Pembicaraan:Pauh Duo, Solok Selatan

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Paua Duo (Pauah Duo) adalah sebuah Kecamatan baru hasil pemekaran dari Kecamatan Sungai Pagu di Solok Selatan, Sumatra Barat.

Wilayah ini meliputi seluruh wilayah Nagari Alam Paua Duo dahulunya, minus sebuah Desa (sebelum kembali kepada Nagari) Pulakek yang masuk/tetap di Kecamatan Induk Sungai Pagu, dan sekarang menjadi sebuah Nagari.

Kecamatan Paua duo yang beribu kota Kecamatan di Pakan Salasa saat ini terdiri dari empat Nagari, yang diantara : 1. Alam Paua Duo yang mempunyai wilayah seiliran Batang (Sungai) Marinteh atau dari Lubuk Jaring sampai Pekonina dan Simancuang yang berada dibalik Bukit. 2. Paua Duo Nan ba III ditengah-tengah Kecamatan ini berada di seiliran Batang Marinteh atau dari Koto Tuo (Mesjid Raya) sampai ke Sapan di Pinang Awan. 3. Luhak Kapau di sebelah kiri Batang Bangko yang meliputi dari Pinang Sinawa sampai kedaerah Sungai Duo, dan 4. Kapau Paua Duo yang berada di sebelah kanan Batang Bangko atau sejajaran lereng kaki bukit barisan dengan wilayah muali dari Lasung Batu sampai ke Banuaran.

Dengan sudah dimekarkannya beberapa daerah ini kedalam 4 Nagari, apalagi dengan Pemerintah Kabupaten yang baru setelah pemekaran, semoga saja pembangunan dan keterisoliran wilayahnya dapat mengubah taraf hidup masyarakatnya, dan yang harus kita perhatikan dan jaga terus adalah bahwa diseluruh wilayah ini kita semua adalah “badunsanak”