Paus Stefanus II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Catatan: Dalam sumber-sumber sebelum tahun 1960an, Paus ini kadang-kadang disebut Stefanus III and Paus terpilih Stefanus disebut Stefanus II. Lihat artikel "Paus terpilih Stefanus" untuk keterangan lebih lanjut.

Stefanus II
Emblem of the Papacy SE.svg
Nama lahir tidak diketahui
Mulai menjabat 752
Sampai 27 April 757
Pendahulu Zakarias
Pengganti Paulus I
Lahir tidak diketahui
Wafat 27 April 757
tempat tidak diketahui
Tanda tangan
Paus bernama Stefanus lainnya
Catatan kaki '

Paus Stefanus II (???-27 April 757) adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak 752 hingga 27 April 757.

Kaum Langobardi menyerbu ke arah utara Roma dan merebut Ravenna, ibukota lama dari eksarka Kekaisaran Romawi Timur pada tahun 751, dan mulai menebarkan tekanan kepada kota Roma. Hubungan antara kepausan dan Kaisar Romawi Timur (dari Dinasti Isaurian) sedang dalam kondisi genting pada pertengahan abad ke-8 M. Kaisar sendiri sedang mengalami penyerbuan oleh Bani Abbasiyah dan Bulgaria; sementara tidak ada bantuan datang dari Konstantinopel. Stefanus mencari dukungan dari Pippin III, Raja Frank yang baru dimahkotai. Stefanus bahkan mengadakan perjalanan secara khusus ke Paris untuk memohon pertolongan secara pribadi. Pada 6 Januari 754, Stefanus menahbiskan kembali Pippin sebagai raja. Imbalannya, Pippin menjadikan dirinya sebagai pelindung dari Gereja dan mengarahkan pandangannya ke kaum Langobardi.

Pippin menyerbu Italia dua kali untuk membereskan masalah Langobardi dan memberikan wilayah di antara Roma dan Ravenna bagi kepausan, tetapi ia tetap membiarkan raja-raja Langobardi tetap bertahta.


Didahului oleh:
Zakarias
Paus
752757
Diteruskan oleh:
Paulus I