Pembicaraan:Gamelan Jawa

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Musik  
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Musik, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Musik di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 ???  Artikel ini belum dinilai pada skala kualitas proyek.
 

Gamelan adalah alat musik daerah khas Indonesia yang biasanya terdiri dari bonang.– komentar tanpa tanda tangan oleh 118.136.252.127 (bk).

dan gamelan itu asal muasalnya asli dari kerajaan mahendrapura yaitu prabu shivana lokapala,penguasa kerajaan giri mahendra atau sering di kenal mahendra pura. prabu shivana lokapala raja giri mahendra mempunyai pusaka wujud gamelan bernama LOKANANTA,dan dan shivana lokapala tidak lain adalah Shang Hyang Bhatara Guru yang lebih dikenal Shang Hyang girinata,ya Shang Hyang otipati ya Shang Hyang Shiwa giri loka ya giri laya ya giri nata.gamelan itu nama aslinya GONGSO yang artinya=pencuan yang melebar,dan sampai perkembangannya gongso berkembang dari tahun ke tahun masa kemasa mulai dari kraton mahendra pura kerajaan tertua di jawa kurang lebih 250 tahun sebelum masehi jawa sudah ada kerajaan.GAMELAN ini mualai Kerajaan mahendra pura turun ke Kerajaan Nalandapura,Kerajaan selokopura,Kerajaan Pamekasan,Kerajaan Sengkapura,Kerajaan Jerukpura,Kerajaan Rajeg wesi,Kerajaan Kanjuruhan,Kerajaan Kediri nah disilah ada perubahan gamelan dari Mapanji prabu joyo boyo merombak suatu gamelan klasik menjadi modern,yaitu untuk mengubah kitab bharatayuda dan di pertontonkan dengan iringan gamelan yaitu sang prabu joyo boyo menyuruh EMPU SEDAH dan EMPU PANULUH memperbaiki gamelan jadilah gamelan dengan nama SELENDRO,dan EMPU PANULUH membuat gamelan dengan gamelan dengan Laras PELOG.Berhubung laras pelog dan selendro belum sepurna keburu perebutan kekusaan,olih Kerajaan Singosari,kerajaan Mojopahit,Kerajaan demak,Kerajaan Pajang,Kerajaan Mataram nah disinilah TOTALITAS gamelan sempurna pada masa pemerintahan Ngersodalem Inkang Sinuhun Kangjeng Sultan Prabu Hanyokrokusumo.atau lebih akrap dengan sebutan SULTAN AGUNG HANYOKROKUSUMO MATARAM.– komentar tanpa tanda tangan oleh 118.96.58.154 (bk).

Terima kasih atas pendapatnya, namun sebagai sebuah artikel ensiklopedia, anda perlu memberikan rujukan agar pendapat anda dapat dimasukkan ke dalam badan artikel. Sebagai panduan dapat, dilihat: Wikipedia:Bukan riset asli dan Wikipedia:Pemastian. Salam, Naval Scene (bicara) 07:09, 12 September 2011 (UTC)