Pembicaraan:Banteng

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Artikel pilihanBanteng adalah artikel pilihan; artikel ini (atau versi terdahulunya) telah dinilai sebagai salah satu artikel terbaik yang dihasilkan komunitas Wikipedia. Bila Anda dapat memutakhirkan isi artikel ini tanpa merusak tulisan yang telah ada, jangan ragu menyuntingnya.
16-06-2020Pengusulan artikel pilihanDisetujui
Featured article star Artikel ini telah ditampilkan di Halaman Utama sebagai artikel pilihan minggu ini pada tanggal 28 September 2020 s.d. 4 Oktober 2020.
ProyekWiki Biologi (Dinilai kelas AP, Mid)
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biologi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biologi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 AP  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas AP pada skala kualitas proyek.
 Menengah 
Cukup penting
 

Di Sulawesi[sunting sumber]

Belum ada informasi yg memberikan referensi banteng ditemukan di Sulawesi, suntingan anonim saya batalkan krn tanpa referensi. Sanko (bicara) 00:53, 9 April 2011 (UTC)

Penyakit[sunting sumber]

Bung @HaEr48: hampir semua referensi terkini menyebutkan bahwa penyakit Jembrana menyerang sapi bali (versi domestiknya), bukan banteng (versi liarnya), kecuali pada referensi lama yang tidak membedakan antara banteng dan sapi bali (misalnya di sini). Kalau penyakit jembrana tetap mau ditulis di subjudul "Penyakit dan parasit", sebaiknya dikasih tambahan bahwa penyakit ini menyerang banteng domestik. Alternatifnya, cukup ditulis di subjudul "Domestikasi dan peternakan" saja, seperti di en.wp.

Terus, tentang penulisan huruf kapital. Menurut PUEBI I.F.9. Catatan (2), Huruf pertama nama diri geografi yang dipakai sebagai nama jenis tidak ditulis dengan huruf kapital. Misalnya: jeruk bali. Atas dasar ini, nama jenis sapi bali ditulis pakai huruf kecil (contoh lain: harimau sumatra), tapi tidak konsisten dengan penulisan nama penyakit yang pakai huruf kapital, misalnya penyakit Jembrana atau flu Spanyol. Saya juga masih bingung di sini. -- RianHS (bicara) 31 Mei 2020 05.16 (UTC)[balas]

@RianHS: Terima kasih. Aku tambahkan keterangan bahwa itu menimpa banteng domestik/sapi bali. Aku rasa bagian "Penyakit dan parasit" bisa mencakup seluruh spesies (terlepas dari domestik atau liar), dan beberapa penyakit lain yang ada di situ (Bali ziekte, demam kataral malignan sapi) juga sebenarnya referensinya adalah pembahasan mengenai banteng domestik, jadi biar konsisten di situ aja semua. Mengenai huruf kapital, terima kasih infonya dan sudah aku perbaiki. HaEr48 (bicara) 31 Mei 2020 14.51 (UTC)[balas]