Pertempuran Flirey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran Flirey
Bagian dari Perang Dunia I
Battle of Flirey.jpg
Peta Pertempuran, dengan pertahanan di Verdun di bagian kiri atas
Tanggal 19 September - 11 Oktober 1914
Lokasi Sungai Marne dekat Paris, Perancis
Hasil Kemenangan Strategi Jerman
Pihak yang terlibat
Bendera Perancis Perancis Bendera Kekaisaran Jerman Kekaisaran Jerman
Komandan
Bendera Perancis Jenderal Maurice Sarrail Bendera Kekaisaran Jerman Putra Mahkota Bavaria, Rupprecht
Kekuatan
AD ke-3 Perancis AD ke-6 Jerman
Korban
tak diketahui tak diketahui

Pertempuran Flirey adalah pertempuran yang terjadi antara tanggal 19 September dan 11 Oktober 1914 selama Perang Dunia I. Pertempuran ini dimenangkan Angkatan Darat Jerman atas Angkatan Darat Perancis.

Pertempuran ini menghancurkan sebagian besar jalan dan jalur kereta api ke kota Verdun (secara strategis sangat penting kedudukannya), dan memiliki dampak yang besar terhadap perang.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Dataran Woevre yang membentang dari kota Luxemburg, selatan kota Toul, dan rute umum dari pertempuran antara Jerman dan Perancis. Dataran yang diapit, di sisi timur dengan pegunungan "Hauts de Meuse" dan Sungai Meuse, dan di sisi barat oleh rangkaian pegunungan di sepanjang Sungai Moselle.

Sebelum perang, kubu Jerman sedang membangun pertahanan di sepanjang Sungai Moselle (terutama di sekitar kota Metz), sementara di seberang perbatasan, kubu Perancis di sepanjang Sungai Meuse sekitar Verdun dan Toul.

Pada bulan pertama Perang Dunia I, Komando Tertinggi Jerman mewujudkan peningkatan efektifitas artileri dan senapan mesin, dan hasilnya dapat merebut dataran untuk bertahan. Akibatnya, adalah lebih mudah mempertahankan pertahanan di ketinggian pada sisi Sungai Meuse (sebagai lawan dari dataran antara sungai Moselle dan Meuse), sebuah serangan Jerman direncanakan untuk merebut daerah tersebut, dan memblok akses Sekutu ke Dataran Woevre.[1] Selain itu, mengisolasi kota Verdun dan mengurangi kemampuan Perancis untuk menyerang Jerman.

Serangan dimulai pada tanggal 19 September, dengan kavaleri Jerman dari Metz dengan Perancis di daerah Dieulouard - Martincourt . Flirey, hutan di sekitar desa dan Seicheprey segera direbut.

Bantuan Perancis tiba pada tanggal 22 September, tapi tidak bisa menghentikan pasukan Jerman. Pasukan Jerman kemudian berubah arah, bergerak dari arah selatan ke arah baratdaya.

Pada 24 September, desa Saint-Mihiel direbut, meskipun desa Flirey, Seicheprey dan Xivray sedang direbut kembali.

Banyak bala bantuan Perancis tiba pada tanggal 27 September, tetapi pasukan Jerman tetap bertahan, Serangan balasan Perancis (antara Flirey dan Apremont) mengakibatkan sedikit perubahan di garis depan. Serangan balasan Perancis berlangsung sampai 11 Oktober.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]