yang membuat rencana-recana pencegahan perekaman elektronis, berdiri pada 1983. Nama ini juga digunakan untuk mengacu pada rencana pencegahan perekaman tertentu yang dikembangkan perusahaan tersebut. Macrovision Corporation berubah nama pada bulan Juli 2009 menjadi Rovi Corporation.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Macrovision Corporation didirikan pada tahun 1983. Film 1984 "The Cotton Club" adalah kaset video pertama yang disandikan dengan teknologi Macrovision ketika dikeluarkan pada tahun 1985. Sampai akhir 1980-an, kebanyakan studio besar Hollywood menggunakan teknologi Macrovision. Teknologi ini dikembangkan ke dalam pemutar DVD ketika pertama kali diluncurkan pada 1997.

Macrovision untuk video[sunting | sunting sumber]

Kaset video VHS atau DVD (tidak termasuk pemutar laserdisc atau video CD) atau kotak kabel/satelit digital yang menerima aliran data (data stream) yang dikodekan dengan Macrovision akan menyebabkan set VCR gagal merekam data (kecuali model yang sangat lama, VCR yang sudah dimodifikasi, atau yang disetujui untuk "kegunaan profesional"). Biasanya terlihat sebagai gambar acak seperti halnya saat tracking-nya tidak sempurna, atau gambar akan berubah-ubah antara sangat terang dan gelap.


Rujukan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]