RMS Queen Mary 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
QM2 dan QE2 berlabuh di New York, 25 April 2004

Queen Mary 2 adalah sebuah kapal penumpang Cunard Line yang namanya berasal dari kapal Cunard awal RMS Queen Mary, yang sendiri diambil dari nama Mary dari Teck. Pada saat dibangun pada tahun 2003, Queen Mary 2 merupakan kapal penumpang terbesar yang pernah dibuat dalam setiap dimensinya. Namun, dia telah kehilangan gelarnya kepada MS Freedom of the Seas milik Royal Caribbean International pada Mei 2006. MS. Freedom of the Seas pun telah kehilangan gelarnya sebagai kapal pesiar terbesar di dunia pada kapal saudaranya atau adiknya sendiri dari induk perusahan mereka Royal Caribbean International, yaitu kapal MS. Oasis of the Seas yang diluncurkan pada November 2009. Kemewahannya Queen Mary 2 termasuk 15 restoran dan bar, lima kolam renang, sebuah kasino, sebuah ballroom, dan sebuah planetarium.

Queen Mary 2 merupakan kapal "flagship" dari Cunard dan melakukan perjalanan-perjalanan transatlantik yang tetap. Kapal ini dibuat untuk menggantikan RMS Queen Elizabeth 2, yang merupakan kapal "flagship" Cunard dari 1969 sampai 2004. RMS Queen Mary yang pertama berlayar mengarungi Samudra Atlantik dari 1936 sampai 1967.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

RMS Queen Mary 2 dibangun di Chantiers de l'Atlantique, Perancis dari tahun 2001 sampai dengan 2003. desain kapal ini mengingatkan kita kepada Royal Mail Ship legendaris, RMS Titanic. Royal Mail Ship terbesar, termewah dan terkuat dari Britania Raya ini memiliki bobot 8.400 ton dan mampu mengangkut 2.000 penumpang lebih. Cunard mengambil kapal ini pada 26 Desember 2003 di Southampton, Britania Raya. Dan pada 8 Januari 2004 kapal ini dinamai Queen Mary 2 oleh nenek kapal saudaranya Ratu Elizabeth II.

QM2 passing Calshot Spit light.JPG

Pelayaran[sunting | sunting sumber]

12 Januari 2004 menjadi awal perjalanan bagi RMS Queen Mary 2. Pada pelayaran pertama dari Southampton, Britania Raya ke Fort Lauderdale, Florida, Amerika Serikat, membawa 2.620 penumpang dibawah komando dari kapten pertama, Ronald Warwick yang sebelumnya menjadi kapten dari RMS Queen Elizabeth 2. Warwick sendiri adalah anak dari William (Bill) Warwick yang menjadi pegawai Cunard dan juga kapten pertama RMS Queen Elizabeth II. Kapal ini kembali ke Sothampton setelah dari pelayaran pertamanya karena gagal merapat di Portugal.

Saat Oimpiade musim panas 2004 di Athena, Yunani QM2 berlayar dari Athena ke Piraeus selama 2 minggu sebagai hotel terapung, melayani mantan perdana menteri Britania Raya, Tony Blair dan Istrinya Cherie, mantan presiden Perancis, Jacques Chirac, mantan presiden Amerika Serikat George Herbert Walker Bush dan tim putra basket Olimpiade Amerika Serikat.

Tahun 2005 menjadi awal perjalanan transatlantik QM2. Di suatu bagasi terkunci tersimpan rilis Amerika Serikat dari buku Harry Potter and Half-Blood Prince karya J.K. Rowling. Hal tersebut menjadi buku pertama yang terbit di atas Royal Mail Ship termahal dan terkuat Britania Raya ini.

Januari 2006, QM2 terjebak saat hendak berlayar ke Amerika Selatan (karena kapal terlalu besar untuk melalui Terusan Panama). Saat berangkat dari Fort Lauderdale, baling-baling sedikit menabrak pembatas terusan, mendorong kapal untuk merendahkan kecepatan, yang akhirnya membatalkan nahkoda Warwick untuk menunda sebagian panggilan untuk berlayar ke Rio de Janeiro, Brasil. Para penumpang langsung menuju ruang nahkoda dan protes karena panggilan yang hilang atau missed call, sebelum Cunard membayar ganti rugi pelayaran. QM2 masih dioperasikan namun kegiatannya sedikit dikurangi karena kapal harus menjalani perbaikan di Blohm + Voss di Hamburg, Jerman pada November 2006. Instalasi ulang baling-baling QM2 berhasil. Perangkat tambahan yang di-instalasi adalah sistem sprinkler di semua balkon kapal. Tambahan, 2 sayap jembatan tersebut diperbesar 2 meter agar memperluas pandangan.

Pertemuan para ratu[sunting | sunting sumber]

Setelah menyelesaikan perjalanan mengelilingi Amerika Selatan. Pada 23 Februari 2006, QM2 bertemu dengan kapal pertamanya, RMS Queen Mary yang sekarang difungsikan sebagai museum, hotel dan restoran terapung di Long Beach, California. Diambil oleh sebuah perahu sekoci, para Ratu menukar cerobong kapal yang terdengar ke seluruh pelosok kota Long Beach.

Pelayaran pertama keliling dunia[sunting | sunting sumber]

Pada 10 Januari 2007, QM2 memulai perjalanan keliling dunia, mengelilingi dunia selama 81 hari. Tanggal 20 Februari, RMS Queen Mary 2 bertemu kapal saudaranya RMS Queen Elizebeth II, juga pada pelayaran keliling dunia tahun 2007 di pelabuhan Sydney. Ini adalah pertama kalinya 2 kapal Cunard bertemu di Sydeny sejak RMS Queen Elizabeth dan RMS Queen Mary melayani sebagai kapal perang tahun 1941. Saat QM2 tiba di Sydney langsung disambut oleh pesta yang cukup meriah saat jembatan Anzac ditutup. Cunard optimis hasil pelayaran mencapai 1 juta dollar untuk ekonomi lokal.

Pertemuan terakhir 3 Ratu Cunard[sunting | sunting sumber]

QM2 dan QE2 bertemu dengan kapal lain dari Cunard, MS Queen Victoria atau disingkat QV di dekat Patung Liberty di New York City pada 13 Januari 2008, dengan selebrasi kembang api, QE2 dan QV membuat pelayaran bersama melewati Samudera Atlantik untuk bertemu. Ini menandakan pertemuan terakhir para Ratu Cunard di lokasi yang sama. Cunard berjanji ini akan menjadi pertemuan terakhir dari 3 kapal tersebut, sesaat sebelum QE2 berhenti beroperasi di akhir 2008. Ajaibnya, tiga Ratu Cunard, QE2, QM2 dan QV bertemu lagi di Southampton tanggal 22 April 2008.

Setelah pensiunnya QE2 (pada November 2008) yang akan dijadikan hotel terapung mewah di Palm Jumeirah, Dubai, Uni Emirat Arab, QM2 hanya satu-satunya kapal yang melayani operasional penumpang ke seluruh dunia.

Desain[sunting | sunting sumber]

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Desain eksterior QM2 sangat mengingatkan kita kepada RMS Titanic. Karena desainnya yang mewah, elegan dan terhitung keren dan manis untuk Royal Mail Ship seperti QM2 maka setiap penumpang yang menaiki kapal ini pasti teringat akan sosok RMS Titanic dan kapal-kapal saudaranya seperti QE2 dan QV.

Interior[sunting | sunting sumber]

Interior QM2 dirancang semewah, seelegan dan seroyal mungkin. Desain interior QM2 sangat mengingatkan kita ke Istana Buckingham atau bangunan-bangunan super mewah lainnya di dunia dan bahkan lebih lengkap dari kemewahan dan kelengkapan di Airbus A380. Kamar hotel QM2 termasuk suite room terapung termewah di dunia karena sudah dilengkapi dengan TV berlangganan, telepon, tempat tidur mewah dan kamar mandi mewah. Fasilitas lain di QM2 adalah restoran mewah yang menyediakan masakan Amerika, masakan Eropa dan masakan Asia, klub, kolam renang, tempat bermain anak, planetarium dan lain-lain. Itu sudah terhitung lengkap bagi Royal Mail Ship termahal di Britania Raya ini.

Teknikal[sunting | sunting sumber]

Mesin[sunting | sunting sumber]

Royal Mail Ship terbesar, tergagah, terkokoh dan terkuat asal Britania Raya ini digerakkan oleh 4 mesin diesel dan 2 mesin gas yang sama dengan mesin jet di pesawat terbang. Dengan mesin-mesin yang menghasilkan tenaga 90.100 tenaga kuda tersebut bisa digunakan untuk menyinari seisi QM2 dan listrik untuk menyinari sebuah kota.

Apresiasi media[sunting | sunting sumber]

  • Kapal ini terlibat dalam musim kedua The Apperentice, untuk merayakan kemenangan tim Mosaic (tim laki-laki The Apperentice saat itu) saat jamuan makan malam
  • MegaStructures di National Geographic Channel juga membahas tentang QM2 pada Juli 2007.

Replika[sunting | sunting sumber]

Queen Mary 2 juga tersedia dalam bentuk replika dengan skala 1/400 dari plastik yang digerakan oleh pengendali remote. Replika plastik dengan skala 1/600. Dan ada juga yang berskala 1/1200 dirilis Oktober 2008 dengan panjang hanya 9 inci.