Pembicaraan:Festival Lagu Populer Indonesia 1983

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pada tahun 1983, Indonesia membuat 2 festival lagu. Pada halaman ini terlihat satu sampul kaset rekaman salah satu festival tersebut yang dimenangkan oleh Vina Panduwinata lewat lagu Salamku Untuknya. Namun lagu berjudul Randu yang dilantunkan oleh Andi Meriem Matalata adalah lagu yang mendapat kehormatan untuk bertanding dalam ajang World Pop Song Festival di Budokan, Tokyo, Jepang.

Pada tahun yang sama ada festival yang sama di Indonesia untuk memilih lagu yang akan diadu dalam Festival Lagu Asia Tenggara. Para kontestannya antara lain adalah Anak Nelayan (Lex Trio), Tercipta Tembang Kasih Ibu (Hetty Koes Endang), Alam Asa (Vina Panduwinata), Selamat Tinggal Duka (Ully Sigar), Much Sweeter than Wine (Marini), Naluri Wanita (The Big Kids/Lidya - Imaniar), Madah Cinta (Melky Goeslow) dan beberapa lagu lagi. Pemenang festival ini adalah Borbudur ciptaan Chaken M. yang dinyanyikan oleh Euis Darliah dan almarhum Nola Tilaar.

Dalam ajang festival lagu Asia Tenggara yang berlangsung di Indonesia pada tahun itu, Borobudur harus takluk kalah oleh lagu Kung Akin Lang dari Philipina yang dinyanyikan oleh Ivy Violan. Euis Darliah dan Nola Tilaar mendapat gelar Penyanyi berpenampilan Terbaik.