Republik Tagalog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Republik Tagalog adalah istilah yang digunakan untuk merujuk dua negara revolusioner yang terlibat dalam Revolusi Filipina melawan Spanyol dan Amerika Serikat dalam Perang Filipina-Amerika. Keduanya terhubung ke gerakan revolusioner Katipunan .

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah Tagalog mengacu pada kedua sebuah kelompok etno-linguistik di Filipina dan bahasa. Katagalugan bisa merujuk ke daerah sejarah Tagalog di pulau Luzon, bagian dari kepulauan Filipina.

Namun, masyarakat rahasia Katipunan memperpanjang arti istilah tersebut untuk semua warga pribumi di kepulauan Filipina. Masyarakat primer menjelaskan penggunaan dariTagalog dalam catatan kaki:

Sa salitáng tagalog katutura’y ang lahát nang tumubo sa Sangkapuluáng itó; sa makatuid, bisaya man, iloko man, kapangpangan man, etc., ay tagalog din.

(Kata tagalog berarti semua mereka yang lahir di kepulauan ini,. Oleh karena itu, meskipun visayan, Ilocano, pampango,dan lain lainnya, mereka semua tagalog)

Revolusioner Carlos Ronquillo menulis dalam memoarnya:

Ang tagalog o lalong malinaw, ang tawag na "tagalog" ay Walang ibáng kahulugán kundi 'tagailog' na sa tuwirang paghuhulo ay taong maibigang Manira sa Tabing ILOG, Bagay na 'di maikakaila na Siyang talagáng hilig ng Tanang Anak ng Pilipinas, saa't Saan mang pulo di bayan.

(Tagalog, untuk menyatakan dengan lebih jelas, nama "tagalog" tidak memiliki arti lain selain "tagailog" yang ditelusuri langsung ke akarnya, adalah mereka yang lebih memilih untuk menetap di sepanjang sungai, benar-benar suatu sifat, itu tidak bisa dipungkiri, semua mereka yang lahir di Filipina, dalam apa pun pulau atau kota.)

Dalam hal ini, Katagalugan dapat diterjemahkan sebagai "bangsa Tagalog".

Andrés Bonifacio, anggota pendiri Katipunan dan kemudian kepala tertinggi nya (Supremo), mempromosikan penggunaan Katagalugan bagi bangsa Filipina. Istilah "Filipina" kemudian disediakan untuk orang-orang Spanyol yang lahir di pulau-pulau Filipina . Dengan menghindari "Filipina" dan "Filipinas" yang memiliki akar kolonial, Bonifacio dan para pengikutnya "berusaha untuk membentuk identitas nasional."

Republik Tagalog dibawah kekuasaan Bonifacio[sunting | sunting sumber]

Bangsa Tagalog Berdaulat
Haring Bayang Katagalugan
Negara yang tidak diakui

1896–1897  

Bendera Katipunan

Lagu kebangsaan
Marangál na Dalit ng̃ Katagalugan
Ibukota Tidak disebutkan
Pemerintahan Republik
Presiden Andrés Bonifacio
Era sejarah Revolusi Filipina
 -  Didirikan Augustus 1896
 -  Dibubarkan 1897

Republik ini didirikan setelah pecahnya Revolusi Filipina tahun 1896 dan diketahuinya Katipunan oleh Andrés Bonifacio dan dianggap sebagai pemerintahan bayangan di Filipina. Katipunan dianggap lebih daripada sebuah masyarakat revolusioner rahasia, dan maksud Bonifacio adalah membuat Katipunan mengatur seluruh wilayah Filipina setelah penggulingan kekuasaan Spanyol

"Presidente" di Bonifacio La Ilustración Española y Americana, 8 Februari 1897

Satu nama untuk konsep Bonifacio tentang negara-bangsa Filipina muncul dalam Dokumen Katipunan: Haring Bayang Katagalugan ("Bangsa Berdaulat Katagalugan") - kadang-kadang disingkat menjadi Haring Bayan ("Bangsa Berdaulat"). Bayang dapat diterjemahkan sebagai "bangsa" atau "orang". Bonifacio disebut sebagai presiden "Republik Tagalog" dalam edisi majalah Spanyol La Ilustración Española y Americana diterbitkan pada Februari 1897 (judul artikel: "Andrés Bonifacio - Titulado" Presidente "de la República Tagala" ). Nama lain bagi pemerintah Bonifacio adalah Republika ng Katagalugan (bentuk lain dari "Republik Tagalog ") yang dibuktikan dengan gambar segel pemberontak diterbitkan dalam berkala yang sama bulan depan. Surat resmi dan satu kertas penunjukan Bonifacio ditujukan kepada Emilio Jacinto mengungkapkan berbagai judul Bonifacio dan sebutan nya , sebagai berikut:

  • Presiden Dewan Tertinggi
  • Presiden Supreme
  • Presiden Bangsa Berdaulat Katagalugan
  • Presiden Bangsa Berdaulat, Pendiri Katipunan, Inisiator Revolusi
  • Kantor Presiden Agung, Pemerintahan Revolusi

Perebutan kekuasaan pada tahun 1897 di Cavite menyebabkan pemerintahan revolusi beralih ke Emilio Aguinaldo di Konvensi Tejeros, di mana pemerintahan baru dibentuk. Bonifacio dieksekusi setelah ia menolak untuk mengakui pemerintah baru. Aguinaldo-menuju Republik Filipina (bahasa Spanyol: República Filipina ), biasanya dianggap sebagai "Republik Filipina Pertama", secara resmi didirikan pada tahun 1899, hasil kelanjutan pemerintah revolusioner dan diktator (mis. Pemerintah Tejeros, juga Republik Biak-na Bato) yang dipimpin oleh Aguinaldo.

Pemimpin negara ini diuraikan dalam tabel berikut.

Position Name
Presiden /Supremo Andrés Bonifacio
Sekretaris Dalam Negeri Aguedo del Rosario
Sekertaris Negara Emilio Jacinto
Sekertaris Kehakiman Briccio Pantas
Sekretaris keuangaan Enrique Pacheco.

Republik Tagalog dibawah kekuasaan Macario Sakay[sunting | sunting sumber]

Republik Tagalog
Republika ng Katagalugan
Negara yang tidak diakui

1902–1906

Bendera Republik Tagalog

Ibukota Tidak disebutkan
Pemerintahan Republik
Presiden
 -  1902-1906 Macario Sakay
Wakil Presiden
 -  1902-1906 Francisco Carreón
Era sejarah Perang Filipina-Amerika
 -  Didirikan 1902
 -  Penangkapan Macario Sakay 14 Juli 1906

Republik ini didirikan oleh seorang veteran Katipunan bernama Macario Sakay. Republik ini didirikan di Pegunungan Dimasalang, yaitu di wilayah provinsi Rizal sekarang. Macario Sakay sendiri memerintah republik ini sebagai presiden, dengan wakil presidennya adalah Fransisco Carreón. Pada tahun 1904, Sakay mengeluarkan manifesto yang berisi bahwa Filipina berhak menentukan nasibnya sendiri. Namun, manifesto ini dianggap suatu kejahatan bagi pasukan pendudukan Amerika Serikat di Filipina. Pada tahun 1906, republik ini runtuh setelah pasukan pendudukan Amerika Serikat menangkap Macario Sakay beserta sejumlah pengikutnya.

Pemimpin negara ini diuraikan dalam tabel berikut.

Posisi Nama
Presiden Macario Sakay
Wakil Presiden Francisco Carreón
Menteri Perang Domingo Moriones
Menteri Pemerintahan Alejandro Santiago
Menteri Negara Nicolas Rivera
Sejarah Filipina
Philippine History Collage.jpg

Artikel ini adalah bagian dari serial
Prasejarah (900)
Callao dan Tabon
Kedatanagan Suku Negrito
Ekspansi Austronesia
Angono Petroglyphs
Periode klasik (900-1521)
Ma-i
Kerajaan Tondo
Konfederasi Madya-as
Kerajaan Manila
Kerajaan Namayan
Kerajaan Butuan
Kerajaan Cebu
Kesultanan Maguindanao
Kesultanan Sulu
Penjajahan Spanyol (1521–1898)
Hindia Timur Spanyol
Pengkristenan
Invasi Belanda
Invasi Inggris
Katipunan
Revolusi Filipina
Penjajahan Amerika (1898–1946)
Republik Pertama
Perang Filipina-Amerika
Republik Tagalog
Republik Negros
Republik Zamboanga
Pemerintahan Insuler
Persemakmuran
Pendudukan Jepang
Republik Kedua
Sejarah Filipino-Amerika
Independen (1946–kini)
Republik Ketiga
Era Marcos
Republik Kelima
Topik
Demografi
Militer
Politik
Komunikasi
Transportasi
Garis waktu

Portal Filipina
 v • d • e 

Referensi[sunting | sunting sumber]