Pembicaraan:Pandawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pandawa juga berarti anak lima laki semua kan? mungkin bisa buat artikel mengenai istilah-istilah yang saya sudah mulai lupa, misalnya anak lima perempuan semua ada namanya sendiri, anak tiga yang tengah perempuan beda namanya dengan anak tiga yang tengah laki-laki. Bahasa jawa memang kaya. Mungkin perlu ditambah keterangan juga di artikel ini? bennylinkirim pesan 11:07, 29 Oktober 2007 (UTC)

Asal-usul istilah Pandawa[sunting | sunting sumber]

Menurut kamus nama-nama Sansekerta-Indonesia yang saya baca:

Pandawa secara harfiah berarti keturunan Pandu. Dalam bahasa Sansekerta, istilah Pandawa tidak ada hubungannya dengan jumlah anak lima orang. Meski Pandu memiliki putera seratus orang, istilah Pandawa juga bisa diberikan.

Sama seperti istilah Yadawa dan Kaurawa.

Yadawa secara harfiah berarti keturunan Yadu, sedangkan Kaurawa yang secara harfiah berarti keturunan Kuru. Siapakah Kuru itu? Beliau adalah raja legendaris dari Tanah Bharatawarsha atau India. Semua keturunan Maharaja Kuru berhak menyandang gelar Kaurawa, namun dalam Mahabharata, garis penerus keturunan Kuru yang tertua berada dalam garis keturunan Dretarastra. Untuk lebih jelasnya, lihatlah Silsilah Dinasti Kuru dan Yadu.

Istilah Pandawa ini mungkin diserap ke dalam bahasa Jawa. Namun bila diartikan anak lelaki lima orang, berarti pengetahuan tentang bahasa Sansekerta masih minim.

Sekian penjelasan dari saya. Mohon maaf apabila ada kesalahan.

-- Adiputra बिचर -- 11:33, 3 November 2007 (UTC)

Benar kata anda saudara M. Adiputra. Meursault2004ngobrol 11:57, 3 November 2007 (UTC)