Pembicaraan:Sitiotio, Samosir

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komentar terbaru: 6 bulan yang lalu oleh InternetArchiveBot pada topik External links found that need fixing (Oktober 2023)

Pengalihan Nama[sunting sumber]

Penulisan nama sebenarnya untuk kecamatan ini adalah: Sitiotio. Seperti yang tertera di Badan Pusat Statistik Kabupaten Samosir di beberapa publikasi, terutama mengenai kecamatan ini sendiri; seperti:

dan publikasi lain yang tidak dicantumkan disini. Meskipun nama ini berbeda dengan yang tertulis di Master File Desa halaman 197, untuk mengatahui bagaimana pengejaan yang sebenarnya, jauh lebih dipercaya jika pernyataan berasal dari statistik Kabupaten kecamatan itu sendiri; tidak dari statistik pusat yang beredisikan tahun 2007.

Dari sisi sastra, nama Sitiotio berasal dari Bahasa Batak Toba yang secara harfiah berarti "(si) yang jernih-jernih." Bahasa Batak (Toba), memang jauh lebih banyak menggunakan kata ganda daripada Bahasa Indonesia; akan tetapi, berbeda dengan Bahasa Indonesia, kata ganda tidak dipisahkan dengan spasi maupun tanda hubung, akan tetapi disatukan menjadi satu kata saja. Contoh termasuk:

Dan banyak lagi. Akan tetapi ini tidak (atau jarang) muncul di Wikipedia Bahasa Indonesia (terutama di artikel tentang daerah), seperti:

Untuk mendukung penjelasan ini, dibawah adalah potongan dari Kamus Batak Toba - Indonesia yang menjelaskan arti dan penggunaan kata Sitiotio.
Berkas:Kamus Batak Toba-Indonesia, Sitiotio.jpg

27christian11 (bicara) 18 Maret 2014 17.34 (UTC).Balas

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Sitiotio, Samosir that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 16 Oktober 2023 19.27 (UTC)Balas