Pembicaraan:Ngimbang, Lamongan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ikon ProyekWiki Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Kecamatan, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Kecamatan di Wikipedia. Anda diundang untuk berpartisipasi dan memperbaiki artikel ini.
 ???  Artikel ini belum dinilai pada skala kualitas proyek.
 Belum dinilai  Kepentingan: belum dinilai
 

ngimbang adalah kec.paling selatan di kab.lamongan.....daerah perbukitan kapur ...tapi juga daerah subur ...karena di sini air sangat mudah,...terutama daerah,,, yg sumber airnya ,,,bagus sprt ds ,girik... jadi tak heran pula ..orang2 dr daerah jombang dan sekitarnya ,,,bilang kalo gamping dr ngimbang yg paling bagus ,,untuk bangunan,,,,,, ngimbang jg menyimpan sejarah ... ibunda maha patih gajah mada nyi andong sari pesareanya ada di ,,,wilayah kec ,ngimbang....aku bisa cerita ,,,karena aq di lahirkan dan di besar kan di ngimbang tepat nya di desa girik.

untuk ,,,,,,semua yg merasa dr ngimbang ,,,,harus bangga ok

klarifikasi dan melengkapi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Ngimbang dulunya secara administratif sebagai kawedanan (yaitu wilayah pembantu kabupaten) dengan cakupan pelayanan kecamatan Bluluk, sukorame (merupakan pemekaran dari kecamatan Bluluk), Sambeng dan Mantup. basis batu kapur terbesar sebetulnya bukan dari Ngimbang tapi dari Kecamatan Sambeng tepatnya di Desa Pasarlegi Dusun Slegi. karena letaknya yang Berbatasan langsung dengan Kecamatan Ngimbang jadinya setiap menjual gamping melalui dari mouth to mouth (Mulut ke mulut) setiap ditanya gamping (Batu Kapur) dari mana selalu bilangnya dari Kecamatan Ngimbang. Pemasaran batu Kapur menurut lokasi pemasaran di bagi 2. 1. Bedak yaitu dijual ke pengepul dengan pasaran Kediri, Nganjuk, Jombang dan sekitarnya..bahkan sampai malang 2. Pabrik dimana pemasaran ke pabrik - pabrik yang memang sudah ada kerjasama sebelumnya. kebanyakan ke Surabaya.

Industri batu Kapur di Slegi (sebutan untuk Desa pasarlegi ) dulunya dikuasi oleh 2 cv besarnya yaitu CV. Cakara Jaya dan CV. Mekaryo Utomo.. tapi kini yang bertahan hanya CV. Mekaryo Utomo dan beberapa industri rumah Tangga yang tinggal segelintir orang yang masih menggelutinya.

Makam Nyi Andong Sari (Ibu Gajah Mada) tepatnya di Dusun Cancing Desa sendang Rejo Kecamatan Ngimbang. Toponimi Cancing berasal dari 2 kata Macan dan Kucing. menurut cerita rakyat (Floklore) dulu ada perkelahian antara Macan dan Kucing dan keduanya menianggal dan makamnya berada di dekat makam nyi Andong Sari.

penulis : demit Slegi merupakan asli orang slegi dan pelaku langsung yang pernah memasarkan produksi batu kapur. dan ayah adalah seorang pelaku murni usaha batu kapur dan pernah menjadi distributor langsung bahan bakar kapur seluruh wilayah Sambeng, Ngimbang dan sekitarnya.