Pembicaraan:Sejarah Nusantara

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Indonesia (Dinilai kelas Start, High)
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Indonesia, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Indonesia dan topik yang berkaitan dengan Indonesia di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 Awal  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas awal pada skala kualitas proyek.
 Tinggi 
Penting
 

Masa prakolonial[sunting sumber]

Tentang masa prakolonial. Apakah pedagogis membedakan kerajaan Hindu-Buddha dengan kerajaan Islam? Faktanya, banyak kerajaan yang membentang dari masa Hindu lalu convert ke Islam, bahkan beberapa dari pra-Hindu. Beberapa yang lain dari Islam pindah ke Kristen atau dari animisme ke Kristen. Kembangraps 09:49, 15 November 2006 (UTC)

Jika punya info satu kerajaan yang berubah unsur agamanya dari satu agama ke agama lain, ditambahkan saja informasinya di samping nama kerajaan itu, kalau perlu dibuat 2 kerajaan berbeda sekaligus (dibedakan 2 kerajaan seperti kerajaan Mataram (islam) dan Mataram (hindu)/Mataram Kuno). Sebenarnya kerajaan-kerajaan di Nusantara sangat sangat banyak, tapi entah mau mencari sumber datanya dimana...., apakah tidak ada pakar atau ahli disini?? wiki english juga tidak lengkap...--a_tumiwa(bicara) 03:50, 7 Januari 2007 (UTC)

nenek moyang orang nusantara dari Yunan?[sunting sumber]

saya agak kurang setuju apabila penduduk nusantara dianggap bukan dari wilayah nusantara sendiri. kesannya nusantara adalah daerah kosong yang baru diisi setelah adanya migrasi dari luar nusantara. buktinya mungkin adalah adanya fosil pitecantropus erectus yang berusia jutaan tahun, apakah hal itu tidak dapat dianggap sebagai nenek moyang penduduk nusantara?

P. erectus bukan moyang manusia (Homo sapiens), krn termasuk Homo erectus. Nusantara adalah daerah kosong dari manusia sebelum 30000th-20000 tahun yg lalu (perhatikan rentang waktu yg besar). Yg datang adalah puak berkulit gelap (Melanesoid) yg keturunannya sekarang ada di beberapa tempat di Andaman, Malaysia (Orang asli), Filipina (Negrito), Papua, Maluku, Nusatenggara, Melanesia dan Australia. Di Kalimantan ditemukan gua dg sisa2 peninggalan orang ini. Mereka dianggap datang secara bergelombang (jadi belum tentu dari satu suku). Orang Austronesia, yg ras Mongoloid, dianggap datang dari Formosa, lewat Filipina, lalu ke Kalimantan dan Sulawesi. Moyang mereka adalah moyang orang2 Yunnan pula. Teori kedatangan dari Yunnan dianggap usang sekarang. Kembangraps 10:18, 18 Maret 2008 (UTC)

waduh seru juga ya bicara tentang sejarah, jadi pengen tau lebih jauh.. thx atas infonya.